15 Cara Diet Dengan Buah Lemon Paling Ampuh dan Sukses

Cara Diet Dengan Buah Lemon merupakan cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Mungkin banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk diet. Ada yang melakukan dengan berolahraga atau pun ada yang secara instan, seperti meminum obat-obat yang sering dijual di berbagai macam situs online. Tapi tahukah kalian cara yang dilakukan dengan cara meminum obat-obatan yang instan selalu menimbulkan efek yang sangat berbahaya organ-organ tubuh kita, maka perlahan-lahan tubuh kita akan mulai sakit. Sebaiknya, diet dilakukan dengan cara alami, mengapa?

ads

Karena, dengan alami kita akan dapat yang mudah untuk dibuat dan proses alami tidak akan melakukan efek samping. Seperti olahraga merupakan salah satu cara alami yang dapat kita bisa lakukan, namun apabila pola makan kita tidak teratur ini juga sama saja usaha yang kita lakukan gagal. Ada banyak jenis buah dan sayur yang dapat mampu membuat badan kita seperti ideal. Namun, pada artikel ini ternyata buah lemon juga tidak kalah manfaatnya pada buah dan sayuran lainnya.


Pengertian Buah Lemon

Buah lemon, yang sering kita kenal dengan keasaman rasanya ternyata banyak manfaat. Lemon adalah buah kecil yang berwarna hijau, ini ditemukan di negara asia. Lemon pertama kali ditemukan di negara India. Setelah menemukan banyaknya kandungan yang ada didalam buah lemon, banyak negara lainnya yang ikut menanam buah lemon yang mengandung banyak vitamin C ini. Dibuktikan dengan penelitian bahwa kandungan vitamin C yang banyak dihasilkan buah lemon mampu membakar lemak didalam tubuh mencapai 30%.

Buah lemon dapat menurunkan lemak-lemak jenuh yang terdapat dalam tubuh kita. Jadi cocok untuk anda yang ingin melakukan program diet dengan cara menggunakan buah lemon ini. Sumber vitamin buah lemon mampu cepat memproses penurunan berat badan. Lemon juga dapat diolah dengan berbagai macam cara dengan dicampur minuman seperti air, maupun dapat dicampurkan dalam makan.

Manfaatnya sangat banyak, seperti perawatan untuk muka dan salah satunya yang penting adalah buah lemon sangat baik untuk yang sedang melakukan program diet. Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara mengolah buah lemon untuk diet.


Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mengolah menu diet yang benar dan sehat. Menu sehat ini juga dapat diolah dengan buah lemon. Bagi anda pencinta lemon, dan lagi mencoba diet dengan lemon ini. Ada tips dan cara yang mudah saat mengolah buah lemon. Buah lemon ini dapat dibuat dengan campuran minuman, bukan hanya minuman namun dapat juga di olahan dalam makanan juga. Mau tahu tips dan caranya? Berikut cara-cara yang mudah dan praktis.

Dibuat Sebagai Minuman

  1. Dapat dibuat dengan air putih, caranya siapkan air putih hangat atau dingin lalu potong lemon dengan ukuran selera. Setelah itu, campurkan lemon ke dalam air tersebut. Lalu siap untuk diminum.
  2. Dapat dibuat dengan teh, caranya buat teh hangat atau dingin lalu potong lemon dengan ukuran selera bisa dan potong-potong daun mint agar menambah selera. Campurkan bahan tersebut kedalam teh, siap diminum.
  3. Dapat dibuat dengan minuman mojito, caranya siapkan soda dalam keadaan dingin yang sudah dicampurkan oleh sirup (pilih sesuai selera). Lalu tambahkan lemon yang sudah dipotong-potong, dan tambahkan stawberry yang sudah dipotong, untuk mempercantik minuman dapat ditambahkan daun mint.
  4. Membuat es buah dengan lemon, bahan yang disiapkan sama tergantung buah yang ingin dipakai. Setelah itu, campur es buah yang jadi dengan 1/2 buah air perasaan lemon, dan sisanya bisa dipotong dan dimasukan kedalam es buah
  5. Air Madu Lemon, ini bisa dibuat dengan cara yang sama dengan bahan seperti, air putih, buah lemon, dan madu. Campurkan satu persatu secara perlahan-lahan. Aduk dan siap untuk disajikan.
  6. Es ketimun Lemon, bahan yang perlu disiapkan seperti gula, air, daun pandan, ketimun, dan air perasaan lemon. Campurkan bahan menjadi satu secara bertahap. Setelah jadi siap untuk diminum.

Dibuat Sebagai Makanan

1. Ikan crispy saus lemon

caranya bikin ikan crispy dengan bahan-bahan seperti ikan(apa saja), tepung, dan telur. Setelah bahan itu jadi siap untuk digoreng, lalu buat sausnya. Caranya dengan peras lemon sisihkaan airnya. Haluskan bahan seperti bawang putih, bawang merah, jahe lalu tumis. Tambahkan gula dan garam, setelah larut campurkan dengan tepung maizena. Kemudian, saus lemon siap dijadikan untuk ikan crispynya.

2. Kue Lemon Keju

caranya siapkan bahan-bahan kue seperti biasa yaitu, tepung, telur, margarine, pengembang, pelembut, gula, dan pelengkap seperti lemon dan keju. Lalu biasa yang anda buat untuk membuat kue atau bisa anda cari diinternet bahan-bahannya. Cara menambahkan lemonnya ketika bahan sudah dicampur semua kecuali bahan terakhir yaitu margarine cair. Masukkan 3 sendok makan air lemon pada adonan tersebut. Lakukan kembali cara seperti biasa.

3. Pudding Santan Lemon

bahan yang dibuat sama seperti, pudding kemasan, air santan yang sudah diperas oleh kelapa, gula, dan bahan pelengkap lemon. Ditambahkan dengan santan dan pada sebelum proses ingin ditaruh kedalam cetakan tambahankan perasaan air lemon sesuai selera. Lalu setelah pudding jadi, pakai sisa lemon sebagai hiasan dipudding.

4. Salad Buah Lemon 

siapkan bahan salad seperti, kiwi, semangka, pear, apel, pisang, mangga, jeruk, dan nanas,  (bisa dipilih sesuai selera). Potong-potong buah menjadi kecil atau ukuran selera dan campur dengan perasaan air lemon atau juga bisa dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dalam bahan lainnya. Jangan lupa tambahkan mayonise sebagai penyedap salad. Lalu aduk bahan menjadi satu, dan salah buah lemon siap untuk dimakan.

Olahan Dengan Buah Lemon Variasi Lainnya

1.  Jus Paprika Kuning Wortel Lemon

Bahannya 1/2 paprika kuning atau dapat bisa diganti dengan paprika hijau ataupun merah, 1 buah wortel, 1 buah lemon lalu ambil airnya sebagai bahannya, 1/2 gelas air sekitar 100mL, dan gula sesuai takaran (lebih baik tidak menggunakan gula bila sedang dalam proses diet). Setelah bahan tersedia jadi satu, lalu blender semua bahan menjadi satu sampai halus. Setelah itu tuang dan sajikan digelas.

2. Jus Semangka Lemon Mint 

Siapkan semangka atau bisa diganti dengan buah lainnya selain semangka sesuai selera. Setelah itu bahannya semangka dipotong-potong, air perasaan lemon 5 sedok makan, gula, dan daun mint. Campurkan bahan menjadi satu kedalam blender. Setelah itu, tambahkan daun mint pada jus lalu siap untuk disajikan dan diminum. Sangat cocok bagi yang sedang menjalankan perjalanan diet.

 3. Es Limun Dengan Lemon

Siapkan bahan seperti 2 buah air perasaan lemon, 1/2 air perasan jeruk sankis atau jeruk bali, gula sesuai takaran selera, 3 daun mint, 200 mL air, setelah bahan siap campurkan satu persatu menjadi satu. Aduk menjadi satu, setelah bahan sudah enak dapat disiapkan digelas dan dapat langsung diminum. Cocok diminum setiap hari untuk pengguna diet.

4. Ayam saus Tiram Campur Lemon

bahannya 1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong, 1 sdm kecap asin, 1 sdt kecap manis, 1 sdt air jahe penghilang rasa bau abis dari ayam, bawang merah, bawang putih, dan campuran 3 sdm air lemon. Lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe yang sudah dihaluskan setelah masukkan ayam yang sudah digoreng matang, tambahkan kecap asin setelah itu kecap manis, dan terakhir masukkan air lemon.

5. Brownies Cokelat variasi Lemon

Bahannya seperti tepung, telur, pelembut, bubuk cokelat, cokelat cair, margarin dan variasi air lemon. Lalu campur bahan satu persatu didalam mixer menjadi adonan yang kental dan lembut. Masukkan dalam cetakkan kue sesuai bentuk selera. Panaskan oven 18o derajat, setelah panas masukkan kedalam oven tunggu selama 30 menit. Setelah 30 menit angkat, sajikan, dan dipotong sesuai selera. Siap langsung dimakan.

Manfaat yang terkandung Dalam Buah Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang berbentuk lonjong, lemon juga sering dipakai untuk memasak. Lemon sama perannya dengan jeruk nipis saat masak. Ini, karena lemon yang kaya akan vitamin C yang lebih besar dari jeruk nipis. Vitamin C yang dikandung oleh buah lemon ini mencapai hingga 88%. Berikut Manfaat lain dari buah lemon.

  • Menghilangkan dehidrasi

Asam lemon yang bisa membantu kita pada saat kita haus, karena asam lemon yang dapat memecah makanan-makanan sisa yang kita makan. Sehingga rasa haus pun menjadi hilang.

  • Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Kandungan air asam yang terkandung pada buah lemon ini dapat membantu kita menurunkan berat badan. Air asam ini bekerja untuk melarutkan lemak jenuh dalam tubuh kita dan membakar kalori-kalori yang berlebihan dalam tubuh kita.

  • Memperbanyak Vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam buah lemon sangatlah banyak dari pada buah jeruk nipis. Kandungan vitamin C ini sangat baik untuk mempertahankan dan memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh. Juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh.

  • Mengecilkan Perut Buncit

Vitamin C yang terkandung dalam buah lemon, ternyata mampu menetralisis lemak yang ada di perut. Sehingga perut bisa mengecil sedikit demi sedikit.

  • Dapat Memutihkan Kulit

Buah yang kayak ekstrak vitamin C yang sangat tinggi sangat baik untuk kulit, caranya dengan cara perawatan masker dengan kulit lemon.

  • Mengatasi Perut Kembung

Jika anda yang mungkin sering sekali mengalami perut kembung, ini dapat dicoba tipsnya. Air hangat yang dicampuran perasaan air lemon dapat mengkontrol bagi anda yang mengatasi perut yang kembung.

  • Menghilangkan Komedo

Sama dengannya mengencangkan kulit wajah, ternyata asam sitrat ini juga mampu mengilangkan komedo. Fungsi asam sitrat ini juga mampu mengencangkan pori-pori dan usir kembali komedo diwajah kita.

  • Menghilangkan Bekas Flek Hitam

Air perasaan lemon banyak sekali manfaatnya, namun kulitnya juga sangat bermanfaat. Terbukti kulit lemon mampu menghilangkan bekas-bekas noda hitam atau flek-flek hitam. Dengan melakukan perawatan masker dengan kulit lemon, mampu mencegah hilangnya bekas flek hitam satu persatu.


Efek Samping Diet Buah Lemon

Walaupun lemon sangat banyak manfaatnya, namun cara diet dengan buah lemon ini juga mempunyai efek sampingnya (Baca juga: Bahaya Diet Ekstrim). Karena buah lemon yang sangat asam dapat membuat organ sakit seperti, penderita maag atau tipes karena lambung tidak dapat menerima banyaknya kandungan asam didalam lambung. Masih banyak lagi efek sampingnya, berikut penjelasan selengkapnya di bahwah ini.

1. Masalah Bagi Perut

Ini terjadi karena asam yang terkandung dalam buah lemon sangat kuat sehingga ini dapat merusak dinding lambung sehingga menyebabkan sakit seperti maag, tipes, atau pun liver.

2. Bahaya bagi ginjal

Bagi anda yang sedang mempunyai masalah dalam ginjal anda, sebaiknya dihindari. Karena air yang terkandung dalam buah lemon mampu menyerap kalsium dalam tubuh kita, dan dapat merusak ginjal.

3. Menyebabkan alergi

Bagi anda yang mengalami alergi sebaiknya dianjurkan tidak meminum atau memakan lemon ini. Karena beberapa artikel dibaca banyak yang mengalami alergi pada buah lemon ini.

4. Merusak enimel gigi

Air asam dari buah lemon ini akan membuat mengkikisnya enimel gigi tersebut. Hal, ini dapat merusak gigi anda yang putih menjadi kuning kusam.

5. Memperbanyak Zat Besi

Buah yang terkandung dalam buah lemon ini banyak mengandung zat besi, dan apabila sering terus menerus dikonsumsi akan menyebabkan penyerapan zat besi yang berlebihan. Penelitian mengungkapkan bahwa kandungan asam askorbat yang tinggi. Apabila zat besi terus menerus diserap dan disimpan setiap hari dalam tubuh, dapat menyebabkan keracunan, seperti diare dan mual.

6. Dapat Membuat Osteoporosis

Lemon ini juga dapat membuat anda retak tulang. Besarnya kalium yang dikandung pada buah lemon ini, juga dapat merusak bagi tulang sehingga dapat menyebabkan osteoporosis.

7. Berkurangnya Nutrisi 

Walaupun air perasaan lemon ini sangat baik untuk diet, tetapi apabila kita hampir setiap hari meminum lemon juga tidak baik pada nutrisi kita. Buah lemon yang dapat menurunkan lemak dan dapat mengurangi kalori ini. Apabila kalori berkurang terus, maka nutrisi dalam tubuh kita berkurang, dan tubuh kita menjadi lemas.

Bagaimana, banyak bukan yang dapat dilakukan cara diet dengan buah lemon paling ampuh. Banyak juga tips dan manfaat apa yang dikandung dalam buah lemon. Namun, dari semua kelebihannya lemon juga mempunyai banyak kekurangan ini yang dapat menyebabkan efek samping pada buah lemon.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan