Yuk Cari Tahu Pengertian Diet Rendah Kalori yang Lagi Trend Saat Ini

Diet rendah kalori menjadi salah satu metode diet yang lagi trend saat ini. Untuk dapat melaksanakan diet rendah kalori dengan baik, anda tentu harus memahami dengan jelas pengertian diet rendah kalori. Apa sebenarnya pengertian diet rendah kalori?

ads

Makanan apa yang boleh dan tidak boleh anda makan ketika menjalani diet rendah kalori. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai pengertian diet rendah kalori dan beberapa hal yang harus anda ketahui.

Pengertian Diet Rendah Kalori

Diet rendah kalori dapat diartikan sebagai program diet yang mengharuskan anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung 1000 hingga 1500 kalori dalam sehari. Hal ini akan menciptakan defisit kalori yang akan membuat penurunan berat badan.

Diet rendah kalori sangat efektif, namun anda harus melakukannya dengan disiplin agar aman dan berjalan sesuai harapan. Idealnya, anda harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk melakukan diet rendah kalori agar tidak kehilangan nutrisi yang dibutuhkan saat diet.

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Saat Diet Rendah Kalori

1. Buah-buahan

Sebagian besar buah akan memberikan anda banyak energi sebagai pengganti kalori. Semangka dan pisang merupakan contoh buah untuk diet yang baik. Buah-buahan ini akan memberikan anda kalori yang rendah, namun membuat anda tidak kehilangan nutrisi baik lainnya seperti serat, protein, vitamin, dan berbagai zat gizi lainnya.

2. Sayur-sayuran

Hampir semua jenis sayuran direkomendasikan untuk anda yang sedang menjalani diet. Manfaat sayuran untuk diet hampir sama dengan buah-buahan. Sayuran mengandung hampir nol kalori, namun memberikan tubuh banyak nutrisi baik.

3. Protein rendah lemak

Ada banyak makanan rendah kalori tinggi protein yang bisa anda konsumsi saat sedang diet. Anda bisa mengonsumsi telur, susu rendah lemak, yogurt rendah lemak, ikan, dan berbagai makanan lainnya.

4. Gandum utuh

Salah satu khasiat gandum untuk diet adalah bisa membuat anda kenyang, tapi tidak banyak menambah jumlah kalori. Gandum menjadi sumber karbohidrat yang cocok saat anda sedang menjalani diet.

5. Rempah-rempah

Rempah-rempahan seperti jahe sangat bermanfaat untuk proses diet anda. Salah satu manfaat jahe untuk diet adalah mampu melancarkan pencernaan dan memberikan energi tambahan bagi anda karena efek hangat yang dihasilkannya. Rempah-rempahan juga bisa menambah rasa pada masakan dan makanan tanpa menambah kalori pada tubuh.


6. Karbohidrat sederhana

Fungsi karbohidrat bagi tubuh adalah untuk menghasilkan energi agar tubuh bisa melakukan proses metabolisme dengan baik. Karbohidrat sederhana akan diproses lebih cepat oleh tubuh. Oleh karena itu, anda tidak dianjurkan banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana. Makanan ini akan mudah membuat anda lapar kembali.

7. Makanan kaya kalori dan lemak

Akibat kelebihan kalori haruslah anda hindari ketika menjalani diet rendah kalori. Anda harus menghindari konsumsi makanan yang kaya lemak dan kalori saat menjalani diet rendah kalori. Makanan ini harus anda ganti dengan makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Meskipun menjaga pola dan jenis makanan yang dikonsumsi, anda juga tidak boleh terlalu menyiksa tubuh anda. Saat menjalani diet rendah kalori anda masih boleh mengonsumsi makanan seperti es krim, permen, keripik kentang, dan makanan lainnya. Namun, pastikan anda mengonsumsinya dalam jumlah yang terbatas.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet