8 Cara Diet dengan Beras Merah Paling Cepat dan Sehat (#Terbukti)

Cara Diet dengan Beras Merah bisa menjadi salah satu diet yang baik untuk dicoba. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal yaitu dengan melakukan program diet . Akan tetapi mereka seringkali melakukan diet yang tidak sehat, hal tersebut justru tidak menyehatkan melainkan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Diet yang baik yaitu mengatur pola makan dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Jika salah satu komponen tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan diet gagal , dan justru menimbulkan masalah lainnya.

ads

Baca juga :

Cara Diet dengan Beras Merah

Cara Diet dengan Beras MerahSalah satu jenis karbohidrat yang sangat di sukai dan sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia yaitu Nasi putih , di dalam nasi putih terdapat kandungan gula yang tinggi , sehingga akan mengakibatkan kadar gula di dalam tubuh menjadi tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain penyakit diabetes kelebihan gula didalam tubuh juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit obesitas pun juga semakin tinggi.

Untuk mencegah masalah-masalah tersebut kita dapat mengurangi kandungan kalori atau gula di dalam tubuh . Hal ini bisa dilakukan dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah (beras merah). Karena di dalam beras merah lebih banyak mengandung serat dari pada gula. Beras merah ini dapat kita jadikan menu diet sehari-hari.

Beras merah sangat baik untuk dikonsumsi ,kandungan serat yang bermanfaat bagi tubuh ini pun sering sekali digunakan pada menu diet. Karena beras merah merupakan karbohidrat yang kompleks yang lebih baik daripada beras putih. Karbohidrat kompleks dapat membuat perut menjadi kenyang lebih lama meskipun sedikit dalam mengkonsumsinya. Melakukan diet dengan beras merah sangat lah mudah , hanya perlu mengganti nasi putih dan menambahkan satu porsi beras merah . Berikut menu untuk cara diet dengan beras merah. (Baca juga : Diet Matahari  )

1. Makan pagi (Sarapan)

Pagi hari merupakan waktu memulai aktivitas , dimana kita memerlukan energi dan nutrisi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk menu diet saat sarapan kita dapat mengkonsumsi 5 sendok beras merah, sayuran seperti kangkung atau bayam, lalu tambahkan protein dari protein nabati maupun hewani (tahu, telur, tempe, atau dada ayam) lalu dengan segelas jus. Pastikan makanan yang dikonsumsi seperti tahu, tempe, maupun ayam tidak digoreng , karena makanan yang di goreng mempunyai kandungan lemak jahat yang tinggi. (Baca juga : Persepsi Yang Salah Tentang Diet)

2. Makan siang

Pada menu makan siang tidak jauh berbeda dari menu sarapan. Dimana kebutuhan karbohidrat,lemak, protein, vitamin dan mineral harus terpenuhi. Saat makan siang menu yang di sajikan yaitu satu centong beras merah , dengan lauk dada ayam bakar tanpa kulit atau ikan bakar , lalu tambahkan sayuran sebagai sumber serat , dan tambahkan juga kandungan lemak baik seperti kacang-kacangan (kacang ttanah , kacang almon ) , lalu jangan lupa mengkonsumsi buah ( bisa buah apel, pir dan jeruk), dan terakhir minum air putih. (Baca juga : Nutrisi yang Dibutuhkan Saat Diet)

3. Makan Malam

Untuk menu makan malamnya perbanyyak mengkonsumsi protein. Karena pada malam hari tubuh akan melakukan istirahat (tidur), dimana saat tidur sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaiki oleh protein ini . Maka menu diet untuk malam hari yaitu 8 sendok beras merah , 1 telur rebus , tambahkan sayuran dan 1 jenis buah bisa jus maupun makan langsung. Saat akan tidur usahakan minum susu rendah lemak , agar mendapatkan  asupan protein yang cukup. ( Baca juga : Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet  )

Saat melakukan diet dengan beras merah perlu adanya lauk pendamping guna mendapattkan hasil yang meksimal. Karen tubuh tidak hanya mendapatkan nutrisi dari beras merah saja melainkan dari komponen yang lainnya. Berikut lauk pendamping  untuk melakukan program diet dengan beras merah.


Lauk Pendamping diet dengan beras merah

1. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi . Dimana kandungan protein sangat berperan dalam pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Untuk menu diet ini ikan yang dikonsumsi tidak diperbolehkan digoreng dalam pengolahannya. Sebaiknya pengolahan nya dilakukan dengan cara di bakar, di rebus atau pun di panggang. Karena ikan goreng justru akan mengakibatkan masalah kesehatan yang lain seperti kelebihan kolesterol, dan resiko terkena penyakit jantung meningkat. ( Baca juga :  Fakta dan Mitos Diet)

2. Telur

Tidak jauh berbeda dengan ikan , telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein . Selain itu telur mengandung lemak baik yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Pada lauk diet ini telur yang dianjurkan yaitu telur yang di rebus , dan sebaliknya telur goreng sangat tidak dianjurkan karena mengandung lemak jahat yang  di dapat dari minyak goreng tersebut. (Baca juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat berperan dalam tubuh kita , karena sayuran hijau mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi tubuh . Sayuran hijau mengandung banyak serat dan vitamin salah satu perannya yaitu menyehatkan kulit , menyehatkan rambut , memperlancar proses pencernaan dan lain sebagainya. ( Baca juga : Cara Diet Saat Hamil Muda)

4. Dada Ayam

Dada ayam juga merupakan salah satu lauk pendamping yang dipilih untuk menu diet dengan beras merah. Karena kandungan protein,lemak baik dan vitamin di dalam dada ayam tanpa kulit sangat berperan di dalam tubuh. Dimana protein digunakan untuk membentuk sel yang rusak , lemak baik untuk menurunkan kadar kolesterol, dan vitamin untuk mningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. (Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Pola Diet)

5. Berbagai jenis kacang-kacangan

Lemak baik yang terkandung di dalam kacang-kacangan sangat membantu dalam penurunan kolesterol , selain itu juga membantu meningkatkan  metabolisme dan  berperan dalam kesehatan kulit. Jenis kacang-kacangan ini antara lain kacang tanah, kacang polong , kacang merah dan kacang tanah. Selain pada kacang-kacangan lemak baik juga dapat kita temukan di biji bunga matahari dan wijen. (Baca juga : Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet )

Menu diatas merupakan menu diet dengan beras merah , alangkah baiknya saat melakukan program diet diimbangi dengan olah raga terratur. Setelah mengeahui menu maka saat diet , kita juga perlu mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di beras merah.

Baca juga :

Kandungan Gizi Beras Merah

1. Karbohidrat

Beras merah meiliki kandungan karbohidrat kompleks . Dimana peran karbohidrat yaitu sebagai sumber energi , membantu menyimpan protein jaingan, sebagai pelaku utama dalam proses metabolisme , dan sebagai bahan bakar untuk sistem saraf pusat.Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebesar 50 % kalori ,persentase tersebut mampu memberikan kalori yang cukup untuk tubuh. ( Baca juga : Alasan Orang Melakukan Diet )

2. Serat

Kandungan serat didalam beras merah sangat baik untuk tubuh kita , karena memiliki berbagai manfaat bagi tubuh seperti melancarkan pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung,mencegah polip usus, mencegah wasir, membantu mengatur kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterrol, menurunkan resiko diabetes dan mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker. (Baca juga : Manfaat Jahe Merah Dan Madu Untuk Diet )

3. Vitamin B

Vitamin B dapat ditemukan di beras merah , dimana vitamin B berperan sebagai koenzim dalam reaksi kimia di dalam tubuh . Selain itu vitamin B juga berperan pada proses metabolisme dimana sebagai fasilitasi pyruvte menjadi acetyl CoA , juga sebagi katalisator sintesis protein. ( Baca juga : Kesalahan Dalam Diet )

4. Magnesium

Magnesium mempunyai manfaat bagi tubuh yang banyak ditemukan di beras merah . Peran magnesum sendiri yaitu memfasilitasi pembentukan glikogen otot dan liver yang berasal dari glukosa darah dan tulang, pemecahan glukosa, asam lemak, asam amino saat proses metabolisme , sebagai sintesis lemak dan protein untuk konduksi syaraf dan kontraksi otot. ( Baca juga :  Cara Diet Saat Bulan Puasa )

5. Phosphor

Phospor berperan penting dalam proses metabolisme , pembentukan strukturnmembran ,dan merupakan sistem buffer untuk memelihara kestabilan pH di dalam darah kita. Phosphor bekerja tidak sendiri melainkan dengan kalsium , sehingga mampu menjadikan tulang dan gigi kita lebih sehat. (Baca juga : Pantangan Diet Golongan Darah A )

6. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral yang banyak didalam tubuh yakni sebesar 40% dari total mineral. Kalsium ini mampu membangun dan memelihara tulang untuk kontraksi otot dan transmisi impuls saraf, sevagi aktivasi anzim, juga meregulasi permeabilitas membran sel, dan berperan dalam proses pembekuan darah. Jika kita kekurangan asupan kalsium maka tubuh akan mengambil kalsiumyang berada di tulang yang akan mengakibatkan osteoporosis. (Baca juga : Pantangan Diet Golongan Darah B )

7. Kalium

Kalium juga dapat kita temukan di beras merah ini , fungsi kalium untuk tubuh sendiri yaitu  untuk mengatur tekanan darah , kontraksi otot , dan juga berperan pada kesehatan tulang . Selain itu juga  mampu menjaga kesehatan ginjal , menjaga keseimbangn cairan, meningkatkan fungsi sistem saraf, mencegah stres ,menjaga kesehatan jantung,meningkatkan fungsi otak dan yang terakhir meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Baca juga :

Beberapa penjelasan diatas merupakan tata cara melakukan diet dengan beras merah , selain itu kita dapat mengetahui berbagai manfaat dari kandungan beras merah tersebut didalam tubuh.Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membacanya.

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!