Buruan Cari Tahu! 7 Tips Diet Saat Bulan Puasa Ini Dijamin Bikin Kurus

Ada banyak alasan orang melakukan diet. Selain untuk mendapatkan badan kurus, diet juga bisa dijadikan salah satu cara untuk membuat anda tetap sehat. Salah satu waktu yang tepat untuk melakukan diet adalah bulan puasa atau Ramadhan. Puasa dipercaya sebagai salah satu cara untuk diet secara alami.

ads

Namun, agar diet anda sepanjang bulan puasa berjalan dengan lancar, anda tetap memerlukan tips diet saat bulan puasa. Jika anda tidak mengonsumsi menu buka puasa rendah kalori atau menu makanan sahur sehat, jangan harap badan anda akan turun di bulan puasa. Berikut ini tips diet saat bulan puasa yang perlu anda ketahui.

  1. Hitung Jumlah Kalori yang Ingin Dibakar dan Dibutuhkan

Tips diet saat bulan puasa pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung jumlah kalori yang akan anda bakar. Selain itu, sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian berdasarkan usia, aktivitas, dan jenis kelamin anda.

Apapun rangkaian cara diet di bulan Ramadhan yang anda pilih, anda tetap harus melakukan penghitungan kalori di awal program.

  1. Pastikan Anda Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Tips diet ketika puasa yang juga harus anda ketahui adalah pastikan anda selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Makanlah makanan yang rendah kalori dan kaya serat untuk menunjang aktivitas dan program diet anda. Anda juga harus menghindari junk food selama program diet.

  1. Izinkan Diri Anda untuk Makan Makanan Kesukaan

Anda mungkin akan bosan mengonsumsi sayur dan buah sebagai menu buka puasa yang sehat. Biasanya, di bulan puasa ada banyak menu buka puasa yang akan menggoda anda.

Oleh karena itu, sekali dalam seminggu atau sebulan, izinkan diri anda untuk mengonsumsi makanan yang anda inginkan, seperti kolak, es krim, pizza, atau burger.

  1. Konsisten dengan Metode yang Dipilih

Sepanjang bulan puasa, pastikan anda tidak mengubah metode diet yang sudah anda jalankan. Misalnya, anda sudah merencanakan untuk melakukan diet dengan berolahraga 15 menit setiap hari. Namun, anda mengubahnya dan mencari cara diet saat puasa tanpa olahraga.

Tentu ini bukanlah metode diet yang disarankan karena anda tidak konsisten dengan metode yang sudah anda lakukan di awal.

  1. Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Gizi

Diet saat puasa merupakan cara diet alami dalam waktu singkat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. Mereka bisa menyarankan menu dan metode diet yang tepat untuk anda.


  1. Sabar untuk Mendapatkan Hasil Diet

Anda mungkin sudah bosan mengonsumsi resep menu buka puasa untuk diet yang menurut anda monoton. Namun, hal yang paling penting saat menjalani diet adalah bersabar. Anda tidak akan memperoleh hasil instan dari program diet anda.

  1. Konsisten untuk Menjalankan Program Diet

Tips diet saat bulan puasa terakhir yang bisa anda lakukan adalah konsisten. Anda harus menjalankan semua program diet sesuai dengan jadwal yang anda buat.

Jangan mengingkari jadwal ini. Konsisten merupakan kunci cara turunkan berat badan di bulan puasa. Hanya dengan konsistensi yang tinggi anda akan mendapatkan hasil seperti yang anda harapkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips