5 Cara Diet Dengan Buah Naga Merah Yang Benar dan Paling Ampuh

Cara diet dengan buah naga selain enak dikonsumsi ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, selain itu buah naga juga ternyata dapat menurunkan berat badan. Saat kita menjalankan program diet sangat disarankan diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah naga merupakan salah satu buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan mempercepat pembakaran lemak. Cara praktis saat melakukan diet yaitu mengkonsumsi buah naga, namun dapat juga buah naga di jadikan minuman seperti di jus.

ads

Baca juga:

Cara Diet Buah Naga

Cara Diet Buah NagaCara menurunkan berat badan dengan buah naga yaitu dengan memasukkan buah naga kedalam menu diet yang telah disiapkan. Anda dapat mengkonsumsi buah naga dengan cara langsung dimakan, di buat jus, atau pun dibuat minuman yoghurt dengan buah naga.

1. Buah Naga dan Yoghurt

Salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga yang dikombinasikan dengan yoghurt, minuman ini sangat baik untuk menurunkan berat badan. Dengan menambahkan yoghurt dengan buah naga maka akan memberikan pengaruh terhadap pembersihan usus atau dapat meningkatkan proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah naga dengan yoghurt maka akan mencegah sembelit, dan juga dapat mendorong racun yang dibuang dalam tubuh dengan cepat. Cara membuat buah naga dengan yoghurt yaitu:

  • Kupas buah naga, setelah itu potong kecil-kecil
  • Tuangkan kurang lebih 120ml yoghurt
  • Aduklah yoghurt bersama buah naga tersebut
  • Selain dengan yoghurt, bisa juga dicampur dengan madu alami, ataupun jus lemon.

Jika Anda masih merasa bingung menggunakan program diet apa, maka diet dengan buah naga dapat dicoba. Karena diet dengan buag naga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat, mineral, dan juga vitamin yang terdapat pada buah naga sangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. (Baca juga : Cara diet dengan labu silam)

2. Jus Buah Naga

jus buah nagaSelain dicampur dengan yoghurt, buah naga juga dapat dibuat menjadi jus. Adapun cara membuat jus naga yaitu sebagai berikut :

Bahan-Bahan :

  • 2 buah naga
  • 100 cc air
  • es batu
  • susu kental manis
  • gula rendah lemak

Cara Membuatnya :

  1. Kupas buah naga, setelah itu potong kecil-kecil
  2. Masukkan buah naga yang sudah dipotong, susu kental manis, 100 cc air, es batu, dengan gula secukupnya pada blender
  3. Blender semua bahan hingga tercampur rata
  4. Tuangkan jus kedalam gelas jus berukuran besar

Apabila Anda mengkonsumsi buah naga secara teratur maka akan ada banyak keuntungan yang dirasakan. Selain membantu menurunkan berat badan maka dapat juga mencegah berbagai macam penyakit. (Baca juga : cara diet mengecilkan pipi )

3. Smoothie Buah Naga Hijau

Nah selain dijadikan jus dan minuman yoghurt, cara yang ketiga yaitu menjadikan smoothies buah naga hijau. Smoothie buah naga hijau ini sangat mudah dibuat dan yang pasti mempunyai khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Smoothie buah naga hijau ini hanya mengandung kalori kurang lebih 250 hingga 350 kalori.

Bahan yang diperlukan 1 buah naga, 1 buah kiwi, 1 buah pisang dengan ukuran besar, 1/2 jeruk nipis, sayuran (bayam, selada, kale, atau pun sayuran hijau lainnya), dan air kelapa muda. Untuk cara pembuatannya yaitu sebagai berikut :

  • Kupas dan potong buah naga, buah kiwi, dan juga pisang
  • Potong sayuran hijau
  • Lalu masukkan potongan buah naga, kiwi, pisang, dan sayuran ke dalam blender
  • Tambahkan perasan 1/2 jeruk nipis
  • Tambahkan air secukupnya
  • Lalu mix seperti membuat jus biasanya
  • Smoothie buah naga hijau siap diminum

Ingat dalam membuat smoothie hijau ini tidak boleh menambahkan gula. Anda bisa menambahkan campuran ke dalam smoothie buah naga hijau dengan 1 sdm bubuk biji chia , bubuk vanilla protein, 1/2 sdt acai bubuk, 1 sdt maca bubuk, Anda dapat memilih salah satu dari 4 pilihan tersebut untuk dicampurkan ke dalam smoothie buah naga hijau. Jika Anda tidak menyukai pisang jangan khawatir, pisang dapat diganti dengan straberry, blueberry, ataupun raspberry. Untuk hasil yang maksimal coba konsumsi minuman ini selama 7 hari berturut-turut, maka akan menurunkan berat badan dengan mudah dan yang pasti jangan lupa diimbangi dengan berolahraga. (Baca juga : Cara diet buah pepaya )


4. Salad buah

salad buah nagaJika Anda mempunyai kebiasaan mengemil, maka salad buah dapat dijadikan pengganti camilan. Anda dapat mencampur buah naga, pisang, kiwi, buah berry sebagai salad buah atau dapat mencampur buah apapun sesuai selera. Jadikan salah sebagai pengganti camilan atau dijadikan untuk sarapan, tambahkan sedikit yoghurt untuk melengkapinya.

Salad buah naga ini bisa menjadi salah satu cara diet dengan buah naga yang paling ampuh, karena terdiri dari beberapa buah sehat yang kaya akan serat.

Baca juga :

5. Buah Naga sebagai Makanan Penutup

Biasakan mengkonsumsi buah naga menjadi makanan penutup. Ganti kebiasaan memakan dessert sebagai makanan penutup, jadikan buah naga sebagai makanan penutup. Jangan makan terlalu berlebihan pastikan secukupnya sesuai kebutuhan tubuh. (Baca juga : Cara diet dengan singkong )

Kandungan Gizi Buah Naga

Berikut uraian lengkap kandungan gizi dari buah naga:

1. Kandungan Vitamin

  • Buah naga sangat kaya akan vitamin C, vitamin C berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada 100 g buah naga yaitu sebesar 20.5 mg
  • Vitamin B1 (tiamin) yang berfungsi untuk memproses karbohidrat dengan cepat dan menghasilkan energi tubuh. Kandungan vitamin B1 pada 100 g buah naga yaitu sebesar 0.04 mg
  • Vitamin B3 (niacin) berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin B3 pada 100 g buah naga yaitu sebesar 0.16 mg
  • Vitamin B12

2. Kandungan Serat

Buah naga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, serat tersebut berfungsi mengatasi masalah pencernaan atau dapat memperlancar pencernaan. Kandungan serat pada 100 gram buah naga yaitu sebesar 3 g.

Baca Juga :


3. Kandungan Mineral

Pada buah naga mineral yang terkandung yaitu fosfor dan kalsium, yang berfungsi membantu pembentukan tulang, perkembangan sel, dan juga gigi. Kandungan mineral pada 100 gram buah naga yaitu kalsium 8.5 mg dan fosfor 1.9 mg .

4. Kandungan Protein

Kandungan protein pada buah naga berfungsi untuk pembentukan horomon, enzim, atau pun senyawa lainnya. Kandungan protein pada 100 gram buah naga yaitu sebesar 1.1 mg.

Baca Juga :

5. Kandungan Lemak

Kandungan lemak pada 100 g buah naga yaitu sebesar 0.4 g.

Manfaat Buah Naga

Selain bagus untuk diet buah naga juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini manfaat lain dari buah naga:

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah naga sangat cocok digunakan sebagai buah penunjang program diet Anda. Buah naga merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisinya dan juga sangat rendah kalori sehingga bagus untuk penunjang program diet. Selain itu buah naga merupakan buah yang kaya akan serat, sehingga dapat memperlancar pencernaan. (Baca juga : Cara diet dengan bengkoang )

2. Mencegah kanker

Buah naga ternyata mempunyai khasiat yang besar yaitu dapat mencegah kanker. Buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang berfungsi membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik yang dapat mencegah sel kanker. Selain itu kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin pada buah naga dapat membantu mengeluarkan racun-racun yang ada pada tubuh. Penyakit kanker hingga saat ini belum ada cara penyembuhannya, sehingga kita harus menjaga pola hidup untuk mencegah kanker salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga.

Baca Juga :

3. Menjaga kesehatan kulit

Buah naga merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang baik, vitamin pada buah naga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada kulit. Kulit sangat membutuhkan banyak vitamin agar kulit tetap terjaga kelembapannya tidak menjadi kering. Antioksidan pada buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada kulit kita.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Buah naga selain berfungsi untuk kulit dan untuk menurunkan berat badan, ternyata mempunyai fungsi mencegah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh penyumbatan arteri, pada hal ini buah naga berfungsi melancarkan aliran darah sehingga tidak akan ada penyumbatan pada arteri. Untuk itu konsumsi buah naga secara teratur untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Baca Juga :

5. Membuat awet muda

Penyebab kita mengalami penuaan dini yaitu polusi udara yang berada di sekitar kita sehingga menyebabkan kulit cepat keriput. Untuk mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh polusi udara maka kita dapat mengkonsumsi buah naga. Karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. (Baca juga : minuman sehat untuk diet )

6. Menetralkan tubuh dari racun

Kandungan protein pada buah naga mempunyai manfaat menetralkan racun-racun berbahaya yang dapat mengacam kesehatan yang masuk pada tubuh kita. Untuk menetralkan tubuh dari racun, konsumsi buah naga secara rutin. (Baca juga : Menu diet food combining )

7. Menjaga kesehatan usus

Kandungan serat pada buah naga membantu dalam proses pencernaan pada usus. Semakin banyak makanan yang kita makan, maka kerja usus semakin banyak. Dengan buah naga maka usus tidak harus bekerja ekstra karena dengan bantuan serat dari buah naga dapat membantu memperlancar proses pencernaan.

Baca juga :

 

Sekian pembahasan mengenai cara diet dengan buah naga beserta manfaat dan kandungan buah naga. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan banyak informasi mengenai diet buah naga. Tubuh yang ideal memang impian bagi setiap wanita, namun ingat tetap diet dengan tidak menyiksa tubuh ya. (Baca juga : Efek samping diet smart detox )

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!