Diet Paleo – Makanan, Minuman, Manfaat dan Bahayanya

Diet Paleo merupakan diet yang juga sedang marak di masyarakat indonesia. Memiliki badan yang ideal adalah impian semua orang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan badan sexy dan menarik. Mulai dengan diet, mengatur pola makan, olahraga dan lain sebagainya (Baca Juga: Cara Diet Mayo ). Tetapi banyak yang ingin diet dengan waktu yang singkat tetapi menghasilkan penurunan berat badan yang drastis. Diet tidak dilakukan dengan semudah itu. Karena saat melakukan diet banyak pula yang menjadi pantangan atau larangan. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis diet yang sedang berkembang pula di indonesia, yaitu diet paleo.

ads

Baca Juga :

Diet Paleo

Diet Paleo mengambil cara makan dari manusia gua. Diet Paleo adalah diet yang fokus untuk back to nature atau kembali ke alam. Anda bisa mengkonsumsi segala jenis makanan dan minuman yang tersebar di alam, tetapi tidak mengandung bahan kimia. Diet Paleo ini diyakini dapat menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat. Kandungan vitamin, mineral, serat yang masih alami membuat tubuh sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit. Diet Paleo ini melarang mengkonsumsi nasi, anda dapat menggantinya dengan kentang, umbi, dan ketela. Mengkonsumsi garam, gula, lemak tidak diperbolehkan saat menjalani diet paleo ini. Tentunya ini akan membuat hambar makanan dan mengurangi nafsu makan, tetapi ini sangat berdampak baik untuk tubuh. Karena mengkonsumsi garam, gula, lemak dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan berbagai penyakit untuk tubuh. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Air Putih )

Jenis Makanan Untuk Diet Paleo

Jenis makanan yang di sarankan saat melakukan diet paleo adalah makanan atau minuman yang masih alami tanpa campuran bahan kimia. Seperti contoh :


1. Sayur-sayuran

Sayur hijau memiliki vitamin, mineral, serat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu dalam diet paleo ini sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran hijau yang belum ter kontaminasi oleh bahan kimia. Dalam pengolahannya pula tidak menggunakan mentega ataupun minyak, tetapi menggunakan minyak zaitun atau minyak walnut. Contoh olahan sayur-sayuran untuk diet paleo :

  • Tumis kangkung

Bahan-bahan :

  1. 1 ikat kangkung
  2. 2 siung bawang putih dan bawang merah
  3. 5 cabai
  4. 1 tomat merah
  5. air
  6. minyak zaitun

Caranya : Cuci dan potong kangkung. Lalu cincang halus bawang putih dan bawang merah serta potong tipis cabai dan tomat merah. Panaskan panci yang telah diberi sedikit minyak zaitun, lalu masukan bawang putih dan merah yang telah dicincang. setelah berbau harum masukan kangkung dan irisan tomat merah lalu aduk hingga rata. Agar bumbu meresap masukan pula sedikit air aduk hingga rata. Setelah matang angkat dan sajikan diatas piring.

  • Sup sayuran

Bahan-bahan :

  1. brokoli
  2. bayam
  3. wortel
  4. tomat
  5. 2 siung bawang putih dan bawang merah
  6. 700 cc air

Caranya : Panaskan 700 cc air dalam panci. Selagi menunggu air mendidih, cincang bawang putih dan bawang merah. Lalu cuci dan potong brokoli, bayam, wortel, dan tomat. Setelah air mendidih masukan semua bahan kedalam panci, masak hingga semua bahan matang. Angkat dan sajikan diatas mangkuk dan taburi dengan bawang goreng. (Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Diet )


2. Buah-buahan

Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin yang baik untuh tubuh. Buah juga mengandung mineral dan serat. Seperti pisang, anggur, apel, nanas, kiwi, mangga, semangka, dan lain sebagainya. Selain dimakan langsung buah juga bisa dijadikan beberapa olahan yang tidak kalah enak saat dimakan langsung.

  • Salad buah

Bahan-bahan :

  1. apel
  2. melon
  3. anggur
  4. buah naga
  5. kiwi
  6. madu asli

Caranya : Kupas semua buah dan potong berbentuk dadu. Selain buah-buahan diatas kamu juga bisa menggantinya dengan buah lain kesukaan anda. Setelah semua bahan di potong masukan kedalam mangkuk dan tambahkan 3 sdm madu asli lalu aduk hingga tercampur rata. Salad buah ini dapat dijadikan camilan sehat saat anda sedang santai.

  • jus buah

Bahan-bahan :

  1. apel
  2. semangka
  3. air
  4. madu asli

Caranya : Kupas dan potong apel serta semangka menjadi bentuk dadu. Lalu masukan potongan apel dan semangka ke blender tidak lupa masukan 150 cc air dan 3 sdm madu asli untuk memberi rasa manis. Blender semua bahan menjadi satu lalu tuang kedalam gelas jus dan dapat dinikmati saat cuaca cerah.


3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung kadar protein yang tinggi, serta mengandung mineral, vitamin B, karbohidrat kompleks, kalsium, kalium dan serat. Kandungan serat terbesar terdapat pada kacang kedelai. Kacang-kacangan ini bermanfaat mengontrol berat badan, baik untuk kesehatan jantung, zat antioksidan, menyehatkan jantung, mencegah anemia. Tetapi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar, kacang-kacangan juga bisa menyebabkan asam urat, overdosis vitamin E, dan alergi. Jadi konsumsilah kacang-kacangan dalam jumlah yang benar diimbangi dengan asupan gizi lain. Berikut contoh olahan dengan kacang tanah :

Sambal teri kacang tanah

Bahan-bahan :

  • 100 gram teri tawar
  • 100 gram kacang tanah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 7 cabai
  • minyak zaitun

Caranya : Cuci teri tawar lalu goreng setengah kering. Selain teri tawar cuci dan goreng juga kacang tanah hingga setengah matang. Lalu tumbuk bawang putih, bawang merah, serta cabai hingga halus. Panaskan wajan lalu tuang sedikit minyak zaitun dan tumis bumbu yang sudah halus. Setelah baunya harum masukan teri tawar dan kacang tanah yang telah digoreng terlebih dahulu. Setelah matang angkat lalu hidangkan diatas piring. Sambal teri kacang tanah ini sangat cocok dinikmati dengan nasi yang masih anget-anget.


4. Daging rendah lemak

Contoh daing rendah lemak yaitu dada ayam, kalkun putih tanpa kulit, daging kamping bagian punggung dan kaki, steak daging sapi, . Mengkonsumsi daging rendah lemak ini pula dapat mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan terhindar dari obesitas atau kegemukan. Tetapi apabila dalam pengolahannya daging rendah lemak ini tidak matang ataupun terlalu matang akan menghilangkan nutrisi yang ada didalamnya. Berikut contoh olahan daging rendah lemak.

Omelet Daging Sapi

Bahan-bahan :

  • 100 gram daging sapi yang telah dihaluskan
  • 2 telur
  • minyak zaitun

Caranya : Pecahkan telur dalam mangkok lalu kocok. Setelah itu masukan daging sapi yang telah dihaluskan kedalam kocokan telur. Panaskan wajan beri sedikit minyak zaitun, setelah panas masukan adonan telur kedalam wajan. Bolak baik agar telur tidak gosong. Setelah itu angkat dan tiriskan.


5. Ikan

Ikan mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin D, vitamin B 12, zat besi, yodium, dan selenium. Contoh ikan yang dapat dikonsumsi saat melakukan diet paleo ini semua jenis ikan seperti contoh ikan tengiri, salmon, tongkol, kakap, kembung, bawal, bandeng dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi ikan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, menekan resiko stoke dan serangan jantung, serta dapat menurunkan berat badan. Berikut contoh olahan ikan.

Ikan Tongkol Balado

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ikan tongkol
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawah merah
  • 7 cabai
  • air
  • minyak zaitun
  • 1 ruas lengkuas

Caranya : cuci bersih ikan tongkol dan buang kotoran dalam perut ikan. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai, lalu geprek juga lengkuas. Setelah itu panaskan panci dan masukan minyak zaitun. Setelah panas tumis bumbu yang telah di haluskan dan juga lengkuas. Setelah harum masukan ikan tongkol, agar cepat matang tambahkan pula sedikit air. Setelah matang tata ikan tongkol balado diatas piring dan sajikan.


6. Teh hijau

Teh hijau dapat menurunkan tekanan gula darah, melunturkan lemak dalam tubuh, sebagai antioksidan radikal bebas, dan dapat menurunkan berat badan. Teh hijau dapat menjadi beberapa olahan seperti teh hijau panas.

Bahan-bahan :

  • teh hijau
  • madu asli
  • air panas

Caranya : Masukan teh hijau secukupnya dan juga 3 sdm madu asli dalam cangkir. Lalu seduh dengan air panas dan aduk hingga semua tercampur rata. Dan teh hijau panas siap diminum saat cuaca dingin.


7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari penggilingan pohon zaitun. Minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat seperti melembabkan kulit, melindungi dari kanker kulit, zat antioksidan. Apabila ditambahkan dalam masakan dapat mengurangi resiko penyakit kanker, diabetes dan menurunkan berat badan. Gantilah penggunaan minyak goreng dan mentega dengan minyak zaitun.


8. Madu asli

Madu adalah cairan yang dihasilkan dari nektar bunga yang diolah oleh lebah. Tetapi banyak penjual-penjual madu yang tidak asli. Berikut tips membedakan madu asli dengan madu palsu.

  • Madu asli butuh waktu lama untuk bercampur dengan air.
  • membakar ujung batang koreng yang telah dilumuri dengan madu. Apabila madu asli maka korek akan menyala.
  • madu asli tidak akan mengering saat dipanaskan pada sinar matahari.
  • madu asli tidak akan menyerap menembus kertas koran.
  • madu asli tidak akan membeku saat di masukan kedalam freezer.

Madu dapat diolah dalam berbagai macam makanan dan minuman serta khasiatnya yang sangat banyak, seperti membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah, antiimflasi dan antiperadangan, menambah stamina.


9. Telur

Telur mengandung kalsium, mineral, zat besi, protein, dan asam amino esensial. Dengan mengkonsumsi telur anda akan terhindar dari penyakit mata, menjaga kehamilan, membantu perkembangan otak. Selain itu telutr juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit tubuh. Bagian putih telur dapat digunakan sebagai masker dicampur dengan perasan jeruk nipis. Telur dapat di olah dengan bermacam variasi, contohnya :

  • Balado telur

Bahan-bahan :

  1. 1 kg telur ayam
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 siung bawang merah
  4. 7 cabai
  5. air
  6. madu asli
  7. minyak zaitun

Caranya : Panaskan 1 liter air untuk merebus 1 kg telur ayam. Setelah mendidih angkat dan tiriskan telur ayam. Kupas kulit telur ayam hingga bersih. Tumbuk bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga halus. Setelah semua bahan siap, panaskan panci dan beri sedikit minyak zaitun. Setelah panas masukan bumbu tumis hingga harum, lalu masukan 2 sdm madu untuk memberi rasa manis. Setelah itu masukan telur ayam yang telah dikupas dan aduk hingga tercampur rata. Setelah bumbu meresap dan matang sempurna angkat lalu sajikan diatas piring.

  • Telur ceplok

Bahan-bahan :

  1. 1 butir telur ayam
  2. madu asli
  3. minyak zaitun

Caranya : panaskan panci lalu beri sedikit minyak zaitun hingga panas. Lalu pecahkan telur dengan cara dipukul dengan sendok makan. Lalu tambahkan 1 sdm madu asli (jika anda tidak ingin menambahkan tidak mengapa). Setelah matang angkat lalu tiriskan.


Jenis Makanan yang Dilarang Saat Diet Paleo

Selain makanan yang disajikan diatas, ternyata dalam menjalani diet paleo juga memiliki beberapa makanan dan minuman pantangan, seperti :


1. Nasi

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat indonesia. Nasi mengandung karbohidrat yang apabila karbohidrat dicerna dalam tubuh mengasilkan gula. Apabila nasi dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau obesitas. Anda bisa mengganti nasi dengan ketela atau umbi dengan cara direbus. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )


2. Gula

Gula menjadi salah satu makanan pantangan dalam menjalani diet paleo. Karena dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan, gigi berlubang, lemak diperut, dan kolesterol tinggi. Memang susah menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, tetapi anda dapat memulainya dengan sering minum air putih 8 gelas setiap harinya. Maka lama-kelamaan kebiasaan buruk itu akan hilang juga.


3. Garam

Masakan tanpa garam? Pasti sangat terasa hambar rasanya. Tetapi anda harus menghindari mengkonsumsi garam saat melakukan diet paleo. Karena garam bersifat osmosis atau menyerap cairan. Jadi jika anda mengkonsumsi garam yang berlebihan dan tidak sesuai takaran, maka berat badan akan mengalami kenaikan, hipertensi, stroke, gangguan kardiovaskuler, dehidrasi, dan osteoporosis.


4. Aneka produk susu

Susu sendiri sering kali diminum pada pagi hari di sandingkan dengan sepotong roti. Tetapi saat anda melakukan program diet paleo anda harus menghindari semua produk olahan susu. Karena dalam olahan susu telah tercampur bahan-bahan kimia yang bisa saja menyebabkan penyakit pada tubuh. Gantilah susu dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari.


5. Minuman bersoda

Minuman bersoda memang enak disajikan dengan es batu dan diminum saat siang hari. Tetapi dalam minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan juga bahan kimia lainnya. Jika anda terlalu berlebih saat mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan kerusakan kinerja gijal, kesehatan gigi terganggu, diabetes, obesitas atau kegemukan dan kecanduan. Memang sangat susah menghilangkan kebiasaan minum soda ini tapi anda bisa menggantinya dengan air putih atau dengan air kelapa hijau.


6. Makanan cepat saji atau junkfood

Untuk lebih menghemat waktu dan uang, orang sering kali memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood. Apabila anda sedang melakukan diet paleo, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan cepat saji. Karena dalam makanan cepat saji mengandung garam, gula, MSG yang tidak sesuai dengan takaran. Dalam makanan cepat saji juga mengandung lemak yang dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan.


7. Kopi

Kopi merupakan minuman wajib saat menerima tamu. Tetapi mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein ini dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes dan menganggu kesuburan pada wanita. Tetapi saat anda melakukan diet paleo anda bisa mengganti kebiasaan minum kopi ini dengan minum air putih atau teh hijau.


8. Mie Instan

Mie instan biasa dimakan untuk mengganjal perut yang lapar. Tetapi dalam mie instan terdapat pengawet makanan yang tidak baik untuk tubuh. Apabila mie instan ini dikonsumsi dalam waktu yang lama akan menyebabkan perut buncit, diabetes, dan masalah pencernaan. Gantilah pengganjal perut anda saat lapar dengan buah-buahan segar.


9. Sereal

Saat melakukan diet paleo anda harus menghindari sereal. Karena sereal adalah makanan dalam kemasan yang bisa saja mengandung bahan yang berbaha bagi tubuh seperti pengawet makanan. Gantilah sereal dengan umbi atau ketela untuk menahan lapar anda.


10. Alkohol

Alkohol tidak baik untuk tubuh apabila dikonsumsi dalam porsi besar dan terus-menerus. Alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung, anemia, depresi, bahkan kematian. Maka hindari alkohol dari sekarang, ganti dengan mengkonsumsi air putih, air kelapa hijau, atau teh hijau.


Manfaat Diet Paleo

1. Terhindar dari penyakit kardiovaskular 

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular disebabkan oleh tekanan darah tinggi, merokok, obesitas atau kegemukan, diet tidak seimbang, minum minuman yang mengandung alkohol tinggi secara berlebihan. Penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak merokok, tidak minum minuman yang mengandung alkohol, banyak gerak dan diet yang terjaga.

2. Terhindar dari penyakit diabetes 

Diet paleo bermanfaat untuk menghindarkan dari penyakit diabetes. Karena dalam program diet paleo dilarang untuk mengkonsumsi gula yang berlebih. Karena gula dalam tubuh selain meyebabkan diabetes juga dapat menyebabkan obesitas atau bertambahnya berat badan.

3. Menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh obesitas atau kegemukan, mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak, kurang mengkonsumsi sayur dan buah, terlalu banyak minum kopi, jarang olahraga dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Jadi diet paleo ini dapat menurunkan tekanan darah karena mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan segar dan alami.

4. Menurunkan berat badan 

Ini adalah manfaat yang sering dicari banyak orang yaitu dapat menurunkan berat badan secara drastis. Karena dengan mengkonsumsi makanan sehat dan alami, tanpa mengkonsumsi nasi yang mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat dalam tubuh dicerna menjadi gula dan menyebabkan obesitas atau kegemukan jika dikonsumsi berlebihan.

5. Menjaga kebugaran tubuh 

Manfaat diet paleo selanjutnya dapat menjaga kebugaran tubuh. Ini terjadi karena dalam diet paleo ini juga dituntut untuk aktif bergerak. Diimbangi pula dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, tubuh menjadi lebih bugar, segar dan lebih bersemangat.

6. Mencegah timbulnya jerawat 

Jerawat terjadi ketika folikel rambut pada kulit tersumbat oleh campuran sel kulit mati, debu, kuman, dan sebum (zat yang memproduksi kelenjar minyak). Dengan mengkonsumsi makanan yang alami dan minum banyak air putih, diet paleo dapat mencegah timbulnya jerawat.

7. Menangkal Radikal Bebas 

Sayur-sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi saat melakukan diet paleo ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

8. Mencegah Peradangan 

9. Menetralkan kadar asam dalam tubuh 

10. Sistem pencernaan yang lebih lancar dan sehat 

Baca Juga :

Bahaya Diet Paleo

1. Kurangnya Nutrisi

Dalam diet paleo diharuskan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari alam. Tetapi dilarang untuk mengkonsumsi nasi yang mengandung karbohidrat dan juga makanan yang mengandung lemak. Sedangkan karbohidrat dan lemak pula dibutuhkan untuk menambah energi dalam tubuh sehingga anggota tubuh bekerja dengan baik. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim )


2. Mengalami kelebihan protein

Tubuh membutuhkan asupan gizi yang baik setiap harinya. Dalam diet paleo ini anda diharuskan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein. Protein sendiri memang baik untuk kesehatan seperti sebagai zat pembangun, sumber energi, dan sumber produksi hormon. Tetapi apabila asupan protein yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan penyakit seperti :

  • Berat badan meningkat atau obesitas
  • Merusak hati dan otak
  • Kerusakan pada ginjal
  • Meningkatkan kolesterol
  • Menyebabkan dehidrasi
  • Resiko kanker
  • Asam urat

3. Overhidrasi

Overhidrasi terjadi saat anda mengkonsumsi air putih terlalu banyak. Diet paleo ini mengharuskan anda minum 8 gelas air putih setiap hari tanpa meminum minuman yang lain seperti soda atau kopi. Jadi tubuh akan mengalami overhidrasi yang berakibat mual, pusing, perut terasa penuh dan kembung, bahkan bisa terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan.

4. Terinfeksi bakteri

Diet paleo adalah diet yang fokus pada makanan yang berasal dari alam. Dengan melakukan diet ini besar kemungkinan anda akan terinfeksi bakteri. Seperti contoh anda memasak makanan tidak dengan masak maka bakteri yang menempel juga belum mati, mengkonsumsi ikan mentah juga dapat  menyebabkan tubuh beresiko terkena limbah pada air laut. Sebaiknya cuci dengan benar sayuran atau buah-buahan yang akan dimasak. Dengan begitu bakteri akan hilang terbawa air dan juga masak makanan hingga matang agar bakteri yang dikandung hilang.

5. Bau Badan

Bau badan saat melakukan diet paleo ini disebabkan oleh lemak yang mengalami perpecahan atau disebut dengan ketosis dan dari proses ketosis ini menghasilkan aseton. Aseton yang diproduksi secara berlebih dan menyebabkan bau badan.

6. Gejala hipotiroid

Hipotiroid adalah kondisi berkurangnya produksi tiroid pada tubuh. Hormon tiroid berfungsi mengontrol metabolisme dalam tubuh, mengolah makanan menjadi energi untuk kelangsungan kinerja tubuh. Hormot tiroid terletak dibagian depan leher. Gejala hipotiroid biasa ditandai dengan tubuh mengalami kelelahan, depresi, detak jantung rendah, tidak tahan terhadap suhu yang dingin.

Diet Paleo memang sangatlah banyak manfaatnya apabila dilakukan dengan benar. Dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dalam waktu yang singkat. Tetapi apabila anda melakukan diet paleo ini secara berlebihan akan menimbulkan berbagai resiko. Maka lakukanlah diet dengan sewajarnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!