7 Cara Diet Dengan Buah Melon Paling Mudah dan Teruji Ampuh

Cara Diet Dengan Buah Melon bisa anda coba, karena selain mudah didapatkan diet ini mudah untuk dilakukan. Buah melon yang termasuk ke dalam suku labu-labuan ini memiliki tekstur yang lembut dan kaya dengan air. Melon tumbuh dengan cara merambat dengan daging buah berwarna hijau muda dan agak kekuningan. Buah melon sangat cocok dimasukkan ke alam menu diet sebab mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh sekaligus menurunkan berat badan dengan cukup cepat.

ads

Artikel terkait:

Cara Diet Dengan Buah Melon

Cara Diet Dengan Buah MelonBuah melon sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda yakni kulit buah, daging buah dan juga biji. Kulit buah melon memiliki ukuran sedang yakni 1 sampai 2 mm namun teksturnya keras dan padat. Pada bagian kulit melon memiliki lapisan epidermis, mesodemis dan endodemis. Bentuknya bulat lonjong dengan warna daging buah kuning, hijau, hijau tua dan juga oranye. (Baca Juga : Diet Kentang Rebus)

Bagian akar pada tanaman melon memiliki akar tunggang yang tersusun dengan akar utama dan akar literal. Akar ini bisa mencapai 15 sampai 20 cm, sementara untuk akar sekundernya berserabut yang disebut dengan akar tersier dan bisa mencapai 35 sampai 45 cm. Untuk bagian batang berwarna hijau muda berbentuk persegi lima serta mempunyai 3 sampai 7 lekukan, sementara untuk bagian daun berwarna hijau tua dengan permukaan kasar dan susunannya berselang-seling. Sementara untuk bunga tumbuh di bagian ketiak daun dan bunga jantan membentuk kelompok sebanyak 3 sampai 6 buah serta ditopang oleh tangkai panjang pipih dan hanya terdiri dari mahkota bunga serta benang sari namun tidak mempunyai bakal buah. Sedangkan untuk bunga betina memiliki ruas bercabang dengan bunga, putik dan bakal buah pada ketiak daunnya dan dengan bantuan angin, maka penyerbukan akan dibantu dengan angin. (Baca Juga : Cara Diet Untuk Penderita Diabetes)

Lalu, bagaimana cara diet dengan buah melon yang benar dan apa saja kandungan dari buah melon yang baik untuk program diet kamu?, simak panduan selengkapnya yang akan diberikan berikut ini.

  1. Sebelum jam makan dan kamu merasa lapar, maka kamu bisa mengkonsumsi buah melon ini sebagai penunda lapar yang menyehatkan.
  2. Kamu juga bisa mengganti salah satu jam makan dengan hanya mengkonsumsi buah melon saja sebanyak 2 potong.
  3. Konsumsi buah melon 1 jam sebelum tidur akan sangat membantu tubuh untuk mencerna makanan yang sudah disantap sebelumnya, sehingga kerja lambung dan usus bisa semakin ringan.

Artikel terkait:

Olahan Buah Melon Untuk Diet

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah buah melon menjadi menu diet sehat sehari-hari dengan rasa yang nikmat dan tentunya sangat menyehatkan.

1. Jus Melon dan Yoghurt

Blender 2 cup irisan melon dengan 1 sendok teh irisan jahe, 1/2 cup yoghurt dan es batu secukupnya sampai semua tercampur merata dan langsung minum sampai habis.

2. Jus Melon dan Susu

Blender 50 gram buah melon bersama dengan 50 gram alpukat, 2 sendok makan sirup gula, 1/2 gelas susu cair dan es serut secukupnya sampai merata lalu tuang ke dalam gelas saji dan minum sampai habis.

Artikel terkait:

3. Mix Melon

Blender 50 gram melon dengan 50 gram mangga, 50 gram jeruk bali, 1/4 gelas susu kedelai, 4 sendok makan sirup gula, 1/2 gelas air putih dan es batu secukupnya sampai merata dan minum sampai habis.

4. Jus Melon dan Bayam

Untuk membuat minuman diet ini caranya adalah blender 220 gram melon bersama segenggam daun bayam segar, 100 gram anggur merah dan air secukupnya lalu saring dan minum sampai habis.

Artikel terkait:

Manfaat Melon Untuk Diet

1. Tidak membuat gemuk

Mengkonsumsi sebanyak 250 gram melon di pagi hari merupakan tips diet ampuh yang bisa kamu terapkan dan membantu mendapatkan bentuk tubuh yang paling ideal. Jumlah kalori rendah yang terdapat pada buah melon tidak akan membuat kamu mengalami kegemukan.

2. Kaya antioksidan

Dalam buah melon mengandung 90% air yang akan memberikan rasa menenangkan dan juga bermanfaat mencegah sakit maag, mulas serta melancarkan saluran pencernaan. Serat tinggi yang terkandung di dalam buah ini juga membuat makanan tidak akan menumpuk pada usus, sebab menumpuknya makanan di dalam usus bisa menimbulkan kolesterol dan juga kadar gula yang tinggi.

3. Penunda rasa lapar

Oleh karena kandungan air tinggi, maka buah ini akan membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, melon sangat baik untuk diet sebab bebas akan kolesterol, lemak dan juga kadar sodium yang rendah.

Artikel terkait:


Nutrisi Dalam Buah Melon

  • Potassium berfungsi Menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah supaya tetap stabil
  • Vitamin A Baik untuk kesehatan mata, kulit, tulang, gigi dan selaput lendir
  • Vitamin C berfungsi Untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imun tubuh
  • Likopen berfungsi Menurunkan beberapa jenis kanker dan mencegah serangan jantung
  • Karotenoid adalah Pigmen pemberi warna buah yang dapat mencegah kanker payudara dan paru-paru
  • Betakaroten berfungsi Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi mata
  • Vitamin B6 berfungsi Membantu aktivitas enzim, meningkatkan imun tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi gejala PMS, mengontrol hormon, menjaga kesehatan kulit, mengurangi gangguan emosional.
  • Asam pantotenat berfungsi Membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menyuburkan rambut, menyembuhkan jerawat, menghilangkan infeksi mata, menjaga kesehatan kulit.
  • Asam folat berfungsi Menguatkan sel telur, menyuburkan kandungan, meningkatkan produksi sperma, meningkatkan kualitas sperma, mengurangi cacat lahir bayi, produksi sel darah merah, meningkatkan perkembangan syaraf otak, meningkatkan daya ingat dan mengurangi depresi.
  • Niasin berfungsi Memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, larut dalam air, mengubah protein dan lemak serta karbohidrat menjadi energi.
  • Serat berfungsi Melancarkan sistem pencernaan, membantu program diet, mengatasi sembelit
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Tiamin

Artikel terkait:

Semua jenis buah khususnya dalam hal ini adalah melon, sangat baik dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani program diet. Melon yang tinggi akan serat dan kandungan air ini akan menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga hasil dari Cara Diet Dengan Buah Melon yang kamu jalankan bisa terlihat dengan cepat dan memperoleh hasil maksimal, selamat mencoba.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!