13 Pantangan Diet Golongan Darah A – Makanan dan Minuman (#Wajib Dihindari)

Pantangan Diet Golongan Darah A dapat menjadi acuan yang tepat bagi anda yang sedang melakukan diet berdasarkan golongan darah. Seiring perkembangan zaman, trend diet pun ikut terus berubah. Mulai dari diet buah, hingga diet tanpa karbohidrat dicoba oleh mereka-mereka yang ingin memiliki bentuk tubuh ramping dan langsing. Baru-baru ini, diet berdasarkan golongan darah pun muncul dan menarik minat banyak orang untuk mencobanya. Banyak yang percaya jika diet berdasarkan golongan darah bisa lebih efektif mengurangi berat badan jika dibandingkan dengan jenis diet lainnya. (Baca juga: Diet Paleo)

ads

Pantangan Diet Golongan Darah A

Tahukah Anda, dari golongan darah kita bisa mengetahui karakter-karakter seseorang? Baik hal-hal positif maupun kelemahan bisa ditemukan di setiap orang, dan berbeda-beda pada setiap golongan darah. Untuk golongan darah A, berikut keunikan-keunikannya (Baca juga : Cara Diet Alami)

 

Makanan yang Baik untuk Diet Golongan Darah A

Untuk golongan darah A, beberapa jenis makanan akan sangat membantu Anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Apalagi jika Anda sendiri secara alami mudah mengalami gangguan seperti stress dan sulit tidur, asupan makanan sebisa mungkin Anda pilih yang tidak berpengaruh pada produksi hormon stress. Terlebih bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, asupan gizi yang cukup tetap dibutuhkan oleh tubuh. Berikut makanan-makanan yang bisa Anda coba: (Baca juga : Diet Golongan Darah A)

1.Kedelai atau Kacang-Kacangan

Kedelai atau kacang-kacangan mengandung banyak protein. Protein sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk produksi energi di dalam tubuh serta meningkatkan masa otot. Untuk 1 cangkir kedelai setara 172 gram, mengandung 30% karbohidrat, 40% lemak, 30% protein. (Baca juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi)

2. Ikan Salmon

Ikan salmon juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang bergolongan darah A, dan sedang dalam program diet. Di dalam 159 gram daging ikan salmon mengandung 0% karbohidrat, 27% lemak dan 73% protein. (Baca juga : Cara diet cepat)

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat lezat dikonsumsi sebagai tambahan salad sayur. Ini juga cocok bagi Anda yang ingin sehat dan memiliki tubuh langsing. (Baca juga : Cara Diet Tanpa Olahraga)

4. Sayuran Hijau

Untuk menjaga tubuh fit dan terhindar dari penumpukan lemak, perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau. Bayam salah satunya, sangat dianjurkan untuk memberi Anda banyak asupan serat sehingga mencegah sembelit dan melancarkan metabolisme tubuh. (Baca juga : Minuman Sehat untuk Diet)


5. Bawang Putih

Tahukah Anda bawang putih sangat baik untuk memperlancar peredaran darah? Untuk gizi di dalam 1 cangkir bawang putih terdapat vitamin C sebanyak 71%, kalsium 25% dan 13% zat besi yang berguna bagi pembentukan sel darah merah serta rendah lemak. (Baca juga : Cara Diet dengan Air Putih)

6. Bawang Merah

Di Indonesia, bawang merah sangat digemari sebagai tambahan bumbu masak atau bisa digoreng untuk taburan makanan dan penambah aroma. Selain rasanya yang lezat, ternyata bawang merah juga memiliki banyak khasiat dan menjadi salah satu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pemilik golongan darah A. (Baca juga : Cara Diet dengan Jeruk Nipis)

7. Berbagai Jenis Buah Berry

Buah-buahan jenis berry memang sudah lama dikenal ampuh membantu dalam penurunan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi berry juga sangat menyehatkan. Sehingga tubuh Anda bisa menjadi ideal dan yang penting sehat.

8. Green Tea

Green tea atau teh hijau semakin digemari akhir-akhir ini. Bahkan tidak hanya berupa diseduh, green tea juga bisa dinikmati dalam bentuk coklat maupun seduhan segelas kopi. Green tea terbukti mengandung banyak anti oksidan dan zat-zat lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satunya zat EGCG atau Epigallocatechin gallate yang membantu melancarkan metabolisme tubuh. Karenanya, green tea juga dikenal sebagai minuman paling sehat di dunia. (Baca juga : Cara Diet dengan Buah Lemon)

Makanan yang Harus Dihindari Golongan Darah A

Pantangan Diet Golongan Darah A terdiri dari beberapa jenis makanan dan juga minuman. Menurunkan berat badan atau dikenal dengan istilah diet terkadang gampang-gampang susah. Dan ternyata, bagi golongan darah tertentu ada beberapa makanan yang harus dihindari. Golongan darah A misalnya, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sangat mudah rentan terkena stress. Untuk itu, berikut beberapa makanan yang harus dihindari golongan darah A. (Baca juga :  Pantangan Diet Mayo )

  1. Daging rusa
  2. Daging babi
  3. Daging unggas seperti ayam dan bebek beserta olahannya
  4. Telur dan makanan-makanan berbahan telur
  5. Susu dan makanan-makanan yang mengandung susu
  6. Makanan laut seperti gurita, kerang
  7. Minuman bersoda
  8. Minuman beralkohol
  9. Teh hitam
  10. Jamur
  11. Kentang
  12. Terong
  13. Ubi jalar

Keunikan Golongan Darah A

1. Mudah terserang stress

Setiap orang bisa mengalami stress karena berbagai penyebab. Dan sayangnya, pada orang bergolongan darah A, mereka lebih rentan terkena stress. Ini karena secara alami orang bergolongan darah A memproduksi banyak hormon cortisol penyebab stress. Dan jika berada dalam situasi tertentu yang membuatnya tertekan, hormon cortisol ini akan lebih banyak diproduksi.

2. Sering mengalami gangguan tidur

Stress yang sering menyerang pada orang dengan golongan darah A terkadang menyebabkan sulit tidur. Kondisi ini bisa semakin intens jika orang-orang bergolongan darah A ini dihadapkan pada situasi tertentu. (Baca Juga : Diet Golongan Darah B )

3. Mudah Gemuk

Masih berkaitan dengan hormon stress yang diproduksi lebih banyak oleh orang bergolongan darah A, mereka cenderung akan mengalami penurunan masa otot. Dan sebaliknya, mereka akan sangat mudah menyerap lemak. Akibatnya, berat badan bisa sangat mudah untuk bertambah. (Baca juga : Bahaya Diet Ekstrim)

4. Darah mudah menggumpal

Lagi-lagi ini soal tingkat hormon stress yang tinggi, menyebabkan darah mudah mengalami penggumpalan.Untuk menghindari peningkatan produksi cortisol yang dikenal sebagai hormon stress, mereka yang bergolongan darah A sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal berikut:

  • Kafein
  • Alkohol
  • Keramaian
  • Kebisingan
  • Merokok
  • Wangi parfum yang terlalu menyengat
  • Banyak makan manis
  • Tontonan berisi kekerasan
  • Begadang
  • Makan saat keadaan gelisah atau khawatir

Selain ada beberapa hal yang perlu dihindari, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengontrol produksi hormon stress:

  • Sarapan pagi
  • Sering makan dalam jumlah kecil. Hal ini juga bisa membantu menstabilkan gula darah pada tubuh
  • Memiliki jadwal keseharian yang teratur
  • Tidur sebelum jam 11 malam
  • Istirahat minimal 20 menit saat bekerja
  • Konsumsi lebih banyak protein
  • Berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu
  • Melakukan pengecekan jantung secara teratur

Dua Jenis Golongan Darah A

Terdapat dua jenis golongan darah A yaitu A negatif dan A positif. Untuk mengetahui perbedaanya berikut penjelasannya:

1. A Negatif

Dari keseluruhan populasi penduduk dunia, hanya sekitar 6,3%-nya saja yang memiliki golongan darah A. Ini menjadikan golongan darah A sebagai golongan darah yang sangat langka. Untuk itu, disarankan bagi Anda yang bergolongan darah A negatif dan memiliki kondisi prima, mentransfusi darah ke PMI terdekat. Untuk membantu mereka yang bergolongan darah sama yang sedang membutuhkan bantuan. (Baca juga : Diet Golongan Darah O)

2. A Positif

Kabar baik untuk mereka yang memiliki golongan darah A positif. A positif menjadi salah satu golongan darah paling banyak dimiliki. Sekitar 35,7% penduduk dunia bergolongan darah A positif. (Baca juga : Diet Golongan Darah AB)

Banyak orang yang sulit melepaskan diri dari konsumsi daging. Jika Anda salah satunya, Anda bisa memulai dengan menghindari konsumsi daging berlemak. Mulai kurangi intensitasnya, dan ganti dengan makanan pengganti seperti jamur yang lebih menyehatkan. Begitu pula telur dan susu, jika Anda masih sangat menggemari makanan-makanan tersebut, Anda bisa tetap mengkonsumsinya tetapi batasi jumlahnya. (Baca juga : Cara Diet Mayo)

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan