Menu Diet Sehat Seminggu Paling Mudah Untuk Di Coba (#Teruji Ampuh)

Menu Diet Sehat Seminggu ini bisa anda coba sebagai alternatif saat anda menjalankan program diet. Banyak orang yang ingin memilih diet secara praktis. Dalam waktu singkat dengan hasil yang maksimal. Tidak sedikit diantara mereka menggunakan obat diet sebagai jalan pintas. Obat diet tanpa resep dokter yang tepat akan mendatangkan kerugian pada kesehatan kita. sebenarnya ada beberapa menu yang bisa kita konsumsi agar dapat menurunkan berat badan. Pilihan menu yang akan kita bahas adalah menu sehat untuk program diet selama satu minggu atau tujuh hari, berikut penjelasannya!

ads

Baca Juga :

Menu Diet Sehat Seminggu

Berikut contoh menu diet yang bisa anda coba untuk diet anda selama seminggu dan dengan mudah menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram dalam waktu cepat, namun tidak akan mengganggu kesehatan anda.

1. Menu Diet Pada Hari Pertama

Pada hari pertama ini kita harus melakukan detoks terhadap tubuh dari makanan yang kurang sehat yang telah kita konsumsi selama ini. Pilihan menu yang dapat menjadi alternative adalah buah-buah segar yang banyak mengandung air. Pantangan pada hari pertama ini adalah buah pisang. Sedangkan yang harus di perbanyak konsumsi adalah air mineral agar kita terhindar dari dehidrasi (baca juga : manfaat diet ocd )

  • Sarapan Pagi : Untuk sarapan pagi anda dapat mengkonsumsi semangkok oatmeal dan juga segelas teh hijau dengan sedikit gula rendah lemak.
  • Makan Siang : Anda bisa mengkonsumsi nasi merah dengan porsi kecil dengan lauk sup dada ayam dan juga dengan jus jambu.
  • Camilan : Anda bisa membuat salad buah sebagai camilan diet anda.
  • Makan Malam : nasi merah dengan lauk oseng sayuran hijau dan juga segelas air putih hangat.

Baca Juga :

2. Menu Diet Pada Hari Kedua

Pada hari ini ganti menu makanan dengan aneka olahan sayur tanpa nasi. Tidak harus sayur yang berwarna hijau, campuran warna pun tidak masalah dengan pilihan menu. Ada beberapa cara olahan yang bagus untuk diet diantaranya :

  • Disajikan sebagai selada mentah tanpa dimasak
  • Mengukus sayuran atau pun direbus bisa menjadi pilihan
  • Untuk pengganti nasi bisa dengan kentang rebus, asal jangan digoreng

Pada hari kedua ini, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas sehari. Selain menghindari dehidrasi juga sebagai detoks yang baik untuk tubuh. (baca juga : cara diet dengan coklat )

  • Sarapan Pagi : Anda bisa mengkonsumsi 1 lapis roti tawar dengan selai kacang dan juga 1 gelas teh hijau dengan sedikit gula.
  • Makan Siang : Konsumsilah nasi merah dalam porsi sedikit dengan lauk opor ikan nila dan minumlah segelas jus semangka yang menyegarkan.
  • Camilan : Anda bisa membuat salad sayur seperti selada, mentimun, kubis, wortel untuk camilan anda.
  • Makan Malam : Untuk makan malam anda bisa mengkonsumsi setengah porsi nasi merah dengan lauk sayuran hijau dan juga segelas air putih.

3. Menu Diet Pada Hari Ketiga

Hari ketiga kita bisa mencampurkan kedua menu sebelumnya. Campuran buah dan sayur.  Bisa dibuat tiga porsi yang kita makan di waktu pagi, siang dan malam, tapi jika anda menargetkan dapat turun sebanyak 7 kg hindari untuk mengkonsumsi pisang dan kentang rebus. Serta jangan lupa untuk terus perbanyak meminum air putih.

  • Sarapan Pagi : 1 lembar roti tawar dengan sedikit meses dan juga segelas teh hijau tawar.
  • Makan Siang : konsumsilah setengah porsi nasi merah dengan lauk daging sapi tanpa lemak dan juga jus apel.
  • Camilan : Anda bisa mengkonsumsi 1 buah pir berukuran sedang.
  • Makan Malam : Untuk makan malam menu diet sehat seminggu pada hari ketiga ini anda cukup mengkonsumsi beberapa keping biskuit dan juga 2 gelas air putih.

Baca Juga :


4. Menu Diet Pada Hari Keempat

Hari keempat kita sudah bisa makan pisang dan susu. Tapi hanya ini menu yang diperbolehkan selama hari keempat. Kita bisa memakan olahan pisang asal jangan menggorengnya. Kita bisa mengukus pisang dan memakannya dengan segelas susu, atau pun pisang yang di lumuri susu. (baca : manfaat diet mayo)

  • Sarapan Pagi : Untuk sarapan pagi anda bisa mengkonsumsi semangkok oatmeal dengan 1 gelas teh hijau hangat tanpa gula.
  • Makan Siang : Anda bisa mengkonsumsi setengah porsi nasi merah dengan lauk pepes ikan dan juga segelas jus tomat.
  • Camilan : Anda bisa mengkonsumsi beberapa buah pisang segar.
  • Makan Malam : Untuk makan malam anda bisa mengkonsumsi 1 gelas susu tanpa lemak dan juga sebuah apel berukuran sedang.

5. Menu Diet Pada Hari Kelima

Selama empat hari anda tidak diperbolehkan memakan nasi, disini hari pertama anda makan nasi. Namun satu porsi hanya diperbolehkan 5 sendok makan nasi putih tanpa lauk pauk. Anda bisa memakannya dengan tomat atau sayuran lain. tomat tersebut bisa dimakan mentah atau dengan cara di kukus. Jangan lupa untuk selalu konsumsi air putih minimal 8 gelas. (baca juga : cara diet dengan sayuran)

  • Sarapan Pagi : Anda bisa mengkonsumsi selembar roti tawar dengan selai kacang dan juga segelas teh hijau tanpa gula.
  • Makan Siang : Mengkonsumsi setengah porsi nasi merah dengan lauk sop sayuran dan juga jus semangka bisa menjadi pilihan anda.
  • Camilan : Anda bisa mengkonsumsi 1 buah apel berukuran sedang.
  • Makan Malam : Konsumsilah beberapa keping biskuit dengan 1 gelas teh hijau hangat.

Baca Juga :

6. Menu Diet Pada Hari Keenam

Hari keenam kita sudah boleh memakan nasi dengan lauk pauk dan sayuran asal jangan banyak. Dalam artian kita bisa konsumsi sebanyak 8 sendok makan nasi putih/merah. Pada hari keenam ini dianjurkan agar kita sarapan dengan makanan kaya protein. Hindari untuk memakan nasi ketika malam hari dan imbangi dengan konsumsi air mineral yang banyak.

  • Sarapan Pagi : Untuk hari ke enam anda bisa mengkonsumsi selembar roti tawar dan juga segelas teh hijau tanpa gula sebagai sarapan pagi anda.
  • Makan Siang : Konsumsilah setengah porsi nasi merah dengan lauk capcay kuah dan juga jus jambu.
  • Camilan : Buah pisang bisa menjadi menu camilan anda pada diet di hari ke enam.
  • Makan Malam : Mengkonsumsi 1 buah apel dengan ukuran sedang. (baca juga : efek samping diet smart detox)

7. Menu Diet Pada Hari Ketujuh

Tetap dibolehkan memakan nasi sebanyak 5 sendok. Dianjurkan beras merah agar diet kita maksimal. Beras merah memiliki rasa yang lebih hambar daripada beras putih yang biasa kita konsumsi, namun khasiat beras merah lebih bagus untuk tubuh terutama dalam program diet. Jangan lupa untuk di selingi dengan buah-buah yang segar dan olahan sayur. Tetap menjaga jumlah konsumsi air putih kita. Olahan buah-buahan yang di jus juga bisa menjadi pilihan, asal jangan dicampurkan dengan bahan lain.

  • Sarapan Pagi : Konsumsilah 1 lembar roti tawar dengan 1 gelas teh hijau tanpa gula.
  • Makan Siang : Untuk Menu Diet Sehat Seminggu makan siang di hari ketujuh ini Anda bisa mengkonsumsi setengah porsi nasi putih dengan lauk 1 telur dadar dan juga jus mentimun.
  • Camilan : Makanlah 1 buah pir.
  • Makan Malam : Konsumsilah 1 buah apel dengan ukuran sedang dan juga 1 gelas air putih.

Baca Juga :

Menu diet ini sudah dilakukan oleh beberapa orang, hasil yang didapat tergantung tubuh dan cara hidup kita selama melakukan program diet. Ada yang maksimal mencapai penurunan berat badan sebanyak 7 kg dalam 7 hari. Tapi perlu diperhatikan untuk merasakan efeknya pada tubuh kita. Karena orang Indonesia sangat tergantung pada nasi mungkin ada beberapa orang yang menjadi lemas pada percobaan pertama. Jangan memaksakan diri dengan olah raga yang berat.

Jenis Sayur Yang Baik Untuk Diet

Berikut kita membahas pilihan sayur yang bisa digunakan sebagai menu diet kita selama satu minggu.

1. Selada

Ini bisa kita gunakan untuk menjadi salah satu menu diet sehat. Selada dapat dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu, asalkan kita bisa memastikan selada sudah dicuci secara bersih. Selada ini merupakan sayuran yang kaya akan serat sehingga sangat bagus untuk pencernaan. Mengkonsumsi selada juga akan membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

Baca Juga :

2. Kangkung

Karbohidrat yang terkandung didalam kangkung sangat rendah sehingga kangkung aman untuk kita konsumsi sebagai menu diet. Sayuran kangkung harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Pengolahannya bisa kita lakukan dengan cara merebusnya dan tidak menumis dengan minyak.

Ketika membersihkan sayur kangkung ini, sangat dianjurkan untuk membelah batangnya. Karena batang sayur kangkung berongga dan kangkung sebagian hidup didalam air, ada kemungkinan hewan hidup didalam rongga tersebut. Terutama rongga yang telah cacat. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan pastikan batang kangkung kita belah hingga tampak bagian dalamnya. (baca juga : cara diet tanpa makan nasi)


3. Bayam

Pilihan sayuran yang ketiga adalah bayam. Sayuran ini ada yang berwarna merah dan hijau. Kita bisa memilih mengkonsumsi bayam yang jenis apa, namun divbeberapa supermarket jenis bayam merah dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau. Bayam ini memiliki kandungan mineral dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :

4. Tomat

Buah merah dengan tampilan yang segar ini baik sekali dikonsumsi, baik yang telah diolah atau pun dimakan langsung. Tomat memiliki rasa yang segar dengan kandungan vitamin C dan A yang baik untuk kesehatan mata. Tomat juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga bagus untuk menu diet sehari-hari. Serta tomat juga aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

5. Wortel

Seperti halnya tomat, wortel juga kaya akan vitamin A dan C yang baik bagi kesehatan. Wortel bagi beberapa orang juga dapat dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu. Mungkin ada rasa yang sedikit aneh ketika pertama kali mencobanya, namun wortel yang mentah dibandingkan wortel yang telah diolah jauh lebih kaya nutrisi. Dianjurkan untuk memilih wortel yang masih segar di pasaran.

Baca Juga  :

Terkadang tidak sedikit orang yang mengabaikan kesehatannya demi mendapat tubuh ideal. Padahal banyak menu sehat yang bisa menjadi pilihan kita ketika melakukan program diet, salah satunya menu sehat selama seminggu diatas.

Selain itu, kita juga harus menyeimbangkan dengan olahraga yang baik. Jaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga ringan minimal tiga kali dalam seminggu. Pastikan pilihan olah raga kita sesuai dengan program diet yang kita lakukan. Olah raga yang paling mudah dilakukan tanpa bantuan alat lain adalah berlari. Berlari salah satu olah raga yang mampu membakar lemak dan kalori melalui keringat yang keluar dari tubuh.

Baca Juga :

Menu Diet Sehat Seminggu diatas dapat kita lakukan selama satu kali dalam sebulan. Setelah itu kita harus menghindari makanan gorengan yang terlalu banyak. Ubahlah cara pengolahan makanan yang lebih sehat, usahakan menggoreng makanan lebih sedikit daripada biasanya. Alternative olahan yang bisa kita lakukan dengan cara merebusnya. Selain baik untuk menjaga tubuh kita tetap ideal namun juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Semoga menu diet diatas bermanfaat untuk program diet anda.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Menu