16 Makanan untuk Diet Golongan Darah O Paling Tepat dan Sehat

Makanan untuk Diet Golongan Darah O  harus benar-benar diperhatikan agar diet anda berjalan dengan lancar. Banyaknya jenis-jenis diet yang ditawarkan membuat bingung karena tidak selalu jenis diet  yang dipilih cocok pada setiap orang.  Maka dari itu sangat dianjurkan bagi seseorang yang akan melakukan diet untuk memilih cara diet yang sesuai dan tepat bagi tubuhnya. Beberapa penelitian diet yang paling efektif yaitu diet golongan darah dimana pada diet ini kita mengkonsumsi makanan yang dianjurkan saja. Terdapat 4 jenis diet golongan darah yaitu Diet Golongan Darah A , Diet Golongan Darah B, Diet Golongan Darah O, dan Diet Golongan Darah AB. Menu makanan setiap  yang dikonsumsi dari keempat jenis golongan darah tersebut berbeda-beda. Berikut mengenai menu makanan yang harus dikonsumsi oleh orang yang bergolongan darah O.

ads

Baca juga :

Makanan untuk Diet Golongan Darah O

1. Nasi Putih

Nasi putih seringkali dilarang untuk dikonsumsi saat melakukan diet. Banyak yang menghindari nasi putih ini karena dianggap mampu menaikkan berat badan secara cepat. Akan tetapi hal ini tidak bagi golongan darah O , justru nasi putih merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh orang yang bergolongan darah O ini.

Karena jenis karbohidrat yang cocok untuk golongan darah O adalah nasi putih , misalkan kita pilih gandum justru akan mengakibatkan masalah pada pencernaan. Karena gandum untuk golongan darah O dapat meningkatkan asam lambung sehingga menimbulkan gangguan pencernaan. Pada dasarnya orang yang memiliki golongan darah O mempunyai asam lambung yang tinggi. (Baca juga : Diet Rendah Protein )

2. Jenis Kacang

Saat melakukan diet golongan darah O terdapat jenis kacang yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Pada dasarnya boleh mengkonsumsi semua jenis kacang-kacangan akan tetapi ada beberapa jenis kacang tertentu yang harus dihindari dan dikonsumsi secara secukupnya . Jenis kacang yang boleh dikonsumsi untuk orang yang bergolongan darah O antara lain black eyed peas, kacang azuki, serta kacang pinto. Sedangkan jenis kacang yang tidak boleh dikonsumsi yaitu kacang merah dan kacang hijau. Selain dari kacang yang dilarang , masih boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup seperti kacang tanah , kacang almond dan kacang polong. (Baca juga : Cara Diet Dengan Buah Buahan )

3. Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia, biasanya dibuat untuk toping suatu makanan.Pada orang yang melakukan Diet Golongan Darah O ini diperbolehkan mengkonsumsi jenis keju feta , keju kambing dan keju mozzarella. Meskipun diet O diperbolehkan mengkonsumsi keju tersebut tetap harus dalam batasan yang normal tidak dianjurkan mengkonsumsi secara berlebihan. (Baca juga : Bahaya Diet Air Putih )

4. Susu

Susu merupakan sumber kalsium dan protein yang tinggi , akan tetapi susu tidak dianjurkan sebagai Makanan untuk Diet Golongan Darah O. Susu yang tidak diperbolehkan antara lain susu sapi , susu kerbau dan susu sapi . Meskipun demikian , orang yang bergolongan darah O masih dapat menikmati susu yang kaya gizi . Jenis susu yang diperbolehkan untuk golongan darah O yaitu susu dari kedelai. Susu kedelai sangat baik untuk yang melakukan diet golongan darah O karena mengandung protein tinggi,serat , dan lemak baik untuk kesehatan tubuh. (Baca juga : Diet yang Baik Untuk Pria )

5. Daging Sapi

Melakukan diet identik dengan menghindari mengkonsusmsi berbagai jenis daging , tapi hal ini tidak berlaku pada golongan darah O. Karena pada dasarnya golongan darah O mampu mencerna berbagai jenis daging dengan baik . Pada golongan darah lain membutuhkan waktu 3 hari untuk mencerna daging tersebut , akan tetepi golongan darah O hanya butuh waktu sehari saja. Daging justru merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh golongan darah O. (Baca juga : Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Diet )

6. Daging Kambing

Daging kambing sangat dikaitkan dengan kolesterol tinggi dan menyebabkan tekanan darah tinggi , sehingga daging ini sering tidak dianjurkan dalam menu makanan diet. Akan tetapi pada golongan darah O daging kambing merupakan makanan yang terdaftar untuk dikonsumsi . Meskipun mengandung kolesterol tinggi , daging kambing juga kaya akan protein yang digunakan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru. (Baca juga : Cara Diet Madu )

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang menyehatkan bagi tubuh . Manfaat yang kita dapatkan antara lain yaitu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh , menjaga kesehatan rambut dan menjaga kesehatan kulit . Manfaat terrsebut kita dapat dari kandungan didalamnya yaitu lemak tak jenuh , dan kaya akan kandungan vitamin E. Minyak zaitun sangat dianjurkan untuk ditambahkan ke menu makanan golongan darah O. Tidak hanya pada golongan darah O , golongan darah yang lainnya pun juga dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun ini. (Baca juga : Diet Matahari )

8. Ikan

Ikan merupakan makanan yang kaya akan kandungan proteinnya , selain itu ikan juga mengandung lemak baik , vitamin ,kalsium dan omega-3 yang baik bagi kesehatan tubuh. Saat melakukan Diet Golongan Darah O dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup banyak dari jenis makanan hewani lainnya. Jenis ikan yang dianjurkan yaitu ikan haring, ikan makarel, dan ikan kod. Sedangkan ikan yang dikonsumsi secara cukup dan tidak sering antara lain ikan salmon , ikan gurame dan ikan nila. Lalu juga terdapat jenis ikan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi yaitu ikan lele.(Baca juga : Bahaya Minum Obat Pelangsing )

9. Coklat

Coklat identik dengan kandungan gula yang tinggi sehingga mengakibatkan resiko terkena obesitas sering kali dihindari saat melakukan diet.Makanan yang mengandung coklat tidak bisa dimasukkan kedalam menu makanan diet golongan darah A, B, dan AB ,akan tetapi justru pada golongan darah O diperbolehkan. Karena coklat masih dikategorikan makanan yang netral pada golongan darah O ini. Asalkan saat mengkonsumsinya masih pada porsi yang benar dan tidak berlebihan , coklat ini tidak akan memberikan efek yang signifikan. (Baca juga : Penyebab Obesitas )

10. Rumput Laut

Rumput laut merupakan makanan yang menyehatkan bagi tubuh dan cocok sebagai Makanan untuk Diet Golongan Darah O , karena mampu meningkatkan proses metabolime. Dimana proses metabolisme yang bekerja dengan baik akan membuat pembakaran lemak didalam tubuh menjadi cepat. Maka rumput laut ini merupakan menu yang diperbolehkan untuk golongan darah O ,karena mempunyai manfatyang banyak bagi tubuh kita. (Baca juga :  Persepsi Yang Salah Tentang Diet )

11. Bawang-bawangan

Bawang merupakan bumbu yang wajib untuk masakan Indonesia,karena aromanya yang khas dan mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Terdapat 2 jenis bawang yaitu bawang merah dan bawang putih. Bawang merah digunakan untuk mencegah kanker dan mencegah terkena resiko dieabetes , sedangkan bawang putih juga digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Bawang-bawangan sangat dianjurkan bagi orang yang melakukan diet golongan darah. (Baca juga : Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet )

12. Sayuran

Memang sayuran sudah terbukti menyehatkan tubuh , karena kandungan serat dan vitamin yang terdapat pada sayuran.Sayuran dianjurkan untuk semua jenis golongan darah , khususnya pada golongan darah O. Sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada golongan darah O antara lain selada, sawi,bayam, brokoli dan kale. Meskipun sayuran baik untuk golongan darah O , terdapat jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi antara lain kol, kentang, terong, jagung , dan jamur shitake. (Baca juga : Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet )

13. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi diantaranya serat , air , mineral dan vitamin.Rasanya yang segar sangat disukai para masyarakat Indonesia.Saat mengkonsumsi buah kita dapat memakannya secara langsung maupun dengan cara di buat jus. Diet golongan darah O dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, pir , mangga , bengkuang dan lain sebagainya. Sedangkan buah yang tidak dianjurkan seperti buah ceri, strawberry dan jeruk. (Baca juga : Fakta dan Mitos Diet )

14. Kerang

Kerang merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung protein tinggi yang mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh kita. Kerang ini tidak dianjurkan unuk dikonsumsi pada orang yang bergolongan darah A dan B . Hal tersebut tidak berlaku pada golongan darah O , golongan darah O justru dianjurkan untuk mengkonsumsi ini , karena sifat darah dalam golongan darah O mampu mencerna makanan hewani dengan baik. (Baca juga : Bahaya Gorengan untuk Diet )


15. Daging Unggas

Pada diet golongan darah O diprbolehkan mengkonsumsi semua jenis daging unggas , akan tetapi pada porsi yang cukup dan tidak berlebihan . Jenis unggas ini antara lain ayam , bebek, dan angsa. Didalam daging unggas tersebut mengandung karbohidrat , lemak , protein dan minyak btak jenuh yang baik untuk kesehatn tubuh. Tetapi apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan menimbulkan berbagai masalah. (Baca juga : Cara Diet Saat Bulan Puasa )

16. Daging Rusa dan Daging Kelinci

Pada dasarnya golongan darah O cocok pada semua jenis daging ,karena sifat pencernaan yang mudah mencerna makanan tersebut. Pada golongan darah lain justru menghindari mengkonsumsi makanan hewani. Jadi bersyukurlah yang mempunyai golongan darah O karena tidak ada larangan untuk mengkonsumsi berbagai jenis daging. (Baca juga : Cara Diet Saat Hamil Muda )

Informasi diatas merupakan menu makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi saat melakukan diet golongan darah O. Lalu maknan apa yang harus dihindari untuk golongan darah O .Berikut makanan yang harus dihindari diet golongan darah O.

Baca juga :

Makanan yang harus Dihindari golongan darah O

Saat melakukan diet golongan darah O dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein tinggi . Akan tetapi terdapat jenis-jenis makanan yang harus dihindari yaitu Gandum yang mengandung gluten,Jagung,Kacang Merah,Aneka jenis kacang-kacangan,Kubis/Kol,Kubis Brussel,Kembang Kol,Sawi Hijau. Makanan yang disebutkan tersebut akan menyebabkan berat badan menjadi bertambah apabila golongan darah O mengkonsumsinya. Tidak hanya pada makanan saja tetapi beberapa minuman seperti kopi , alkohol dan juga soda tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena akan mengakibatkan masalah yang serius pada lambung.

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan menu wajib yang dikonsumsi saat melakukan diet golongan darah O , selain makanan wajib terdapat makanan yang harus di hindari saat melakukan diet ini karena mampu menggagalkan program diet yang kita jalani.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!