7 Cara Diet Buah Apel Paling Ampuh dan Aman (#Teruji)

Cara Diet Buah Apel menjadi salah satu jenis diet yang sedang populer. Buah apel merupakan suatu jenis buah yang mungkin merupakan buah-buahan tertua yang ditanam dan dikembangkan oleh manusia. Buah apel sendiri telah sejak lama memiliki posisi yang khusus dalam mitologi dan religious terutama di benua Eropa.

ads

Baca juga :

Apel memang sungguh memiliki peranan yang besar dalam menjaga kesehatan. Hal ini terbukti dari peribahasa Inggris yang menyebutkan”an apple a day, will keep the doctors away”. Ini merupakan suatu bukti nyata bahwa apel dipandang berkhasiat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Cara Diet Buah Apel 

Demikian juga halnya dalam mengendalikan dan mengatur berat badan dengan mengatur nutrisi makanan yang kita terima atau yang lebih dikenal secara populer sekarang ini sebagai diet, apel memainkan peranan yang penting. Mengapa demikian? Karena apel merupakan buah yang rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral yang akan membantu tubuh kamu untuk memiliki metabolisme yang lebih baik. Apel juga merupakan tonik bagi sistem saraf yang membantu pencernaan dan bertindak sebaga laksatif. Apel tergantung dari ukurannya hanya memiliki sekitar 80 sampai 100 kalori per buahnya.

Baca Juga :

Nah, dengan demikian banyaknya manfaat yang ada dalam buah apel, istilah peribahasa Inggris tadi di jaman modern ini diplesetkan menjadi “an apple a day, will keep the extra pounds away”. Apakah betul demikian? Menurut penelitian terbaru yang dilakukan terhadap kimiawi makanan, ini merupakan suatu fakta yang dapat dibuktikan karena apel mengandung komponen yang tidak dapat dicerna. Komponen ini nantinya akan membantu perkembangan dan perumbuhan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan yang berkaitan langsung dengan penurunan berat badan. (Baca juga: Cara Diet karbohidrat)

Bagaimanakah caranya ini bekerja? Pada dasarnya, saat kamu makan apel, ada 2 komponen apel yang tidak terurai dalam pencernaan, yaitu serat dan polyphenols. Kedua komponen dalam apel ini melalui berbagai tahapan pencernaan tanpa dicerna sampai mereka melalui proses fermentasi yang terjadi dalam usus besar. Di dalam usus besar kamulah, serat dan polyphenols terfermentasi dan lalu menjadi makanan bagi bakteri baik yang hidup di sana dan membantu badan kamu untuk mengurangi populasi bakteri merugikan yang ada dalam usus besar.

Dengan memulihkan keseimbangan mikrobia dalam pencernaan, maka akan membantu untuk mengurangi resiko obesitas dan pada saat bersamaan membantu kamu untuk mendapatkan rasa kenyang dan dengan demikian mencegah kamu untuk makan secara berlebihan. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi ). Jadi sudah kita lihat di atas bahwa buah apel sangat bermanfaat untuk membantu kamu mengurangi berat badan. Lalu kamu pasti bertanya, bagaimanakah caranya untuk menjalankan diet dengan buah apel?


1. Berkonsultasi Dengan Dokter

kamu terlebih dahulu sebelum memulai diet buah apel. Dokter kamu akan mengetahui dan merekomendasikan apakah kamu bisa menjalankan diet ini. Hal ini penting terutama karena diet dapat menimbulkan efek samping seperti mudah lelah dan defisiensi nutrisi. Kamu harus ingat untuk selalu makan makanan yang sehat dan makanan yang bersifat natural selalu lebih baik dari makanan dalam kemasan. (Baca Juga :  Cara Diet Gula )

2. Ketahui Manfaat Buah Apel

Beberapa manfaat buah apel yang perlu kita ketahui sebelum menjalani diet buah apel adalah:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah kedua jenis diabetes
  • Meningkatkan usia harapan hidup
  • Menjaga sistem pencernaan
  • Menyehatkan gigi
  • Mengontrol gula dalam darah
  • Menurunkan kadar kolesterol

3. Pilih Jenis Apel 

Jenis apel yang berbeda akan memberikan nutrisi dan manfaat kesehatan yang berbeda pula. Sebelum kamu memulai diet buah apel, ada baiknya kamu mencari apel mana yang terbaik agar dapat mendukung diet kamu berjalan dengan maksimal. Apel organik adalah jenis apel yang ditanam tanpa menggunakan pestisida dan pupuk kimiawi, sehingga merupakan jenis apel yang paling aman untuk dikonsumsi. Jenis apel lainnya seperti Granny Smith, Liberty, Red Delicious, honeycrisp dan Braeburn adalah pilihan yang baik dan mengandung nutrisi yang tinggi. Namun ada beberapa jenis apel seperti Golden Delicious yang mengandung kadar gula yang tinggi. (Baca juga: Cara Diet Cepat)

4. Mengurangi Porsi Makan 

Ingatlah untuk menghindari makan berlebihan sebelum memulai diet buah apel. Sebelum kamu memulai diet buah apel, ada baiknya kamu secara perlahan-lahan mengurangi porsi makan, terutama tiga hari sebelum kamu mulai melakukan diet buah apel.

5. Fokuskan Pikiran Untuk Diet 

Diet kamu tidak akan berjalan sukses apabila kamu mudah tergoda akan makanan ringan selama waktu kamu berdiet. Kamu harus memilikit niat dan keinginan yang kuat. Fokuskan pikiran kamu pada keinginan kamu untuk hidup sehat dan jangan mudah tergoda dengan makanan lainnya. Bila kamu betul-betul tidak dapat menahan diri, maka kamu boleh mengalihkannya dengan memakan buah apel. (Baca Juga :  Makanan Diet Rendah Kalori )

6. Mengkonsumsi Air Putih 

Jangan lupa untuk minum air paling tidak 2 liter sehari untuk menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik. Karena 70% dari tubuh manusia terdiri dari cairan, maka air akan membantu metabolisme tubuh agar tetap lancar. Dengan meminum air putih juga akan membantu tubuh kamu membuang racun.

7. Melakukan Olahraga 

Setelah semua pola makan diatur dengan baik untuk keberhasilan diet buah apel, maka hal yang harus dilakukan adalah olahraga. Olahraga menjadi kegiatan yang sangat mendukung suatu program diet. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, yoga, atau olahraga lainnya. Lakukan olahraga ringan ini secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. (Baca Juga :  Cara Diet Tanpa Olahraga )

Menu Diet Buah Apel

Di sini akan kami bagikan cara-cara untuk diet buah apel yang baik dan benar supaya kamu bias mendapatkan manfaat yang maksimal.  Apa saja caranya? Mari kita simak cara diet buah apel untuk 5 hari seperti berikut:

Hari ke 1

  • Sarapan: 2 buah apel
  • Makan siang: 1 buah apel
  • Makan malam: 3 buah apel

Kamu harus ingat kalau pada hari pertama ini kamu hanya makan apel saja dan tidak memakan makanan lainnya. Total berat apel yang kamu makan pada hari ini adalah sekitar 1.5 kilogram. Apel kaya akan vitamin, mineral dan serat makanan. Semua nutrisi ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kadar lemak dalam tubuh, kesehatan jantung dan membantu meningkatkan fungsi otak serta mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, Alzheimer dan iritasi saluran pencernaan. (Baca Juga :  Cara Diet GM Yang Benar )

Hari ke 2

  • Sarapan: 1 buah apel dan segelas susu murni atau susu kacang kedelai
  • Makan siang : 1 buah apel dan salad hijau dengan 2 wortel ukuran sedang dan separuh buah bit ukuran sedang. Buatlah salad dressing dari daun mint, Dijon mustard, minyak zaitun, garam dan merica
  • Makan malam: 2 buah apel

Pada hari kedua ini kamu bisa memakan apel bersama dengan makan siang yang sehat dari sayur mayor. Ini akan membantu kamu untuk mendaoatkan nutrisi yang diperlukan dari sayur-sayuran. Selain itu, minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang sangat baik dan akan membantu menjaga kekuatan dari membrane sel dalam tubuh. (Baca Juga :  Cara Diet Karbohidrat )

Hari ke 3

  • Sarapan: 1 buah apel dan 1 tangkap roti dari biji-bijian serta telur orak arik
  • Makan siang: 1 buah apel dan salad yang terbuat dari buncis, ketimun, tomat, bawang Bombay, daun mint, garam dan merica
  • Snack sore hari: 1 mangkuk yogurt rendah lemak
  • Makan malam: 1 buah apel dan sup kacang lentil ATAU 1 buah apel dan daging kalkun asap, wortel dan salad brokoli.

Hari ini merupakan saat di mana kamu mendapatkan makanan berprotein. Protein merupakan nutrisi yang membantu membangun tubuh kita. Mulailah har kamu dengan sumber protein yang baik seperti misalnya telur orak arik. Gunakanlah telur ayam kampung. Buncis juga kaya akan prtein dan aka membantu kamu untuk merasa kenyang dala waktu yang lebih lama. Yogurt merupakan sumber dari bakteri baik yang akan membantu pencernaan kamu. Untuk makan malam, makanlah sumber protein dan 1 buah apel. Karena kamu sudah makan apel selama 2 hari berturut-turut, tubuh kamu mungkin akan kekurangan energi untuk pencernaan dan metabolisme. Oleh sebab itu, jangan makan terlalu banyak. (Baca Juga : Diet Golongan Darah O )

Hari ke 4

  • Sarapan: 1 buah apel dan smoothie dari sayur kubis
  • Makan siang : 1 buah apel dan sayur sayuran yang digrill ATAU 1 buah apel dan sup sayuran bening
  • Snack sore: 1 mangkuk semangka ATAU 1 buah jeruk dan 1 gelas teh hijau atau teh hitam.
  • Makan malam: 1 buah apel dan smoothie dari campuran buah bit dan seledri ATAU 1 buah apel dan salad vegetarian daun selada.

Pada hari ini mulailah hari kamu dengan memakan buah apel dan smoothie kubis. Sayur kubis membantu kamu untuk mengurangi berat badan dan membuat kamu merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Makan siang vegetarian pada hari ini akan membantu kamu untuk mendapatkan nutrisi yang tubuh kamu perlukan dari berbagai macam sayuran termasuk sayuran hijau dan sayuran berwarna lainnya.

Teh hijau dan the hitam merupakan minuman yang direkomedasikan karena kaya akan antioksidan. Selain itu, juga direkomendasikan bagi kamu untuk minum jus buah atau makan buahnya. Antioksidan dari teh akan membantu tubuh kamu untuk membuang semua zat racun dari dalam tubuh kamu. Tutuplah hari kamu dengan memakan makan malam vegetarian yang akan membantu pencernaan tubuh kamu. (Baca Juga : Menu Diet Food Combining )

Hari ke 5

  • Sarapan : 1 buah apel dan 1 telur rebus matang ATAU 1 apel dan 1 jus labu botol yang matang
  • Makan siang: 1 buah apel dan sayuran grill ATAU 1 buah apel dan sup sayur bening
  • Snack sore hari: 2 buah almond atau 1 buah persik serta 1 cangkir teh hijau dan 1 buah biscuit
  • Makan malam: 1 buah apel dan ikan kukus dan asparagus ATAU 1 buah apel dan kacang merah dan paprika.

Di hari terakhir ini kamu diperbolehkan untuk makan buah buahan, sayuran, lemak baik, karbohidrat baik dan protein. Gabungan makanan ini akan membantu tubuh kamu untuk pulih dari diet rendah kalori yang sudah kamu jalani selama beberapa hari belakangan ini.

Baca Juga :

Ingatlah selalu bahwa pada saat kamu mengikuti tahapan-tahapan yang ada, kamu ingin tubuh kamu untuk melakukan metabolism.  Untuk membantu metabolism tubuh kamu, jangan lupa untuk minum paling tidak 2 liter air per hari selama kamu menjalankan diet buah apel ini.

Mudah dan sederhana bukan? Jadi tetap semangat dan cobalah kamu ikuti diet buah apel seperti yang kami gambarkan di atas. Semoga berhasil yah!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!