15 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Dijamin Berhasil

cara cepat diet tanpa dietMenjadi langsing dengan cepat adalah impian, berbagai cara diet alami atau dengan mengkonsumsi obat dilakukan untuk mencapainya. Tetapi bagaimana jika setelah program diet dilakukan dan berat badan ladies naik lagi? Apakah ladies akan melakukan bahaya diet ekstrim setiap berat badan naik lagi? Tentu hal itu tidak efektif dan efisien.

ads

Dalam cara diet cepat kurus, ladies tidak hanya perlu menargetkan waktu dan kecepatan dalam menurunkan berat badan, tetapi juga mempertimbangkan pola hidup sehat seterusnya agar tubuh ideal ladies menjadi permanen. Menurut para ahli, sebaiknya program diet dilakukan secara perlahan namun pasti dengan mengubah pola hidup sehat kita terlebih dahulu, sehingga tubuh akan menjadi terbiasa dengan menu dan porsi makanan untuk diet yang ladies konsumsi sehari – hari. Beberapa cara cepat menurunkan berat badan tanpa diet yang perlu ladies coba, diantaranya :

  1. Kurangi asupan kalori sedikit demi sedikit

Saat diet, ladies akan cenderung untuk mengurangi asupan makanan secara drastis. Walaupun hal itu dapat menguruskan badan dengan cepat, namun sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang terbiasa menerima asupan kalori yang tinggi, tiba – tiba dipaksa untuk mengurangi asupan secara drastis dapat berefek samping bagi sistem pencernaan, seperti munculnya penyakit maag, diare, anemia, hingga rasa lelah berlebihan.

Untuk menghindari hal tersebut, cukup ubah pola makan dengan mengurangi asupan kalori sedikit demi sedikit setiap harinya, hingga tubuh akan mulai terbiasa dengan pola makan tersebut. Sebagai contoh, ladies hanya perlu mengurangi 500-700 kalori setiap hari dengan mengganti asupan makanan diet rendah kalori dan rendah lemak. Jika dilakukan secara rutin, secara perlahan kandungan lemak dalam tubuh akan menyusut dan tubuh ideal langsing dapat ladies capai. Namun jika ladies sudah dalam pasca diet, cukup kurangi kalori 100-200 per hari agar tubuh tidak terlalu kekurangan energi untuk beraktivitas.

  1. Waktu sarapan tetap berjalan

Melewatkan waktu sarapan bukanlah jawaban yang tepat untuk cara diet cepat ladies, karena tubuh juga memerlukan nutrisi dan energi untuk beraktivitas di pagi hari. Sarapan di pagi hari dan mengurangi porsi makan di siang dan malam hari adalah cara diet yang benar agar tidak beresiko bagi tubuh. Cukup sarapan dengan sereal gandum dan susu, atau roti gandum dengan madu dan telur dipagi hari serta buah untuk diet sebagai penutup akan memberi energi cukup untuk aktivitas anda sepanjang hari.

  1. Hindari makan setelah pukul 8 malam

Untuk diet secara alami yang ladies inginkan, faktor utama keberhasilannya adalah cara ladies mengatur waktu saat makan agar tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Kalau ladies makan lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan, perut akan lebih cepat dan sering lapar. Sebaliknya jika melewati waktu yang dianjurkan, beresiko menganggu sistem pencernaan ladies. Makanlah pada pukul 06.00-07.00 pagi, pukul 12.00-13.00, dan pukul 18.00-19.00 adalah waktu yang tepat untuk makan. Jika ladies makan tepat waktu, waktu untuk cemilan juga berkurang, sehingga asupan kalori dan lemak yang tidak perlu tidak tertimbun dalam tubuh.

  1. Konsumsi banyak buah dan sayur

Buah dan sayur adalah faktor pendukung utama sebagai makanan sehat untuk diet ladies. Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang berperan penting dalam membakar lemak di tubuh. Cukup ganti menu makanan ladies dengan sayur dan buah tiap hari seperti salad buah atau sup saat makan siang atau malam akan membuat perut cepat kenyang dan menyehatkan tentunya. Buah dan sayur juga dapat menjadi pengganti cemilan saat lapar darurat.


  1. Hindari makanan dan minuman berkalori tinggi

Untuk mengenyangkan perut, mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalori juga bukanlah jawaban yang tepat. Ladies hanya perlu makanan yang berserat tinggi namun rendah kalori dan lemak. Kenali menu makanan rendah kalori dan lemak yang bisa ladies konsumsi, seperti kurangi dalam mengkonsumsi nasi putih, kentang, daging, atau gorengan. Saat haus, sebaiknya hindari minuman manis dan bersoda seperti sirup, cola, atau cokelat. Biasakan banyak minum air putih, air jeruk nipis, jus buah atau sayur, atau cara diet dengan infused water.

  1. Perbanyak konsumsi serat

Cara cepat menurunkan berat badan tanpa diet yang tepat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Makanan yang berserat tinggi baik untuk kesehatan pencernaan ladies. Tidak hanya berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme, juga menahan rasa kenyang diperut lebih lama. Konsumsi makanan berserat namun rendah kalori dan lemak tiap hari untuk mengganti energi dalam tubuh seperti roti, biji – bijian, sayur, dan buah.

  1. Konsumsi cemilan berprotein tinggi

Setelah makan, perut akan terasa kenyang paling lama 3-4 jam saja. Setelah itu perut akan mulai lapar kembali meski belum waktunya makan, sehingga memaksa kita untuk ngemil sebagai penambal rasa lapar. Kebanyakan akan memilih snack atau cemilan mengandung gula atau berkalori seperti cokelat, permen, atau kue. Ganti cemilan ladies dengan makanan sehat yang berserat dan berprotein tinggi namun rendah lemak seperti yogurt, biji – bijian, kacang, telur, dan buah – buahan. Makanan berprotein tinggi efektif dalam membakar lemak dan memberi energi bagi tubuh.

  1. Sering memasak di rumah

Cara diet aman yang paling tepat dilakukan yaitu dengan mengatur menu makanan yang dikonsumsi. Makan di restoran juga tidak dapat menjamin nutrisi dan asupan yang dibutuhkan untuk diet, cara paling aman yaitu dengan memasak sendiri dirumah sehingga ladies dapat mengontrol sendiri kadar kalori dan lemak dari makanan yang akan dikonsumsi. Membawa bekal ke kantor atau saat diluar juga merupakan pilihan yang tepat dibanding harus makan di kantin atau restoran. Jika ladies terpaksa untuk makan di luar, usahakan untuk minum air putih terlebih dahulu untuk mengotrol kalori yang masuk.

  1. Mengganti bahan makanan dengan yang berlemak rendah

Saat ladies mencoba memasak dirumah, usahakan gunakan bahan – bahan yang juga rendah lemak dan kalori, karena yang menambah kalori pada makanan juga disebabkan oleh penggunaan bahan makanan yang juga tinggi kalori dan lemak. Gunakan bahan – bahan seperti mayonaise rendah lemak atau mustard di roti, saus tomat, selai kacang untuk sandwich, campurkan susu di kopi, keju dalam salad, atau mengganti nasi dengan ubi.

  1. Hindari makanan yang terlalu matang

Saat memasak, usahakan jangan terlalu mentah atau matang. Makanan yang terlalu matang tidak akan ada nutrisi yang tersisa sehingga hanya akan menjadi sampah didalam tubuh. Makan makanan yang dikukus, rebus, atau panggang lebih baik dibanding dengan yang digoreng. Imbangi dengan sayuran dan buah – buahan untuk menambah nutrisi jika makanan terlalu matang dimasak.

  1. Kunyah makanan secara perlahan

Saat makan tidak boleh terburu – buru karena dapat tersedak atau sakit perut. Quotes itu bukanlah tanpa makna, karena dengan makan terburu – buru makanan yang ladies makan tidak tercerna dengan baik sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan. Mengunyah makanan secara perlahan di mulut dapat mengurangi kadar kalori dari makanan yang ladies konsumsi, juga membuat perut cepat kenyang sehingga dapat mengurangi ukuran porsi makan ladies.

  1. Konsumsi ramuan tradisional

Ramuan tradisional dipercaya lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan obat – obatan karena lebih alami tanpa efek samping. Minum ramuan tradisional seperti teh hijau, campuran jahe dan madu, campuran jeruk nipis dan jahe, dll minimal 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur malam efektif untuk membakar kalori, melancarkan metabolisme, dan sebagai antioksidan.

  1. Lebih sering berjalan kaki

Saat ladies masih dalam program diet, berolahraga secara rutin sangat dianjurkan. Berolahraga lebih cepat membantu membakar lemak dalam tubuh dan membuat tubuh lebih fit. Olahraga secara teratur dengan pola makan yang baik untuk diet akan menyempurnakan program diet ladies dan mempertahankan bentuk tubuh ideal ladies. Jika ladies tidak punya waktu untuk berolahraga, cukup dengan sering berjalan kaki juga dapat membakar kalori. Mau ke kampus, kantor, atau kemana saja lebih banyak berjalan kaki maka lebih baik.

  1. Tidur secara teratur

Tidur dipercaya merupakan cara diet alami bagi tubuh. Tidur memungkinkan tubuh untuk bekerja lebih keras dalam membakar lemak. Saat tubuh tidur, sistem pencernaan bekerja untuk mencerna makanan yang sudah masuk dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah, metabolisme, dan memecah lemak. Tidur yang cukup kurang lebih 8 jam dalam sehari akan menenangkan pikiran, menghindari dari setres dan menjaga kesehatan jantung. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon insulin yang mencegah penurunan berat badan dan berefek samping terkena penyakit anemia, insomnia, dan mudah lelah.

  1. Mencari hiburan yang menyenangkan

Saat beraktivitas, kelelahan menjadi pemicu rasa setres yang mengundang rasa lapar. Untuk itu carilah hiburan yang menyenangkan yangn membuat ladies dapat tertawa. Tertawa merupakan obat yang pas dalam menenangkan pikiran. Selain itu, tertawa bisa disebut sebagai olahraga ringan yang dapat mengencangkan otot perut, meningkatkan sirkulasi darah dan denyut jantung, serta efektif dalam membakar kalori. Selain tertawa, kegiatan sehari – hari seperti bernafas juga dapat membakar kalori. Bernafas dengan diafragma yaitu menghirup udara dari hidung dan dikeluarkan melalui mulut lebih efektif melatih otot – otot perut dan memberi oksigen lebih banyak ke otak.

Itulah beberapa cara cepat menurunkan berat badan tanpa diet yang dapat ladies coba lakukan. Inti dari diet ini adalah mengubah pola makan sehat ladies secara perlahan. Meskipun membutuhkan waktu yang agak lama, namun lebih dapat diterima oleh tubuh untuk mendapatkan tubuh ideal dan mempertahankannya secara permanen.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!