3 Cara Diet Dengan Buah Alpukat Secara Alami Paling Mudah

Cara Diet Dengan Buah Alpukat bisa anda coba untuk menurunkan berat badan secara alami. Semakin majunya teknologi semakin pula mendorong terjadinya perubahan gaya hidup. Dewasa ini banyak sekali wanita berbondong – bonding mencoba berbagai cara diet yang menurutnya efektif tanpa memikirkan efek samping. Segala obat pelangsing, suplemen diet dan obat – obatan lainnya di coba. Tetapi kebanyakan hasilnya nihil alias hanya menghamburkan uang saja. Oleh karena itu, disini saya akan memaparkan sebuah cara diet yang alami, yaitu cara diet dengan alpukat.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Buah Alpukat

Cara Diet Dengan Buah AlpukatBanyak sekali anggapan bahwa mengkonsumsi alpukat akan menambah lemak di dalam tubuh. Padahal, faktanya kandungan lemak yang ada di dalam buah alpukat adalah lemak yang baik serta mampu diolah atau dicerna oleh tubuh dengan baik pula. Anggapan bahwa alpukat mampu membuat anda gemuk adalah salah besar. Sebaliknya, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat membantu anda menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan alpukat adalah buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. (Baca Juga : Makanan Untuk Diet Golongan Darah B)

Selain itu, Buah alpukat sendiri juga mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C serta lemak baik. Jadi jangan ragu memilih alpukat sebagai salah satu alternatif buah anda untuk diet. Karena buah alpukat adalah buah yang cocok untuk diet dengan banyaknya nutrisi yang dibutuhkan saat anda menjalani program diet.

Baca Juga :

1. Mengkonsumsi Buah Alpukat Langsung 

alpukat dikonsumsi langsungSebelum Jus atau olahan buahan lainnya menjadi alternatif untuk asupan penting bagi diet, banyak orang tua terdahulu memanfaatkan cara diet dengan alpukat tanpa campuran bahan apapun. Oleh karena itu, banyak orang tua terdahulu yang memiliki tubuh sehat dan jarang terkena penyakit kronis seperti halnya kanker. Kemudian, sebenarnya ini adalah salah satu cara bagaimana mengolah buah alpukat untuk diet. Alpukat disajikan dalam irisan kecil sebagai sebuah hidangan pencuci mulut, atau sebagai santapan biasa tanpa campuran. (Baca Juga : Makanan untuk Diet Golongan Darah O)

Kemudian, saat ini, banyak cara mengolah alpukat untuk dijadikan berbagai produk. Seperi produk kesehatan kulit, atau kecantikan wajah. Lalu ada juga mengolah alpukat menjadi jus. Hal ini efektif untuk diet, namun ada kalanya reaksi dari alpukat tersebut menimbulkan dampak negatif bagi mereka yang alergi alpukat. Alergi alpukat seperti ini disebut sebagai syndrome latex-fruit.

Disisi lain, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli, orang yang mengkonsumsi buah alpukat secara rutin memiliki kualitas kesehatan tubuh yang baik terlebih untuk diet.

Baca Juga :


2. Tidak Mencampurkan Buah Alpukat Dengan Bahan Apapun

Untuk hasil yang lebih baik, cara diet dengan alpukat yang praktis dan efektif adalah tidak mencampurinya dengan gula atau pun susu, serta pemanis buatan lainnya. Karena pada umumnya, banyak orang yang mengkonsumsi buah alpukat dalam bentuk jus yang dicampur dengan gula. Hal ini malah akan meningkatkan kadar kolesterol buruk juga menyebabkan obesitas. (Baca Juga : Bahaya Diet Air Putih)

Lalu, untuk mengkonsumsi alpukat sebaiknya hindari mencampurkannya dengan buah atau sayuran yang lain. Hal ini, walaupun terkesan lebih alami, campuran dari reaksi kimia yang terkandung di dalamnya akan menghasilkan efek yang berbeda pula. Sangat disarankan bahwa mengkonsumsinya dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu lalu iris alpukat tersebut menjadi irisan kecil.

3. Dengan Membuat Jus Buah Alpukat 

jus alpukatAnda bisa mengolah alpukat sebagai cara diet dengan buah alpukat dengan membuatnya jus. Karena Lebih baik buah alpukat dikonsumsi tanpa campuran apapun, maka kita akan membuat jus alpukat yang paling sehat. Berikut cara membuat jus buah alpukat :

Bahan-Bahan :

  • 3 buah alpukat yang sudah matang
  • 250 cc air putih

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan 3 buah alpukat yang sudah matang dan berukuran sedang
  2. Belah buah alpukat lalu pisahkan biji dari daging buah
  3. Siapkan sendok untuk mengambil daging buah
  4. Lalu potong buah alpukat menjadi bagian yang lebih kecil
  5. Kemudian masukkan potongan buah alpukat kedalam blender dengan 250 cc air putih
  6. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata
  7. Lalu tuangkan pada gelas besar dan siap dinikmati

Baca Juga :


Cara Kerja Buah Alpukat Untuk Diet

Berikut penjelasan bagaimana alpukat bekerja untuk diet:

1. Alpukat memiliki pengaruh besar pada tingkat gizi dan penurunan resiko sindrom metabolik.

Diet alpukat dianjurkan dilakukan setidaknya selama tujuh hari dengan mengkonsumsi buah alpukat. Cara ini juga efektif bagi yang melaksanakannya. Bahkan hal ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Kandungan Nutrisi yang Baik bagi Tubuh

Penelitian terhadap pasien yang menderita obesitas dengan kadar lemak yang sedang. Penderita ini mengkonsumsi paling tidak sekitar 136 gram selama 5 minggu buah alpukat dalam sehari. Hal ini akan menghasilkan berkurangnya jumlah kadar LDL. Konsumsi buah ini merupakan kombinasi dari monounsaturated fat, filosterol, beta sitosterol, serat makanan dan kandungan nutrisi lain yang ada di dalam alpukat.

Baca Juga :

Kandungan Sehat di Dalam Alpukat untuk Diet

Di dalam alpukat, ada beberapa kandungan sehat yang baik dikonsumsi saat sedang menjalani program diet, diantaranya adalah:

  • Protein

Kandungan 18 asam amino yang terdapat di dalam buah alpukat sangat diperlukan bagi tubuh untuk membentuk sebuah protein yang lengkap. Protein yang dibentuk oleh alpukat sangat berbeda dengan protein yang ada di dalam daging. Protein di dalam alpukat mudah di cerna bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan, protein di dalam alpukat mengandung serat yang mudah dicerna bagi tubuh. Oleh karena itu, alpukat bisa menjadi alternatif yang baik untuk dijadikan buah untuk diet anda. (Baca Juga : Bahaya Diet Mayo)

  • Lemak Sehat

Kecenderungan asumsi yang menganggap bahwa lemak yang banyak di dalam alpukat malah menambah kadar berat badan. Sejatinya, keberadaan lemak alpukat yang berjumlah sekitar 16% adalah lemak yang aman, bahkan menyehatkan. Hal ini dikarenakan, 63 persen dari unsur penyusun lemak di dalam alpukat adalah asam yang tergolong tidak jenuh. Terlebih, asam lemak tidak jenuh tersebut adalah tidak tunggal, dimana tidak akan memberikan kenaikan berat badan yang tidak sehat bagi tubuh.

Teruji oleh beberapa ahli bahwa makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat diet adalah yang mengandung MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) seperti yang ada di dalam alpukat. Bahkan, selain membantu mengurangi berat badan di tubuh, makanan yang termasuk dalam golongan MUFA adalah makanan yang mampu meredusi jumlah lemak di area perut.

Baca Juga :

Diantara buah yang lain, Alpukat adalah buah terbaik yang memiliki kandungan kartenoid dan phytonutrient. Karena, di dalam 100 gram buah alpukat, terkandung sekitar 165 mikrogram karoten serta 300-400 IU vitamin A. Selain itu, alpukat juga termasuk buah yang sering menawarkan berbagai jenis kartenoid. Bukan hanya kartenoid seperti alfa/beta karoten, atau lutein. Tetapi juga beragam jenis kartenoid yang kurang terkenal namanya namun memiliki khasiat yang tinggi bagi tubuh. Seperti beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, neoxanthin, dan violaxanthin. (Baca Juga : Cara Diet Perut Buncit)

Kemudian, setiap kali anda mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai jenis kartenoid, tubuh anda akan menerima banyak asupan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Lalu, kartenoid juga meningkatkan sistem imun tubuh juga kesehatan sistem organ reproduksi. Selain itu, kartenoid juga termasuk kandungan yang mudah larut dalam lemak,sehingga mampu menyerap nutrisi lebih cepat.

  • Anti Inflamasi

Adanya kombinasi dari berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam satu buah alpukat juga menawarkan berbagai manfaat besar sebagai sebuah anti – inflamasi atau anti peradangan. Kombinasi unik dari vitamin A, C, E, serta kartenoid,  seng, pilosterol, selenium, dan asam lemak omega-3 sangat membantu dalam mencegah peradangan. Oleh karena itu, hal ini menunjukkan bahwa alpukat juga dapat membantu mencegah bahkan mengurangi resiko terserang penyakit osteoarthritis dan rematik. Terlebih, kandungan vitamin c yang berjumlah sekitar 14 mg per 100 gram buah alpukat dinilai sebagai kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi di dalam tubuh. (Baca Juga : Cara Diet Saat Hamil Muda)

  • Serat

Makanan yang mengandung banyak serat sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan di dalam tubuhnya. Serat yang terdapat di dalam alpukat termasuk tinggi, yaitu mencapai 1,6 gram. Oleh karena itu, hal ini sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan serta membuang sisa – sisa pencernaan yang mengandung racun di dalamnya.

Selain itu. setengah dari alpukat mengandung 3,4 gram serat. 3,4 gram serat tersebut mengandung serat yang larut maupun tidak larut. Kedua serat tersebut dibutuhkan untuk menjaga sistem pencernaan di dalam tubuh. Tidak hanya itu, serat larut yang ada di dalam alpukat juga membantu memperlambat  pemecahan kabohidrat yang terdapat di dalam tubuh.  Sehingga, dengan perlambatan pemecahan karbohidrat tersebut, mampu membuat anda merasa kenyang di waktu yang lama. Di dalam alpukat juga terkandung asam folat yaitu lemak. Lemak berfungsi untuk mengaktifkan bagian otak yang bisa membuat anda merasa kenyang.

Baca:

Khasiat yang terkandung di dalam buah alpukat untuk menurunkan berat badan biasanya karena kandungan anti oksidan yang tinggi di dalam satu buah alpukat tersebut. Otomatis, setelah anda mengkonsumsi alpukat tanpa campuran apapun, akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Terlebih, aktivitas ngemil yang biasa dilakukan  akan berkurang karena perut masih merasa kenyang. Oleh karena itu, Cara Diet Dengan Buah Alpukat ini wajib di coba oleh siapa saja yang menginginkan diet dengan cara yang alami. Selamat mencoba!

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan