4 Cara Diet Dengan Daun Seledri Paling Mudah dan Ampuh (#Teruji)

Cara Diet Dengan Daun Seledri bisa anda coba sebagai alternatif untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Diet, terutama untuk wanita merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan. Diet jelas membutuhkan kemauan keras serta rutinitas yang perlu dilakukan agar diet tersebut menjadi berhasil. Tak jarang pula, kecenderungan memilih diet yang cepat lebih banyak dibandingkan diet alami yang membutuhkan proses namun memiliki keefektifan yang tinggi. Ada berbagai cara diet alami yang dilampirkan berbagai info seputar diet. Dan salah satu dari berbagai cara tersebut pasti memberikan efek keberhasilan bagi yang mencobanya.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Daun Seledri

Cara Diet Dengan Daun SeledriDiantara info – info yang bertebaran tersebut, portal diet sehat ini selalu memberikan panduan cara yang baik serta efektif tanpa menimbulkan efek samping. Bahkan bisa dilakukan dengan harga yang terjangkau. Menggunakan cara yang lebih sehat untuk diet sangat dianjurkan oleh dokter kesehatan atau kecantikan mana pun. Salah satu diet yang dianjurkan oleh para ahli adalah diet dengan daun seledri. (Baca Juga : Cara Diet Cepat)

Daun seledri termasuk dalam tanaman daun peterseli yang mempunyai daun kecil. Daun ini biasa dipakai sebagai sayuran pelengkap di dalam masakan. Seperti Sop, bakso, dan makanan jenis kuah lainnya. Di balik bentuknya yang kecil, ternyata seledri mengandung manfaat yang sangat banyak bagi kalian yang sedang melakukan diet. Bahkan Seledri juga terbukti efektif sebagai tanaman alami untuk kecantikan juga menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Seledri merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Di dalam 100 gram seledri, hanya terkandung sekitar 14 kalori saja. Itulah mengapa seledri dianggap sebagai makanan yang cocok untuk kalian yang sedang berada dalam program diet.  Mengkonsumsi seledri dalam jumlah banyak tidak akan menambah berat badan. Selain itu, Seledri sangat mudah dicerna. Karena, kandungan yang ada di dalam seledri cenderung berisi air, yaitu sekitar 95% kandungan air di dalam seledri. Fakta ini menunjukkan bahwa seledri menghancurkan racun serta retensi cairan di dalam tubuh.

Kemudahan lain bagi yang sedang melakukan diet dengan daun seledri adalah, kenyataan bahwa seledri mudah ditemukan dimana saja. Baik di pasar tradisional, modern, tukang sayur keliling, atau pun tukang sayur dekat rumah pasti menjual daun seledri. Karena pada dasarnya daun seledri selalu dicari sebagai penambah menikmati dalam suatu masakan, terutama makanan berkuah. (Baca Juga : Cara Diet Alami)

1. Jus Seledri Sebelum Sarapan Pagi

Meminum jus seledri sebelum sarapan pagi bisa membuat kandungan yang ada di dalam sayuran seledri akan lebih mudah dicerna tubuh, serta dapat bertahan lebih lama hingga makan siang. Berikut tahapan membuat jus seledri :

Bahan-Bahan :

  • 3 batang daun seledri
  • Mentimun
  • Gandum atau Oat
  • Air
  • Madu asli

Cara Membuat :

  1. Ambil 2 atau 3 batang daun seledri lalu dicincang kasar
  2. Lalu ambil mentimun dan iris kecil-kecil
  3. Masukan semua bahan seperti daun seledri yang telah dicincang, irisan mentimun, dan juga 1 sendok gandum atau oat ke dalam blender
  4. Kemudian, masukan air secukupnya. Tunggu sampai bahan tercampur rata menjadi halus
  5. Tidak direkomendasikan untuk menggunakan gula atau pemanis lainnya, terkecuali madu. Karena madu merupakan pemanis alami yang memiliki tingkat glukosa yang rendah.
  6. Setelah semua tercampur rata, jus siap dihidangkan dalam gelas besar

Baca Juga :


2. Makan Siang dengan Sup Seledri

Kemudian, untuk makan siang, anda bisa memilih menu sup seledri. Hal ini efektif untuk membantu keberhasilan diet yang sedang anda jalani. Sup seledri sendiri dinilai mampu untuk menjadi makanan pembakar lemak yang efektif di dalam tubuh. Bahkan, memilih sup seledri sebagai menu makan siang juga bisa menekan nafsu makan untuk tidak mengemil makanan ringan yang cenderung dilakukan di sela – sela kegiatan sehari – hari. Berikut tahapan membuat sup seledri:

Bahan-Bahan :

  • 6 Batang daun seledri
  • Minyak zaitun
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sendok tepung jagung
  • 1 lembar daun salam
  • Air 500 cc
  • Kaldu
  • Lada
  • Garam

Cara Membuat :

  1. Potong 6 batang daun seledri lalu cincang kasar
  2. Iris 2 siung bawang merah
  3. Panaskan minyak zaitun
  4. Setelah panas, masukkan bawang merah, tumis hingga harum
  5. Kemudian masukkan air sekitar 500 cc serta kaldu daging
  6. Lalu masukkan potongan daun seledri dan daun salam, aduk hingga merata
  7. Setelah air mulai mendidih, masukkan tepung jagung dan tambahkan lada serta garam secukupnya
  8. Tunggu sampai matang lalu pindahkan ke mangkuk dan Sup Seledri siap dihidangkan dan dikonsumsi sebagai menu diet untuk makan siang anda.

Baca juga:

3. Smoothie Seledri Sebelum Makan Malam

Smoothie seledri adalah alternatif untuk menahan nafsu makan anda yang biasa muncul setelah makan malam selesai. Hal ini dikarenakan kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan, terlebih makanan ringan di malam hari lebih besar. Berkurangnya kegiatan yang dilakukan pada malam hari membuat nafsu makan semakin meningkat. Oleh karena itu, mengkonsumsi smoothie pada malam hari sebelum makan malam sangat dianjurkan untuk mengsukseskan diet anda. Berikut tahapan membuat smoothie seledri:

Bahan-Bahan :

  • 3 batang daun seledri
  • 2 buah kiwi
  • 2 buah jeruk manis
  • daun peterseli
  • air 250 cc
  • madu asli

Cara Membuat :

  1. Kupas 2 buah kiwi dan potong menjadi beberapa bagian kecil
  2. Lalu iris daun peterseli dan 2 batang daun seledri menjadi bagian yang lebih kecil
  3. Kupas jeruk dan buang biji – biji yang ada di dalam jeruk.
  4. Masukkan semua bahan kedalam blender, lalu tunggu sampai halus
  5. Pindahkan smoothie ke gelas sesuai takaran dan Smoothie untuk diet anda siap dikonsumsi.

Baca:

4. Air Seledri Hangat Untuk Teman Minum

Cara Diet Dengan Daun Seledri yang selanjutnya adalah menjadikan daun seledri sebagai teh. Teh seledri bisa dikonsumsi kapan saja. Namun waktu yang efektif untuk mengkonsumsinya adalah diantara waktu setelah mengkonsumsi makan malam dengan waktu sebelum tidur. Apabila rutin mengkonsumsi minuman ini, efek dari teh seledri akan terlihat dalam beberapa hari. Berikut bagaimana cara membuat teh seledri yang benar. Di bawah ini adalah tahapan membuat teh seledri, yaitu:

Bahan-Bahan :

  • 1 batang daun seledri
  • air putih hangat 500 cc

Cara Membuat :

  1. Siapkan 1 batang daun seledri dan air putih hangat 500 cc
  2. Campurkan 500 cc air putih hangat dengan 1 batang daun seledri kedalam wadah yang berukuran sedang
  3. Diamkan selama 30 menit, hal ini berfungsi agar sifat pelangsing yang terkandung dalam seledri bisa menyerap ke dalam air.
  4. Setelah 30 menit, tuangkan ke dalam gelas kemudian teh seledri siap dihidangkan.

Baca:

Manfaat Daun Seledri untuk Diet

Terdapat beberapa manfaat daun seledri terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet, diantaranya :

1. Seledri Sebagai Pencahar Makanan

Seledri memiliki kandungan zat – zat diantaranya adalah zat salinene, asparagin, dan limonene. Zat – zat tersebut memiliki manfaat untuk membantu menghancurkan liquid yang volumenya melebihi batas di dalam tubuh. Terlebih, zat – zat penting ini ditemukan di seluruh tanaman seledri mulai dari daun, batang, bahkan biji tanaman seledri.

2. Seledri Memiliki Jumlah Kandungan Kalori yang Rendah

Seperti yang telah diuraikan di atas, Seledri termasuk sayuran yang memiliki kandungan kalori yang amat sangat rendah. Oleh karena itu, Seledri bisa dikonsumsi dalam jumlah yang sebanyak – banyaknya tanpa harus mengkhawatirkan akan naiknya berat badan.

Baca Juga :

3. Seledri Mampu Menekan Nafsu Makan

Apabila memilih diet dengan daun seledri, kemungkinan tingkat keberhasilannya semakin tinggi. Hal ini dikarenakan sayuran seledri sendiri mampu menekan selera nafsu makan kita sehingga kita tidak mudah merasa lapar. Kandungan serat yang terdapat di dalam seledri mampu membuat kita yang mengkonsumsinya merasa cepat kenyang. Terlebih, seledri mampu mengatur aliran pencernaan usus, sehingga mampu mengatur keluar masuknya makanan, serta memproses pencernaan dengan lebih stabil. Hal ini akan menguntungkan bagi kalian yang memilih diet dengan daun seledri.

4. Memiliki Efek Detoks

Selain mampu menekan nafsu makan yang kita miliki, kandungan serat yang terdapat di dalam daun seledri juga mampu membantu organ tubuh membersihkan racun yang menyebar di seluruh tubuh. Oleh karena itu seledri mampu membuat tubuh kita merasa lebih sehat dan lebih fit, meskipun sedang menjalani program diet.

Manfaat Lainnya :

5. Mengkonsumsi seledri mampu membantu kinerja ginjal menjadi lebih teratur dan stabil.

6. Seledri memiliki kandungan mineral, kalium, natrium, dan berbagai macam vitamin seperti B1, B2, dan B6 yang baik untuk perawatan kulit, mata, serta rambut.

7. Seledri membantu mengontrol tingkat kolesterol serta sirkulasi darah.

Baca Juga :

Tidak ada salahnya anda mencoba diet dengan menggunakan daun seledri yang sangat mudah untuk didapatkan. Karena daun seledri ini hanya mengandung sedikit sekali kalori, dan dijamin jika anda memakan daun hijau ini anda tidak akan mengalami kegemukan. Demikian beberapa cara diet dengan daun seledri yang efektif, alami tanpa efek samping bagi tubuh. Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!