15 Persepsi Yang Salah Tentang Diet dan Wajib Untuk Diketahui

Persepsi yang Salah Tentang Diet dapat membuat orang juga salah mengartikan tentang diet yang sesungguhnya. Kelebihan berat badan merupakan hal yang sangat ditakuti oleh semua orang, khususnya para kaum hawa. Pengertian diet sendiri yaitu mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi agar berat badan turun sesuai yang diinginkan. Akan tetapi , biasanya orang salah dalam melakukan diet. Sehingga menyebabkan diet yang dilakukan tidak berhasil dan akan berdampak menimbulkan beberapa penyakit. Adapun persepsi-persepsi yang salah mengenai diet tersebut.

ads

Persepsi yang Salah Tentang Diet

Baca juga :

1. Sarapan Pagi Membuat Gemuk

Sarapan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh , karena dengan sarapan di pagi hari mampu memberikan energi  sehingga tubuh dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Energi dapat diperoleh dari unsur karbohidrat, protein dan lemak , dimana unsur tersebut digunakan untuk proses metabolisme di dalam tubuh . Setiap tubuh , memerlukan energi dari sarapan tersebut , akan tetapi beberapa persepsi yang ada dalam melakukan diet justru banyak yang berpendapat bahwa tidak sarapan akan membuat tubuh menjadi kurus.

Hal tersebut tidaklah benar , jika kita tidak sarapan justru akan menyebabkan diet yang dilakukan akan gagal , karena disaat tidak sarapan tubuh tidak ada pemasukan energi dari karbohidrat, lemak ataupun protein , hal itu membuat metabolisme didalam tubuh akan melambat. Pada saat sistem metabolisme tubuh melambat , akan menyebabkan proses pembakaran energi dari karbohidrat, lemak dan protein juga lambat , hal tersebut akan membuat tubuh susah menyerap energi tersebut dan mengakibatkan adanya penumpukan lemak. Jika kita ingin melakukan diet maka harus memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh terlebih dahulu contoh kecilnya yaitu membiasakan sarapan di pagi hari. (Baca juga : Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet  )

2. Olahraga Berlebihan Membuat Cepat Kurus

Diet sering dikaitkan dengan aktivitas olahraga , dimana selain untuk menurunkan berat badan olahraga juga mempunyai manfaat lainnya , seperti mampu melancarkan peredaran darah , menjaga kesehatan jantung , membuat tubuh lebih vit dan sehat , mampu terhindar dari penyakit , meningkatkan proses metabolisme, meningkatkan sistem imun dan masih banyak lagi. Akan tetapi seseorang yang melakukan diet , seringkali salah persepsi mengenai aktivitas olahraga bahwa semakin banyak kita melakukan olahraga akan membuat tubuh cepat kurus.

Hal tersebut tidaklah benar, karena setiap apa yang kita lakukan secara berlebihan itu tidak baik untuk tubuh. Pada saat kita melakukan olahraga berlebihan , tubuh akan mengalami kelelahan dimana pada saat kelelahan akan membuat tubuh membutuhkan asupan energi yang banyak sehingga membuat kita untuk makan banyak , selain itu organ didalam tubuh juga akan bekerja tanpa henti yang akan mengakibatkan kerusakan. (Baca juga : Alasan Orang Melakukan Diet )

3. Karbohidrat Membuat Gemuk

Karbohidrat merupakan zat penting di dalam tubuh dimana karbohidrat mempunyai peran sebagai sumber energi , pemberi rasa manis pada makanan, sebagai penghemat protein, sebagai pengatur metabolisme lemak, untuk membantu pengeluaran feses dan lain-lain. Meskipun karbohidrat sangat berperan dan mempunyai banyak manfaat akan tetapi banyak orang yang mempersepsikan tidak makan karbohidrat akan membuat tubuh kurus.

Hal tersebut justru akan menimbulkan beberapa masalah pada tubuh antara lain mudah terkena penyakit jantung dan diabetes , menyebabkan tubuh cepat letih dan lesu, kerja metabolisme turun dan mudah terkena depresi. Melakukan diet sehat , dianjurkan untuk tetap menjaga asupan makanan dengan memenuhi nutrisi yang diperlakukan salah satunya yaitu karbohidrat. (Baca juga : Manfaat Jahe Merah Dan Madu Untuk Diet )

4.Mengkonsumsi Lemak Membuat Gemuk

Lemak merupakan salah satu zat yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk , akan tetapi jika dikonsumsi denga benar atau sesuai dengan takarannya lemak akan mempunyai manfaat yang lain bagi tubuh antara lain sebagai sumber energi, sebagai pelarut vitamin, sebagai penyusunan membrane sel dalam tubuh, sebagai bahan penyusun hormon seks, asam kholat dan masih banyak lagi. Saat melakukan diet tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak ini , karena pada dasarnya kebutuhan energiantara lemak , karbohidrat, dan protein harus tetap ada guna meningkatkan proses metabolisme tubuh. Meskipun lemak harus tetap dikonsumsi saat diet , dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara bicaksana dan tidak berlebihan.

5. Garam Membuat Gemuk

Saat melakukan diet banyak orang berasumsi bahwa tidak mengkonsumsi garam akan membantu menurunkan berat badan dalam tubuh akan lebih cepat. Hal tersebut tidak benar , memang saat kita tidak mengkonsumsi garam maka berat badan turun akan tetapi disini bukanlah lemak didalam tubuh yang turun melainkan volume air di dalam tubuh yang berkurang sehingga tubuh akan mengalami lemas , letih , lesu dan dehidrasi. Fungsi garam didalam tubuh yaitu mempertahankan atau menyimpan konsentrasi air di dalam tubuh. Maka dianjurkan seseorang yang sedang menjalankan program diet tetap mengkonsumsi garam secukupnya. (Baca juga :  Kesalahan Dalam Diet  )

6. Gemuk Karena Keturunan Sulit Menurunkan Berat Badan

Seseorang yang terlahir dari orang tua yang berlebihan berat badan biasanya juga memiliki masalah kelebihan berat badan. Memang benar keturunan genetik juga mempengaruhi juga akan tetapi itu hanya sekitar 20% saja pengaruhnya.Banyak yang mepersepsikan seseorang yang kelebihan berat akan sulit untuk menurunkannya. Hal ini tidak selalu benar , karena saat seseorang melakukan diet yang benar dan tepat maka proses penurunan berat badan pun tidak sia sia. Jadi, meskipun seseorang yang kelebihan berat badan karena keturunan tetap bisa menurunkan berat badan , akan tetapi dengan diet yang tepat. (Baca juga :  Cara Diet Saat Bulan Puasa )

7. Makan Buah Yang Banyak Akan Cepat Kurus

Buah sangat baik untuk kesehatan bagi tubuh , karena banyak menngandung , serat , air , mineral dan vitamin. Selain itu buah sangat digemari beberapa orang karena memberikan rasa segar di dalam tubuh. Akan tetepi mengkonsumsi buah secara berlebihan akan menimbulkan beberapa masaah antara lain meningkatkan gula dalam darah sehingga akan mnumpuk dan menyebabkan diabetes, hal tersebut dapat terjadi karena didalam buahmengandung banyak gula. Maka dari itu dianjurkan saat melakukan diet tetap mengkonsumsi buah akan tetapi sesuai dengan porsi dan kebutuhan di dalam tubuh . (Baca juga :  Cara Diet Penderita Maag   )

8. Makan Malam Akan Menggagalkan Diet

Makan merupakan salah satu kebutuhan untuk tubuh karena dari apa makanan tersebutlah akan memberikan energi yang berperan sebagai sumber energi. Terdapat 3 waktu saat kita makan yaitu di pagi hari, siang hari dan mala hari. Akan tetapi banyak yang berasumsi makan disaat malam hari akan membuat tubuh menjadi gemuk. Hal tersebut tidaklah benar , karena pada saat malam hari tubuh memerlukan energi untuk proses metabolisme saat istirahat , dimana proses metabolisme disaat istirahat akan bekerja secara maksimal dengan asupan energi yang cukup. Meskipun sedang melakukan diet , dianjurkan untuk tetap makan pada malam hari dengan sesuai porsi yang dibutuhkan. (Baca juga :  Cara Diet Vegetarian  )

9. Banyak Minum , Badan Cepat Kurus

Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk tubuh , karena tubuh memerlukan air untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh dan untuk melarutkan vitamin. Akan tetapi banyak orang yang berasumsi minum air sebanyak-banyaknya akan menguruskan badan . Hal tersebut tidak benar karena kelebihan mengkonsumsi air justru akan mengakibatkan masalah antara lain mengganggu fungsi ginjal, pembengkakan sel-sel darah , menguras kandungan kalium dan masih banyak lagi. Jadi saat diet maupun tidak diet dianjurkan untuk meminum air secara tidak berlebihan yakni 8 gelas dalam sehari.

10. Makanan Ringan Membuat Perut Bergelambir

Makanan ringan seringkali dikaitkan dengan diet , banyak yang berasumsi makanan ringan membuat perut bergelambir karena banyak mengandung lemak jahat. Akan tetapi hal tersebut tidak selalu benar , jika dalam mengkonsumsinya dilakukan dengan cara yang tepat sesuai porsi yang tepat. Jadi meskipun sedang melakukan program diet tetap dianjurkan memakan makanan ringan , karena dalam proses metabolisme dalam tubuh membutuhkan komponen lemak untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh tersebut. Dimana sistem metabolisme dalam tubuh yang meningkat mampu membantu menurunkan berat badan.


11. Air Es Bisa Membuat Gemuk 

Persepsi yang Salah Tentang Diet bahwa meminum air es akan membuat diet gagal. Hal tersebut tidak benar , yang membuat gemuk bukanlah air es melainkan campuran yang diberikan di air es tersebut misalnya sirup, gula dan lain sebagainya.Jadi tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi air es sat diet , asalkan tidak dicampurkan bahan-bahan tambahan yang justru akan meningkatkan asupan glukosa yang akan menyebabkan menumpuknya kadar gula didalam tubuh sehingga mengakibatkan kegemukan.

12. Minum Jenis Olahan Susu Membuat Gemuk

Persepsi mengenai susu dapat menyebabkan kegemukan sangat tidak sesuai , karena susu mengandung banyak protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh . Dengan mengkonsumsi olahan susu kebutuhan kalsium tubuh akan terpenuhi sehingga proses kontraksi di dalam otot saat kita melakukan aktivitas akan semakin lancar. Susu juga mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme.

13. Makan Dengan Porsi Sedikit Dapat Menghambat Obesitas

 Diet diartikan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan , akan tetapi hal tersebut sering disalahartikan dimana makan dengan porsi sedikit dapat menghambat obesitas . Kata mengurangi maksudnya mengkonsumsi makanan yang secukupnya sesuai kebutuhan nutrisi dan energi di dalam tubuh. Jika kita makan porsi sedikit justru akan meningkatkan masalah obesitas, karena jika tubuh diberi asupan makanan yang sedikit maka tubuh sudah nyaman di posisi tersebut di lain waktu kita makan banyak , tubuh tidak mampu menyerap makanan yang kita makan. Hal tersebut justru akan membuat lemak menumpuk sehingga akan meningkatkan masalah obesitas.

14. Makan Salad Dapat Menurunkan Berat Badan

Sayuran memang sangat baik bagi tubuh , lalu bagaimana persepsi mengenai makan salad dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut tidak benar , meskipun sayur atau salad baik untuk tubuh apabila dikonsumsi berlebihan justru akan menyebabkan berbagai masalah. Karena tubuh tidak hanya membutuhkan nutrisi dari sayuran saja melainkan membutuhkan lemak ,karbohidrat , dan protein. Maka dianjurkan pada saat diet salad digunakan sebagai tambahan menu untuk sehari-hari dalam porsi yang secukupnya.

15. Diet Ekstrim Dapat Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Saat melakukan diet , seseorang berfikiran untuk menurunkan diet dalam jangka yang pendek dan memutuskan untuk melakukan diet yang ekstrim seperti diet tanpa garam , karbohidrat dan lain-lain. Diet yang ekstrim justru akan menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi . Semua organ di dalam tubuh akan tidak bekerja secara maksimal karena kekurangan nutrisi. Sebaiknya jika melakukan diet pilihlah diet yang benar dan sehat dengan mengatur pola makan dan olahraga teratur.

Baca juga :

Penjelasan diatas beberapa persepsi-persepsi yang salah mengenai diet yang salah sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah. Diharapkan informasi ini mampu memberikan pengetahuan mengenai diet yang tepat dan secara sehat sehingga menimbulkan efek yang positif untuk tubuh kita.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet