3 Cara Diet dengan Buah Markisa Paling Mudah dan Sehat (#Teruji)

Cara Diet dengan Buah Markisa bisa anda coba untuk menjadi alternatif anda untuk menurunkan berat badan. Mungkin sebagian dari anda belum terlalu mengenal buah yang bernama markisa.  Memang banyak dari kita bagaimana bentuk buah markisa tersebut. Buah yang satu ini memang hanya tumbuh di daerah yang tropis dan subtropis. Kemudian, buah markisa termasuk ke dalam genus passiflora. Selain itu, buah markisa sendiri tidak berasal dari Indonesia. Melainkan berasal dari beberapa wilayah yang berada di sekitar negara Brazil. Buah markisa juga memiliki banyak panggilan masing – masing di dalam beberapa wilayah tertentu.

ads

Baca Juga :

Cara Diet dengan Buah Markisa

Cara Diet dengan Buah MarkisaMarkisa yang paling banyak di budidayakan adalah markisa ungu. Markisa ungu dapat ditemukan di sekitar wilayah daerah Sulawesi selatan dan Sumatera Utara. Di samping itu, tanaman buah markisa juga dapat tumbuh dengan baik jika buah markisa di tanam pada ketinggian antara 800 meter sampai dengan 1500 meter dari permukaan air laut. (Baca Juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

Selain di Indonesia, buah markisa juga dapat di temukan di negara – negara beriklim tropis dan subtropics lainnya, Seperti Timur Tengah, Asia Tenggara, Kawasan Mediterania, dan kawasan lainnya. Negara – negara ini banyak sekali menggunakan buah markisa sebagai makanan mereka.  Terlebih, markisa merupakan buah yang sering kali dijadikan kudapan seperti jus, penambah rasa, dan juga sebagai pencuci mulut. (Baca Juga : Bahaya Diet Mayo)

Perut ramping atau berat badan yang ideal sangat diidam – idamkan oleh orang banyak. Terutama perempuan. Namun,  sebagian dari kita banyak yang salah memilih metode diet yang cocok bagi tubuh anda. Oleh karena itu, disini saya akan sarankan bagaimana cara diet dengan buah markisa yang cocok tanpa memiliki efek samping bagi tubuh anda. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat)

1. Mengkonsumsi Shake Markisa di Pagi Hari

Shake Markisa berbeda dengan Jus buah. Jus buah adalah minuman yang penuh dengan buah. Sementara shake markisa hanyalah minuman yang berisi buah markisa sedikit namun dibantu dengan madu dan air yang lebih banyak dari buah. Blender buah markisa, madu, dan air lalu tunggu sampai tercampur dengan baik. Setelah selesai, pindahkan shake markisa ke gelas sesuai takaran yang diinginkan. Terakhir konsumsi setelah sarapan pagi. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim)

2. Mengkonsumsi Buah Markisa di Malam Hari

Dengan mengkonsumsi buah markisa di malam hari setelah makan malam, membantu memperlambat nafsu makan yang sering hadir setelah makan malam. Nafsu makan yang kadang muncul untuk mengkonsumsi makanan ringan seperti snack, biskuit, dan lain – lain. Oleh karena itu, buah markisa adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi sebelum tidur. (Baca Juga : Diet Matahari)

3. Mengkonsumsi Buah Markisa Secara Rutin

Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk membantu program diet anda dengan buah markisa menjadi berhasil dan efektif. Dengan mengkonsumsi secara rutin, anti oksidan, dan berbagai vitamin serta kandungan nutrisi di dalam buah markisa membantu mengurangi lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga mampu meraih berat badan yang ideal pada saat penurunan berat badan.

Baca Juga :


Karakteristik Buah Markisa

Buah markisa banyak dikenal juga sebagai Granadillo Parcha. Buah ini juga termasuk dalam kategori buah berry besar yang memiliki warna kuning atau ungu gelap. Kemudian, buah ini berukuran sebesar golf. Kemudian, walaupun buah markisa mempunyai kulit yang tebal, namun di dalamnya terdapat kelembutan di sertai dengan pulps berwarna kuning transparan. Selain itu ada juga banyak biji berwarna hitam yang aman untuk dikonsumsi.

Di Indonesia ada beberapa jenis buah markisa yang berhasil di budidayakan di Indonesia.  Beberapa di antaranya adalah markisa kuning (Passiflora Edulis var, Flavicarpa), markisa ungu (Passiflora Edulis var, Edulis), dan markisa konyal (Passiflora Lingularis).

Baca Juga :

Nilai Nutrisi Buah Markisa untuk Diet

Banyak sekali kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam buah markisa. Di antaranya adalah flavonoid, Vitamin A dan C, niacin, zat besi, riboflavin, fosfor, magnesium, serat, tembaga, potassium, protein, serta antioksidan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi buah markisa untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut beberapa nilai nutrisi untuk diet yang terkandung dalam buah markisa:

1. Sepertiga dari Buah Markisa adalah Serat

Sudah teruji bahwa sepertiga dari keseluruhan buah markisa terdiri dari serat. Nah, serat sangat dibutuhkan dalam membantu meredusi atau merendahkan jumlah kolesterol. Tak hanya, serat juga membantu mengatur serta mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah. Terlebih, Serat yang ada di dalam buah markisa juga dapat membantu membersihkan usus. (Baca Juga : Cara Diet Tanpa Makan Nasi)

2. Markisa Memiliki Kalori yang Rendah

Markisa termasuk buah yang rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. Di dalam satu buah markisa, hanya terdapat sekitar 50 kalori. Dengan jumlah kalori yang hanya 50, itu sangat membantu mengurangi berat badan jika anda mengganti buah anda dengan buah markisa ini. (Baca Juga : Cara Diet Karbohidrat)

3. Memiliki Kandungan Zat Vitamin A dan Betakarotin

Buah markisa juga memiliki kandungan zat vitamin A dan Betakarotin yang baik bagi tubuh. Kandungan ini disinyalir mampu melawan peradangan yang seringkali menghalangi penurunan berat badan. Bahkan, kandungan vitamin tersebut dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Baca Juga :

4. Terdapat Vitamin C

Tidak hanya ada di dalam buah jeruk, buah markisa juga banyak mengandung vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin C sangat bermanfaat untuk melindungi kelenjar pituitary agar tidak berkurang. Selain itu masih banyak manfaat vitamin c lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Kaya akan Vitamin E

Selain vitamin A dan vitamin C, Di dalam buah markisa juga terdapat vitamin E. Vitamin E banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah, vitamin E membantu mengurangi sakit yang menyerang persendian. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolism di dalam tubuh.  Oleh karena itu, bagi mereka yang rajin berolahraga tetap bisa menjaga persendiannya agar tetap sehat dengan mengkonsumsi buah markisa. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Tomat)

6. Sebagai Sumber Tenaga, Fosfor, dan Magnesium

Seluruh zat ini bisa anda dapatkan hanya setelah mengkonsumsi satu buah markisa.  Baik zat fosfor maupun magnesium memiliki manfaat untuk memperkuat syaraf anda. Selain itu, zat – zat ini juga membantu mencegah kulit anda menjadi kering. Bahkan bisa juga membantuk mencegah rambut rontok yang dapat terjadi saat anda melakukan program diet. Hal ini dikarenakan sumber makanan yang menjaga kulit dan rambut anda tetap sehat sebagai ganti saat anda mengkonsumsi buah markisa. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Cuka Apel)

7. Memiliki Banyak Zat Besi

Zat besi sangat cocok bagi anda yang merupakan vegetarian. Manfaat zat besi sangat memiliki peran penting. Hal ini dikarenakan zat besi dapat membantu reaksi kimia yang ada di dalam tubuh. Dan juga termasuk yang memiliki hubungan dengan respirasi serta detoksifikasi. Sehingga, ini sangat membantu untuk performa yang lebih baik di dalam tubuh. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Melon)

8. Memiliki Anti Oksidan yang Tinggi

Tidak semua buah memiliki anti oksidan yang tinggi seperti yang dimiliki buah markisa. Kandungan anti oksidan yang dimiliki buah markisa juga dapat membantu selulit yang sering terjadi di bagiah bawah-belakang tubuh. Anti oksidan ini membantu mengurai cadangan lemak yang tersimpan di dalam jaringan tisu kulit anda. Terlebih, anti oksidan di dalam buah markisa juga membantu membuat kulit kembali sehat setelah mengalami penurunan bedan yang signifikan tersebut. (Baca Juga : Cara Diet Untuk Mengecilkan Paha)

9. Kaya akan Potasium

Selain zat besi, magnesium, fosfor, di dalam buah markisa juga terdapat kandungan zat potassium. Zat ini membantu mengatur metabolism dan juga mengatur tekanan darah atau hipertensi yang ada di dalam tubuh. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Daun Seledri)

10. Enzim yang Berguna untuk Pencernaan

Di dalam buah markisa juga terdapat enzim yang berguna bagi tubuh. Enzim ini membantu meningkatkan sistem pencernaan, kemudian proses detoksifikasi serta eliminasi zat yang diperlukan atau tidak diperlukan di dalam tubuh. Hal ini sangat efisien untuk mengatur proses yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga :

 

Dengan demikian, Cara Diet dengan Buah Markisa bisa dijadikan salah satu alternatif buah yang memiliki khasiat untuk mengecilkan perut. Keuntungan mengkonsumsi buah markisa lainnya adalah buah ini dapat dinikmati langsung, namun boleh dinikmati sesuai selera anda. Selain bisa mengendalikan lemak jahat, buah markisa juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung, sebagai pencegah kanker, serta penyakit saraf yang diturunkan atau sering terjadi. Menggunakan markisa sebagai buah untuk diet harus diikuti dengan pola makan yang teratur serta membiasakan gaya hidup yang sehat. Hal ini agar kita juga bisa menerapkan hidup sehat dan bebas dari penyakit. Selamat mencoba.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan