11 Bahaya Diet OCD Menurut Dokter Wajib Untuk Diketahui

Bahaya Diet OCD harus anda perhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sekarang ini, sebuah program diet yang dibuat oleh Deddy Corbuzier yakni OCD singkatan dari Obsessive Corbuzier Diet masih membuat banyak orang ragu, apakah diet ini aman atau tidak untuk dijalankan. OCD yang dilakukan dengan prosedur yang benar dan dibarengi dengan olahraga keras memang bisa menurunkan berat badan. Namun ternyata ada beberapa bahaya dari diet OCD yang harus anda ketahui sebelum anda mulai menjalankan program diet ini, berikut penjelasan selengkapnya.

ads

Artikel terkait:

Bahaya Diet OCD

Dibalik hasilnya yang sangat memuaskan, ternyata diet ocd juga memiliki beberapa bahaya bagi tubuh.

1. Hipoglikemi

Hipoglikemi yang membuat badan orang lemas, gemetar dan juga mengeluarkan keringat ini bisa terjadi karena diet OCD ini. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak adanya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dalam waktu yang cukup lama. Ini menyebabkan organ hari dan ginjal akan bekerja ekstra dan hati yang bekerja terlalu berlebihan tersebut akan mengeluarkan glikogen atau karbohidrat yang tersimpan dalam bentuk glukosa.

Artikel terkait:

2. Sakit Jantung

Diet ini juga menyebabkan seseorang tidak mempunyai karbohidrat di dalam tubuh sehingga membentuk keton yang berakibat pH darah berubah menjadi asam. PH darah yang sudah berubah menjadi asam tersebut akan membuat seseorang mudah lesu dan daya tahan tubuh mengalami penurunan sehingga bisa menimbulkan penyakit jantung.

Artikel terkait:

3. Gangguan Elektrolit

Zat keton pada tubuh yang akan diproses menjadi energi saat sedang menjalankan diet ini juga akan memicu terjadinya gangguan elektrolit sehingga membawa beberapa garam tertentu ikut terbuang bersama air dari ginjal yang menyebabkan dehidrasi.

Artikel terkait:

4. Menurunnya Kinerja Otak

Pada diet OCD juga terdapat pantangan untuk sarapan dan ini akan berakibat buruk untuk tubuh sebab asupan di pagi hari akan sangat berkurang. Dengan tidak adanya asupan makanan ke dalam tubuh, maka membuat kinerja otak tidak bisa bekerja dengan baik.

Artikel terkait:

5. Gangguan Kesuburan Wanita

Bahaya Diet OCD yang selanjutnya adalah terganggunya kesuburan pada wanita. Dengan Pola puasa 18 jam, 20 jam bahkan sampai 24 jam yang ada pada diet OCD ini membuat para wanita bisa kehilangan kesuburan sebab nutrisi yang ada di dalam tubuh akan berkurang. Ini juga akan berdampak pada kesehatan tubuh yang tentunya akan mengalami penurunan.

Artikel terkait:

6. Berat Badan Kembali Naik

Dengan begitu ketatnya pola makan dan jadwal puasa yang ada pada diet ocd ini, maka secara otomatis anda tidak boleh berhenti melakukan diet ini dengan bebas. Sebab jika secara tiba-tiba anda berhenti menjalankan diet ocd dan kembali ke pola makan seperti biasa, berat badan akan kembali naik dengan cukup cepat.

Artikel terkait:

7. Panik dan Stress

Seperti yang diterapkan pada diet ocd ini, para pelaku akan dilarang untuk makan dan hanya diperbolehkan untuk minum minuman yang tidak mengandung kalori. Dengan ini, banyak orang yang sering merasa panik dan stress sebab terus memantau jam untuk segera berbuka puasa, sebab jika terlambat mungkin saja waktu makan tersebut harus terlewati kembali dan mereka diharuskan berpuasa kembali.

Artikel terkait:

8. Mematikan Ovarium

Oleh karena jam makan yang diterapkan pada diet ocd ini memperbolehkan makan di malam hari, maka membuat para pelakunya dan dalam hal ini adalah wanita tetap terjaga pada malam hari dan dengan tetap terjaganya wanita di malam hari bisa menyebabkan ovarium mati pada wanita.

Artikel terkait:


9. Menstruasi Tidak Teratur

Banyak para pakar kesehatan yang juga memberikan keterangan, jika diet ocd ini juga akan membuat hormonal wanita menjadi tidak teratur seperti terjadinya gangguan metabilsme, jerawat dan juga menstruasi yang tidak teratur.

10. Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang dalam masa kehamilan juga tidak disarankan untuk melakukan diet ocd ini. Sebab Bahaya Diet OCD dapat menganggu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil cukup banyak dan harus dilakukan secara terus menerus, sehingga diet ocd yang mengharuskan pelaku untuk diet selama berjam-jam ini bahkan dalam waktu 24 jam akan berbahaya untuk kesehatan ibu dan juga janin.

Artikel terkait:

11. Mengganggu Proses Pertumbuhan

Diet ocd ini juga tidak disarankan untuk dilakukan bagi para remaja yang masih mengalami masa tumbuh. Dengan tidak adanya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat menjalankan diet ocd ini, maka otomatis pertumbuhan pada masa remaja juga akan terganggu.

Baca Juga :

Segala jenis diet apapun itu, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, selain itu tidak semua diet cocok untuk digunakan pada semua orang, sebab setiap orang memiliki sistem kerja tubuh yang berbeda-beda. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar diet.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan