10 Cara Diet Dengan Kopi Paling Ampuh Serta Terbukti Efektif

Cara Diet Dengan Kopi bisa anda coba untuk menurunkan berat badan anda. Sudah banyak yang tahu bahwa kopi memiliki kandungan yang baik dan buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Kafein sendiri bisa bisa membuat jantung orang yang meminumnya terpacu lebih cepat dari keadaan normal dan membuat tubuh lebih terasa segar dan tidak cepat mengantuk.Oleh karena itu, Kafein dinilai sebagai bahan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan jantung manusia.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Kopi

Cara Diet Dengan KopiNamun disisi lain, banyak pula mereka yang cenderung tidak tahu, khususnya perempuan, bahwa kafein ternyata mampu meredusi atau mengurangi jumlah lemak yang ada di dalam tubuh kita Apabila kadar kafein di dalam kopi lebih banyak di bandingkan kandungan zat lainnya, kafein mampu membuat tubuh melakukan metabolisme lebih cepat dibandingkan sebelum mengkonsumsinya.

Hal ini adalah fakta bahwa kafein mampu membakar kalori lebih banyak dan mencegah terjadinya penumpukan lemak yang tidak berguna di dalam tubuh secara bersamaan. Sekarang ini,  kalau di cermati lebih teliti, banyak sekali obat pelangsing tubuh yang menggunakan kafein di dalam campurannya, bahkan dijadikan bahan dasar pembuatan obat tersebut.

Oleh Karena itu, Mengkonsumsi kopi dengan takaran kafein yang tepat sangat di anjurkan bagi kalian yang merasa kelebihan berat badan, dan cenderung ingin melakukan diet yang alami. Di Bawah ini akan dijelaskan beberapa cara diet dengan kopi.

1. Mengkonsumsi Kopi Setelah Sarapan

Cara ini merupakan cara diet kopi yang paling mudah. Setelah menghabiskan sarapan di pagi hari, buat kamu yang sedang diet dianjurkan meminum kopi dengan kadar kafein tinggi. Hal ini dikarenakan secangkir kopi di pagi hari mampu menstimulasi keinginan kamu agar tidak melulu ingin makan. Terutama keinginan untuk mengkonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, camilan, dan lain-lain. Bahkan, Meminum kopi di pagi hari ternyata mampu mengurangi nafsu makan kamu yang berlebih.

2. Mengkonsumsi Kopi Setelah Makan Siang

Kebanyakan dari kita mengkonsumsi makanan dengan kadar  karbohidrat lebih banyak di siang hari, dibandingkan pada pagi hari. Hal ini normal, dikarenakan adanya picu kerja keras otak dari pagi hari pukul 8-12 yang dipaksa bekerja, juga penggunaan indera membuat perut terasa lebih lapar dari biasanya. Oleh karena itu, Mengkonsumsi kopi setelah makan siang juga dianjurkan untuk mengurangi nafsu makan berlebih. Namun, hal ini akan efektif apabila tubuh tetap bergerak setelah makan siang. Dan tidak akan efektif apabila kamu melanjutkannya dengan tidur siang.

Baca Juga :

3. Mengkonsumsi Kopi setelah Makan Malam

Malam hari adalah waktu berhentinya aktivitas dan kita melepas penat karena telah bekerja seharian. Kecenderungan kita untuk makan camilan di atas tempat tidur sambil baca buku, atau pun sedang menonton televisi dengan orang tersayang cenderung meningkat. Hal ini tanpa sadar sering kita lakukan. Oleh karena itu, diusahakan bagi kita yang sedang melakukan diet kopi untuk menurunkan berat badan, dianjurkan untuk meminum kopi yang rendah kafein saja setelah makan malam. Mengapa rendah kafein? Karena, bagi konsumen pemula, ditakutkan ada kecenderungan mendapatkan efek samping dari kopi, seperti jantung yang tiba – tiba berdetak lebih cepat, timbulnya emosi yang tinggi, susah tidur, dan lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya memilih kopi dengan kafein yang memiliki tingkat kecenderungan rendah, sehingga mampu mengurangi nafsu makan, juga tidak memiliki kesulitan memejamkan mata akibat kelelahan. Waktu untuk mengkonsumsi kopi lebih baik 3 atau 4 jam sebelum waktu tidur tiba.

Baca:


4. Mengkonsumsi Kopi Rendah Gula dan Krim

Ada hal yang perlu kalian wajib lakukan apabila sedang melakukan diet alami dengan kopi. Yaitu dengan mengkonsumsi kopi dengan kadar gula dan krim yang rendah. Karena, apabila kamu meminum kopi dengan kadar gula dan krim yang berlebihan Karena ingin rasanya manis, hal ini malah menampilkan efek sebaliknya. Gula dan krim yang dikonsumsi mampu menaikkan kadar lemak di dalam tubuh kita.

Karena, baik gula dan krim adalah pemanis yang memiliki tingkat kalori yang cenderung tinggi sehingga mampu menghasilkan penumpukkan lemak di dalam proses metabolisme tubuh kita. Sehingga, bukan tidak mungkin mampu menambah berat badan kamu yang sebenarnya ingin mengurangi berat badan.

Baca:

5. Imbangi dengan Minum Air Putih

Diet alami dengan kopi harus di imbangi dengan kadar minum air putih yang seimbang. Mengapa? Hal ini dikarenakan kopi sendiri memiliki sifat diuretik. Sifat ini merupakan sifat zat yang merusak tubuh. Diuretik mampu menyebabkan pengkonsumsinya kehilangan banyak cairan yang dibutuhkan tubuh, Oleh karena itu, walaupun kita meminum kopi yang berbahan dasar air, kita akan tetap merasakan dehidrasi apabila jumlah konsumsi air putih yang masuk dalam tubuh tidak seimbang

Sehingga, para ahli sangat mengajurkan bagi mereka yang sedang menjalankan diet kopi agar tetap minum air putih dengan kadar yang telah dianjurkan yaitu 18 liter per hari atau lebih. Agar cairan yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya tetap sama dan tidak mengganggu proses metabolism tubuh meskipun anda sedang dalam diet program kopi.

Baca:

6. Minum Kopi bersama Konsumsi Salad

Sudah banyak cara diet yang menganjurkan konsumsi salad sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan campuran sayuran terbaik dalam salad, disertai dengan jumlah mayonnaise yang di campurkan bisa membantu mengenyangkan perut tanpa harus menambah berat badan. Bahkan, konsumsi salad mampu menyeimbangkan berat badan sehingga mencapai tubuh yang ideal sesuai tinggi badan. Kemudian, meminum kopi setelah mengkonsumsi salad, apalagi di malam hari, amat sangat dianjurkan. Keduanya sama – sama mampu meredusi jumlah lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Baca:

7. Meminum Kopi Campuran

Kopi campuran adalah jenis kopi yang banyak dikemas menjadi bentuk sachet. Kopi bentuk ini dapat ditemukan di supermarket atau toko terdekat. Seperti campuran kopi rasa capucino, mocacino, kopi luwak, dan lain sebagainya. Berbagai jenis kopi ini juga dinilai memiliki tingkat keefektifan yang tinggi untuk membantu menurunkan berat badan, juga mengekang nafsu makan untuk tidak mengemil makanan ringan.

8. Imbangi dengan Olahraga

Diet kopi untuk menurunkan berat badan tidak akan efektif apabila tidak dilakukan dengan olahraga yang rutin. Meminum kopi sangat dianjurkan sebelum melakukan olahraga. Karena kafein yang sejatinya bisa membakar lemak, dibantu dengan olahraga yang cukup mampu meredusi jumlah lemak lebih banyak dan cepat dibandingkan tanpa melakukan olahraga sama sekali. Bahkan, meminum kopi sebelum olahraga juga mampu meningkatkan fokus, stamina, serta energy yang dibutuhkan tubuh sebelum berolahraga.

Baca:

9. Konsumsi dalam Batas Wajar

Walaupun kita dituntut untuk melakukan diet kopi agar mampu  mengurangi jumlah lemak di dalam tubuh, bukan berarti kita harus mengkonsumsi kopi dalam jumlah di atas normal. Karena, apabila kadar konsumsi kopi melebihi batas yang bisa diterima tubuh, akan menimbulkan gejala depresi bagi yang meminumnya. Akibatnya, akan terjadi peningkatkan nafsu makan yang berlebihan akibat gejala depresi tersebut. konsumsilah kopi sekitar 200 ML per harinya.

10. Meminum Kopi secara perlahan

Meminum kopi dengan cara ini mampu mempercepat proses metabolisme tubuh dalam meredusi lemak. Mengapa? Karena apabila kopi dikonsumsi perlahan, tubuh mampu mendeteksi aliran kafein lebih teratur dan menyalurkan kafein tersebut ke dalam lemak yang harus terlebih dahulu dihancurkan. Cara meminum kopi secara perlahan sangat dianjurkan saat pagi hari, juga malam hari. Saat pagi hari, kopi bisa menghancurkan lemak yang menumpuk akibat tidak ada aktivitas yang berlebihan ketika kita terlelap. Sebaliknya, kopi di malam hari mampu meredusi jumlah lemak yang alot dan tidak sempat dihancurkan kafein pada kopi siang hari.

Baca:

Dan akhirnya, walaupun Cara Diet Dengan Kopi untuk mengurangi jumlah lemak di tubuh dapat memberikan hasil yang maksimal, bagi sebagian orang mungkin tidak menghasilkan keefektifan yang diinginkan dari diet kopi. Hal ini dikarenakan proses metabolisme tubuh masing – masing individu berbeda. Selain itu, diet kopi tidak dianjurkan bagi mereka yang di diagnose menderita penyakit kronis. Karena dapat menghasilkan efek samping yang berakibat fatal bagi tubuh. Ada baiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter dan mendengarkan saran yang dianjurkan. Kemudian, bagi anda yang cocok dengan diet ini, selamat mencoba dan jangan berhenti di tengah jalan ya. Semoga berhasil!

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!