Anda Wajib Tahu 7 Manfaat Kuning Telur untuk Diet Ternyata Banyak Sekali!

Mengonsumsi telur saat sedang diet bukanlah hal yang asing. Telur dipilih karena kandungan gizi yang tinggi, harga yang murah, mudah didapat, dan cara memasak yang tidak sulit. Cukup dengan direbus, anda sudah bisa menikmati makanan ini. Ada beragam menu diet dengan telur rebus yang bisa anda buat.

ads

Dengan cara membuat makanan sederhana untuk diet, anda sudah bisa mendapatkan banyak manfaat kuning telur untuk diet. Bagi anda yang masih ragu, berikut ini 7 manfaat kuning telur untuk diet yang harus anda ketahui.

  1. Mengandung Vitamin Lebih Banyak

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa kuning telur mengandung banyak vitamin untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa dia antara vitamin yang terkandung di dalam kuning telur adalah vitamin B6, vitamin B, A, D, E, K, dan folat.

Vitamin A, D, E, dan K hanya akan anda temukan di kuning telur, bukan di putih telur. Faktanya, kuning telur menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D secara alami.

  1. Sumber Mineral yang Baik

Manfaat kuning telur untuk diet yang juga akan anda dapatkan adalah kebutuhan mineral di dalam tubuh menjadi terpenuhi. Sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat diet, anda tidak boleh kekurangan mineral karena berfungsi untuk menyeimbangkan elektrolit.

Kuning telur mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan selenium. Totalnya ada 13 mineral terkandung di dalam kuning telur.

  1. Antioksidan Alami

Telur sudah pasti masuk ke dalam daftar menu diet sehat dan murah. Hal ini bukan tanpa alasan karena kuning telur mampu menjadi antioksidan alami bagi tubuh anda. Kandungan vitamin A, D, E, K, dan omega-3 di dalam kuning telur akan membantu kinerja pertahanan tubuh anda dan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan triptofan dan tirosin, dan asam amino di dalam kuning telur diketahui merupakan zat gizi yang baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan zat gizi ini dengan maksimal, cara memasak telur untuk diet bisa anda lakukan hanya dengan merebus telur.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Baik untuk kesehatan mata juga menjadi khasiat telur untuk diet, terutama kuning telurnya. Kuning telur mengandung karotenoid, lutein dan zeaxanthine yang akan mengurangi degredasi pada mata.


  1. Membantu Perkembangan Otak

Manfaat kuning telur untuk diet berikutnya adalah perkembangan otak yang lebih baik karena mengandung kolin yang cukup tinggi. Hal ini terutama akan dirasakan oleh ibu hamil atau menyurui yang sedang menjalani diet. Anda bisa menambahkan kuning telur ke dalam jamu pelangsing tradisional untuk ibu menyusui.

  1. Mengandung Kalori yang Sedikit

Telur termasuk makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Oleh karena itu, telur tentu bisa membuat program diet anda menjadi lebih berhasil karena bisa membuat anda menjadi kenyang meskipun tidak mengonsumsi nasi.

Meskipun baik untuk kesehatan, salah satu efek samping diet telur yang harus anda perhatikan adalah kandungan kolesterol yang cukup tinggi di dalam telur. Pastikan anda tetap mengonsumsi telur dalam jumlah yang tepat agar tidak mengganggu kesehatan anda.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan