Yuk Intip 3 Cara Memasak Oatmeal untuk Diet Dijamin Enak dan Menyehatkan

Banyak yang percaya khasiat oatmeal untuk diet bisa membantu menurunkan berat badan. Teori ini sebenarnya bisa menjadi kenyataan karena tubuh akan mencerna oatmeal dalam waktu yang cukup lama, sehingga bisa membuat anda menjadi kenyang lebih lama.

ads

Khasiat yang dimiliki oatmeal hampir sama dengan khasiat gandum untuk diet. Sebagai makanan rendah kalori yang mengenyangkan, oatmeal juga akan meningkatkan energi anda dan menahan godaan untuk ngemil. Semua manfaat ini bisa anda dapatkan jika memasak oatmeal dengan cara yang benar.

Beberapa cara memasak oatmeal untuk diet yang harus anda ketahui agar tidak merusak gizi di dalam oatmeal adalah:

  • Memasak Oat Rolled atau Oat Gulung

Cara memasak oatmeal untuk diet ini merupakan cara yang paling kuno atau paling lama digunakan dalam proses memasak oat. Cara dan bahan yang digunakan juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan 1 cangkir oatmeal gulung dan 2 gelas air. Anda bisa mengganti air tersebut dengan susu tanpa atau rendah lemak. Anda juga bisa mengombinasikan antara susu dan air.

Setelah menyiapkan bahan, anda bisa memasukan oatmeal dan air atau susu ke dalam panci sedang. Setelah itu, masak bahan ini hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan mendidih sekitar 5 menit.

Kemudian, anda bisa mengangkat adonan ini dan mendiamkannya selama sekitar 2 menit. Terakhir, sajikan oatmeal bersama dengan buah untuk diet atau sayuran untuk diet kesukaan anda.

  • Memasak Quick Cooking Oats atau Oatmeal Cepat Saji

Saat ini cara memasak oatmeal untuk diet tidak terlalu menyulitkan karena sudah banyak oatmeal instan yang memudahkan semuanya. Meskipun instan, anda bisa tetap mendapatkan khasiat oat untuk diet dengan cara memasak yang benar.

Bagi anda yang membeli oatmeal instan, anda bisa memasaknya hanya dengan menggunakan 2 gelas air, susu, atau kombinasi keduanya. Cukup didihkan air di dalam panci berukuran sedang.  Setelah air mendidih, masukan oatmeal.

Lalu, kecilkan api dan didihkan oatmeal tersebut selama sekitar 1 menit. Anda bisa mengaduknya sesekali agar matangnya merata. Terakhir, angkat oatmeal dari atas kompor dan diamkan selama sekitar 30 detik sambil ditutup. Anda sudah bisa menyajikan oatmeal yang anda masak ini.

  • Memasak Steel-Cut Oats

Bagi anda yang membeli oatmeal jenis Steel-Cut Oats, cara memasak oatmeal untuk diet jenis ini tidak terlalu berbeda dengan oatmeal lainnya. Resep oatmeal diet enak dengan menggunakan oatmeal ini juga bisa anda dapatkan dengan mudah.


Untuk memasak 1 gelas Steel-Cut Oats, anda bisa menyiapkan 3 gelas air. Lalu, campurkan dua bahan ini di dalam panci berukuran besar. Didihkan di atas api sedang. Tutup panci dan didihkan oatmeal selama 25 hingga 30 menit hingga oatmeal lunak.

Karena oatmeal memiliki ukuran yang besar, maka anda membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. Setelah sebagian besar air terserap, angkat oatmeal dan biarkan dalam panci tertutup selama 5 menit. Setelah itu, oatmeal bisa disajikan.

Mengonsumsi oatmeal merupakan pilihan cara diet tanpa makan nasi yang tepat untuk anda. Sebagai contoh makanan karbo komplex pastikan anda memasak oatmeal dengan cara yang benar. Jika anda memasaknya dengan benar, maka oatmeal bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh anda. Memasak dan mengonsumsi oatmeal dengan tepat merupakan cara diet yang benar untuk memastikan tubuh anda tetap sehat dan bugar.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan