12 Bahaya Diet Mayo yang Berlebihan untuk Kesehatan (#Wajib di Hindari)

Bahaya Diet Mayo harus benar-benar anda perhatikan karena dapat dengan mudah merusak diet anda apabila anda melakukannya. Berat badan yang berlebih tentunya menjadi keluhan banyak orang karena bentuk tubuh yang tidak enak untuk dipandang. Selain itu juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti adanya penyakit obesitas. Dengan demikian, semakin banyak pula orang yang mencoba melakukan  diet dengan berbagai metode untuk menurunkan berat badan mereka. Metode-metode tersebut dapat dilakukan sesuai selera atau sesuai kebutuhan. Salah satu metode diet itu adalah diet mayo yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. (Baca juga: Cara Diet Mayo)

ads

Namun, sebelum kami jelaskan bagaimana bahaya dari diet mayo, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu mengenai diet mayo. Diet mayo merupakan salah satu program diet yang sudah banyak orang yang melakukan salah satunya di Indonesia karena metodenya yang cukup efektif. Metode ini dapat dilakukan siapapun tanpa adanya batasan usia. Hal inilah yang merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang yang senang melakukan metode ini. (Baca juga: manfaat buah lemon untuk diet)

Metode ini telah diperkenalkan pertama kali oleh mayoclinic.org yang merupakan salah satu portal kesehatan di Amerika Serikat yang sudah berdiri 15 tahun lebih. Metode ini pun juga sudah lulus uji dari beberapa pakar diet. Penerapan program diet ini pun sangat cepat yaitu hanya membutuhkan 13 hari saja, jika melakukannya dengan konsisten maka dapat menurunkan berat badan hingga 8 kilogram lebih.

Bahaya Diet Mayo

Diet mayo adalah salah satu metode diet yang sedang ngetren pada saat ini, yang di perkenalkan untuk pertama kalinya oleh mayoclinic.org yang merupakan portal kesehatan ternama di negara Amerika Serikat dan telah berdiri lebih dari 15 tahun. Program diet ini telah teruji dalam berbagai penelitian dan juga studi. Salah satu ciri khas yang mencolok dari metode diet ini adalah menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Selain itu, masih terdapat aturan penting lainnya yaitu di larang mengonsumsi air es dan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Penerapan Diet ini di lakukan hanya selama 13 hari, dan jika di lakukan secara terus menerus maka mampu menurunkan berat badan 7 kg sampai dengan 13 kg. (Baca juga: Minuman Sehat untuk Diet)

Namun, program diet mayo ini ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini kami jelaskan beberapa bahaya diet mayo yang harus Anda ketahui. Sudah banyak kontroversi tentang diet mayo ini karena dampak buruknya. Berikut ini beberapa bahaya dari diet mayo:

Baca juga:

1. Kadar Gula Dalam Darah Naik

Bahaya yang paling menonjol ini adalah adanya kadar gula yang naik drastis pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kewajiban untuk mengkonsumsi buah dengan waktu yang sama, harus mengurangi asupan makanan lainnya. Saat ini sudah banyak orang yang pola makan buahnya tidak teratur, sehingga konsumsi buah pun dilakukan secara berlebihan. Di sinilah letak resiko diet mayo yang memungkinkan adanya kenaikan kadar gula dalam tubuh. Karena, diet mayo menganjurkan untuk mengkonsumsi jenis buah-buahan dan sayuran. (Baca juga: Pantangan dalam Diet)

2. Bahaya Bagi Penderita Diabetes

Dengan adanya bahaya kadar gula yang naik, maka diet mayo ini tidak dianjurkan untuk para penderita diabetes. Jika Anda sedang menderita penyakit diabet, ada baiknya Anda konsultasikan dahulu ke dokter ataupun ahli kesehatan agar Anda dapat menjalani program diet yang tidak membahayakan kesehatan Anda. Karena jika Anda salah menggunakan metode, bukannya diet, malah membuat kesehatan tubuh menjadi menurun. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah A)

3. Dehidrasi 

Metode mayo, diwajibkan untuk mengurangi makanan yang mengandung garam. Padahal garam merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Jika seseorang yang kekurangan garam, maka orang tersebut akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena garam mengandung osmosis yang mampu menyerap air dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh Anda akan berkurang secara signifikan. Namun, Anda akan mengalami penurunan kadar air yang berlebih, padahal air merupakan unsur terbesar dalam tubuh. Masih banyak orang yang belum mengerti mengenai hal ini bahwa menurunkan kadar garam dapat menurunkan kadar air dalam tubuh. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah B)

4. Mual

Ketika Anda menggunakan metode mayo untuk program diet, maka Anda akan sering mengalami rasa mual yang tinggi. Karena Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran tanpa makanan padat sedikitpun. Selain itu, hal ini juga diakibatkan rasa lapar yang lebih namun sering meminum air putih hingga kebanyakan dan perut terasa mual.  (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah O)

5. Kelelahan

Dengan adanya efek samping yaitu dehidrasi, maka Anda akan sering mengalami kelelahan pada tubuh Anda, karena energi dalam tubuh berkurang. Jika Anda sudah mulai mengalami bahaya ini, maka ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan atau dialihkan ke program diet yang lainnya. (Baca juga: Manfaat Buat Lemon untuk Diet)

6. Gangguan Tubuh

Sebenarnya garam merupakan zat yang mengandung unsur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika garam diturunkan secara berlebih, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Anda akan mengalami kekurangan zat yodium dan natrium dalam tubuh. Padahal kedua zat tersebut sangat penting bagi tubuh. (Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Cepat)

7. Mudah Mengantuk

Jika Anda mengalami kekurangan garam, maka tubuh akan terasa lelah dan membuat Anda sering mengantuk. Jangan dianggap sepele jika Anda mengalami rasa kantuk yang berlebih. Karena ini mungkin salah satu dampak dari kekurangan nutrisi dalam tubuh Anda. (Baca juga: Bahaya diet Ekstrim)

8. Mudah Depresi

Anda akan mengalami sulit kontrol emosi karena rasa lelah yang berlebih. Hal ini juga diakibatkan dari buaha-buaha yang berlebih yang membuat kadar gula naik dan membuat Anda darah tinggi. Sehingga Anda pun juga akan mengalami rasa depresi yang berlebih. (Baca juga: Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi)


9. Kejang-Kejang

Kekurangan nutrisi akan menyebabkan organ dalam tubuh tidak bekerja secara optimal. Hal ini dapat menimbulkan kejang-kejang pada diri Anda. Karena nutrisi yang kurang dalam tubuh, tapi kadar gula yang semakin naik, membuat tubuh Anda tidak bekerja secara optimal dan tubuh akan bekerja secara tidak teratur. (Baca juga: Makanan Diet Rendah Kalori)

10. Menimbulkan Koma

Jika Anda kekurangan asupan garam dan kadar gula yang berlebih, maka kesehatan tubuh akan menurun drastis. Sama halnya Anda bekerja secara ekstrim tanpa asupan energi yang tepat bagi tubuh. Hal ini akan menyebabkan terjadinya koma karena penurunan kesehatan tubuh yang drastis. (Baca juga: Makanan Sehat untuk Diet)

11. Fungsi Ginjal terganggu 

Diet mayo ini menganjurkan seseorang untuk menghapus gula dan garam di menu makanan setiap harinya, dan dampak yang terjadi adalah rusaknya fungsi ginjal. Kenapa bisa demikian? Karena seseorang akan menggantinya dengan asupan protein yang tinggi. Protein yang tinggi dan masuk kedalam tubuh ini akan mengganggu proses kinerja ginjal. Ginjal tidak dapat mengolah protein dan akan menumpuk di ginjal.

12. Naiknya Kadar Kolesterol 

Diet mayo juga menyebabkan kadar kolesterol naik dengan pesat. Hal ini terjadi karena tidak mengkonsumsi makanan yang sehat. Tidak melakukan olahraga dan juga minum-minuman keras dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu kolesterol juga dapat di picu karena kelebihan berat badan dan lemak menumpuk dalam tubuh.

Itulah beberapa bahaya dari diet mayo. Metode ini memang sangat lebih cepat dilakukan, namun juga sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Jika Anda ingin melakukan program diet yang baik, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan metode yang sesuai dengan Anda. (Baca juga: Menu Diet Food Combining)

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet