Terbukti Efektif! 17 Cara Diet yang Baik untuk Pria yang Wajib Dicoba

pola-makan-pria-dewasaTidak hanya wanita yang mendambakan tubuh langsing ideal, pria juga banyak yang menginginkan tubuh ideal dan berotot. Tapi tidak banyak media yang memberikan tips dan cara diet yang baik untuk pria. Karena metabolisme pada pria lebih mudah terjadi dibanding pada wanita karena hormon pria yang tinggi.

ads

Padahal pria umumnya memiliki nafsu makan yang sangat tinggi, sekali makan bisa mencapai 3-4 porsi. Lalu bagaimana cara diet yang benar untuk pria? Apakah sangat berbeda dengan wanita? Berikut adalah cara diet yang baik untuk pria, diantaranya :

  1. Menentukan pola diet alami setiap hari

Pola diet untuk pria lebih mudah dilakukan dibanding wanita, karena pria cenderung tidak memilah – milah makanan dibanding wanita, yang penting kenyang. Namun, justru itulah yang membuat pola makan pria tidak terkontrol. Berikut adalah pola diet untuk pria yang dapat dicoba untuk cara diet ampuh, diantaranya :

  • Pada hari pertama, selain makan seperti biasa cobalah untuk meminum air hangat atau air jeruk nipis setiap pagi sesudah bangun tidur. Dilanjut dengan olahraga atau jogging ringan 15-30 menit, dan sarapan dengan makanan yang mengandung protein dan serat seperti telur, daging rendah lemak, ikan, atau sosis. Atau diganti dengan memperbanyak konsumsi buah – buahan dan air putih.
  • Pada hari kedua, perbanyak konsumsi sayur – sayuran dengan roti gandum seperti salad atau sandwich. Hindari olahan sayur yang digoreng, cukup direbus atau dibuat soup.
  • Pada hari ketiga, makan makanan berserat tinggi dan kurangi konsumsi karbohidrat. Makan pisang atau apel saat sarapan, dapat juga makan sereal gandum dan susu tanpa lemak.
  • Pada hari keempat, dapat mengkombinasikan antara sayur dan buah, serta mengkonsumsi protein lebih sering. Buah dan sayur dapat dibuat jus atau milkshake. Jus yang dibuat dapat berupa campuran air jeruk nipis atau lemon dengan madu, jus pisang, jus apel, atau jus semangka.
  • Pada hari kelima, boleh mengkonsumsi nasi namun dalam porsi kecil atau Cuma satu mangkuk kecil dengan lauk telur rebus atau sosis. Perbanyak minum air agar lebih cepat kenyang.
  • Pada hari keenam, perbanyak makan protein saat sarapan dan buah – buahan, saat makan siang boleh mengkonsumsi nasi dalam jumlah kecil dengan lauk daging tanpa lemak. Anda juga dapat mengganti nasi dengan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat namun rendah kalori seperti beras merah, gandum, atau sereal.
  • Pada hari ketujuh, konsumsi nasi atau ubi dalam porsi kecil dan ikan, dengan sayur soup. Saat malam hari konsumsi hanya protein dan buah – buahan. Lakukan pola makan tersebut berulang – ulang untuk beberapa minggu dan rutin mengecek perubahan berat badan anda.
  1. Perbanyak konsumsi protein

Pria tergolong lebih banyak makan dibanding wanita. Pria tidak banyak ngemil, tapi sekali makan dapat nambah hingga beberapa porsi, sehingga kalori yang masuk untuk sekali makan sangat besar. Untuk itu, cara diet yang tepat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan berat badan seperti makanan berprotein dan berserat.

Ganti makanan berkarbohidrat anda seperti nasi, kentang, atau roti dengan makanan berprotein seperti telur, daging tanpa lemak, ayam tanpa lemak, oat meal, gandum, sea food, sosis, kacang – kacangan, gandum, buah dan sayur, serta susu tanpa lemak. Kandungan protein dalam makanan tersebut tidak hanya mengenyangkan, juga memberi energi pas buat anda tanpa perlu mengkonsumsi karbohidrat. Makan telur dengan daging tanpa lemak atau ikan setiap hari akan menjadi nutrisi yang dibutuhkan saat diet untuk anda. 


  1. Kurangi porsi makan

Pria lebih jarang makan dibanding wanita, namun sekalinya makan porsi makanan bisa 3-4 kali. Mulailah untuk mengatur waktu makan yang tepat setiap hari, makan lebih sering lebih baik. Namun porsi makan perlu dikurangi setengahnya, yang tadinya makan 3-4 porsi sekali dikurangi menjadi 1-2 porsi saja.

Gunakan piring kecil atau mangkuk setiap mengambil makanan agar lebih terkontrol. Kurangi waktu makan diluar, walau pria biasanya lebih suka hangout bareng, karena asupan makanan yang dikonsumsi akan lebih sering tidak terkontrol daripada saat makan dirumah. Membawa bekal saat ke kantor juga pilihan yang tepat untuk membantu program diet anda.

  1. Mengatur waktu makan

Berat badan pada pria lebih sering terjadi karena pengaturan waktu makan yang kurang tepat. Pria makan lebih jarang namun lebih banyak. Buatlah aturan makan saat diet agar lebih sering 4-5 kali sehari namun dalam porsi setengah. Lebih sering makan akan lebih mengeyangkan dan efektif untuk diet alami anda. Sarapan sebelum jam 7 pagi akan lebih baik untuk program diet anda. Sarapan lebih awal dapat mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan serat yang ampuh dalam menghancurkan lemak dan mengenyangkan perut. Konsumsi buah dan sayur baik untuk kesehatan dan mencegah dehidrasi. Buah dan sayuran untuk diet yang perlu anda konsumsi seperti semangka, pisang, apel, jambu biji, jeruk, pepaya, brokoli, kubis, kol, bayam, lobak, daun ubi jalar, dll.

  1. Minum air putih lebih sering

Air putih tidak hanya berperan dalam mencegah dehidrasi, tapi juga membantu meningkatkan metabolisme dan melancarkan sistem pencernaan. Pencernaan yang lancar dapat membantu membuang sisa zat – zat makanan dalam tubuh, mengeluarkan racun, dan meluruhkan lemak. Minum air minimal 8 liter setiap hari untuk kesehatan tubuh dan kelancaran diet anda. 

  1. Selalu minum sebelum makan

Banyak minum air akan mempercepat metabolisme dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Minum segelas air sebelum makan dapat mempercepat mengenyangkan perut sehingga mengontrol porsi makan anda.

  1. Hindari makanan junk food dan makanan instan

Makanan cepat saji dan junk food tidak hanya buruk bagi kesehatan, juga mengandung banyak kalori. Pria biasanya malas untuk masak apalagi saat sendirian, makan diluar juga kurang efektif karena asupan nutrisi tidak akan terkontrol, sehingga banyak yang beralih pada makanan cepat saji dan instan seperti burger, ayam goreng, atau mie instan.

Kurangi mengkonsumsi makanan junk food terutama bagi anda yang melakukan program diet untuk obesitas. Hindari juga gorengan dan masakan mengandung minyak yang dapat meningkatkan kolesterol. Walau harus beli diluar, pilih makanan yang mengandung protein dan serat tinggi yang dimasak dengan direbus atau dipanggang.

  1. Kurangi mengkonsumsi yang manis – manis

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis – manis dapat meningkatkan gula darah anda dan beresiko terkena diabetes, serta meningkatkan kalori tubuh. Hindari makanan manis – manis seperti kue, permen, donat, atau soda.

  1. Konsumsi makanan mengandung lada

Makanan yang mengandung lada atau merica selain pedas dimulut, tapi juga ditubuh. Pedasnya mampu membakar lemak di perut terutama saat tidur dimalam hari. Tapi mengkonsumsi banyak makanan pedas juga tidak dianjurkan karena beresiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan maag. Selain itu, makanan pedas juga mampu meningkatkan nafsu makan.

  1. Minum air jeruk nipis di pagi hari

Cara diet dengan jeruk nipis terkenal dapat menghancurkan lemak, kandungan vitamin C dan asam sitratnya berperan dalam melancarkan pencernaan dan menyerap lemak dalam tubuh anda. Minum air perasan jeruk nipis setiap pagi setelah bangun tidur dapat membakar lemak dari makanan yang dikonsumsi hari sebelumnya. Rutin minum perasan jeruk nipis dalam seminggu, dapat menurunkan berat badan 2-3 kg.

  1. Konsumsi air kelapa lebih sering

Air kelapa sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya sebagai cara diet yang baik untuk pria. Air kelapa dapat memberi energi tambahan dengan meningkatkan ion tubuh dan mencegah dehidrasi. Kandungan vitamin B dalam air kelapa dapat mengurangi rasa lapar. Minum air kelapa secara rutin minimal 1 kali sehari dapat melancarkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.

  1. Perbanyak bergerak

Pria lebih mudah berkeringat dibanding wanita, sehingga dengan lebih banyak bergerak dapat lebih memaksimalkan pembakaran lemak ditubuh. Perbanyak bergerak kemanapun, dimanapun, dan kapanpun anda berada. Berjalan saat ke kampus atau ke kantor, naik turun tangga, atau berkeliling – keliling rumah juga sangat dianjurkan. Penelitian membuktikan bahwa sering terkena paparan sinar matahari juga dapat membantu membakar kalori dan mempercepat metabolisme untuk cara diet cepat kurus anda.

  1. Selalu semangat dan kurangi setres

Semangat dan bermotivasi dalam menjalankan diet merupakan faktor penting. Selalu berpikiran positif bahwa program diet anda akan berhasil. Hindari pikiran setres yang membebani baik saat bekerja atau aktivitas lain, karena pikiran setres dapat mengganggu pola diet anda.


  1. Olahraga dengan teratur

Berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari meskipun hanya sebentar akan sangat efektif untuk membakar lemak anda. Olahraga rutin juga membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh. Anda bisa berolahraga ringan seperti latihan kardio selama 15-30 menit, misalnya gerakan senam untuk menurunkan berat badan, jogging, bersepeda, atau sekedar jalan kaki. Melakukan aktivitas seperti berenang, bermain basket, dan olahraga lain juga sangat membantu.

  1. Tidur lebih teratur

Pria suka untuk begadang dan tidur larut malam, padahal tidur tidak teratur dapat membuat berat badan menjadi naik. Tidur tepat waktu dapat mengganggu metabolisme tubuh dan meningkatkan hormon insulin dalam tubuh yang berperan dalam mempercepat rasa lapar sehingga membuat anda makan banyak.

Tidur dalam ruangan ber AC atau saat suhu dingin juga efektif dalam menurunkan berat badan anda. Saat suhu ruangan rendah dapat membuat tubuh bekerja lebih keras dalam membakar lemak untuk menghangatkan suhu tubuh.

  1. Membuat daftar jadwal diet harian

Agar program diet anda lebih teratur, buatlah jadwal harian mencakup menu makanan sehat untuk diet dan pola makan yang perlu dikonsumsi setiap hari, jadwal olahraga, hingga jadwal tidur. Membuat jadwal harian akan lebih membuat diet anda lebih teratur, dan jangan sampai bermalas – malasan.

Demikian cara diet yang baik untuk pria yang dapat anda coba. Komitmen dan semangat pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan diet anda. Cara – cara ini dapat dengan mudah dilakukan, dan lengkapi cara diet alami anda dengan mengkonsumsi susu penurun berat badan tanpa lemak untuk meningkatkan massa otot anda.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!