25 Cara Diet Mengecilkan Perut Pria dan Wanita Paling Ampuh

Memiliki tubuh indah merupakan dambaan setiap wanita. Namun saat ini banyak sekali wanita mengeluh. Walau mereka sudah memiliki tubuh ideal dan proporsional, masih saja ada bagian tubuh lain yang menonjol karena lemak. Yaitu bagian perut. Sehingga mereka jadi tidak percaya diri dan seringkali memakai pakaian dalam ketat untuk menutupinya. Padahal cara tersebut sangatlah tidak baik dan tidak efektif. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi lemak di perut sehingga tubuh jadi indah dan proporsional. Yaitu diet dan olah raga.

ads

Baca juga :

Cara Diet Mengecilkan Perut

Cara Diet Mengecilkan PerutDiet merupakan cara yang paling banyak digemari oleh para wanita. Untuk kamu yang belum tahu soal diet, diet adalah sebuah upaya pengaturan terhadap pola makan. Baik porsi maupun kandungan gizinya demi menunjang kesehatan tubuh. Saat ini diet dilakukan oleh wanita bukan hanya untuk menjaga pola makan dan kesehatan tubuhnya saja. Diet juga dilakukan untuk mengurangi lemak di tubuh agar tubuh jadi terlihat lebih ramping dan indah. Sayangnya ketika menjalankan diet, ada saja kesalahan yang sering dilakukan oleh para wanita. Mereka cenderung mengkonsumsi beberapa makanan yang tidak diperbolehkan saat diet. Padahal walau sedikit, itu dapat mempengaruhi kegagalan diet mereka.

Tidak hanya diet saja tetapi juga harus diimbangi dengan olah raga secara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga yang mahal ataupun gerakan yang susah-susah untuk menghilangkan lemak di perut. Ada beberapa gerakan mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut agar tubuh jadi nampak indah. Sehingga kamu tidak perlu memakai pakaian dalam yang terlalu ketat di bagian perut lagi dan jadi lebih percaya diri.

kunjungi juga :

Berikut beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan saat sedang diet serta beberapa gerakan mudah dan sederhana yang dapat kamu lakukan dirumah :

1. Mengkonsumsi Dark Chocolate

Beberapa orang pasti akan berfikir ulang, ketika diet seharusnya kita menghindari makanan yang manis- manis terutama coklat. Coklat dipercaya memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehinnga orang akan berfikir dua kali bahkan ribuan kali untuk memakan coklat saat diet.

Namun, tahukah kamu ada jenis coklat yang justru dapat mengurangi lemak di bagian perutmu?Dark chocolate, coklat ini memiliki kandungan lemak yang baik bagi kesehatan tubuh dan kandungan polifenol yang dapat mengurangi lemak yang berlebih sehingga dapat mengecilkan perutmu. Kamu bisa menambahkan coklat secukupnya dalam menu dietmu untuk menunjang kesahatan dalam tubuhmu. (Baca Juga : Makanan Pengganti Nasi)

2. Mengkonsumsi Daging Rendah Lemak

Sama halnya dengan coklat, daging adalah salah satu makanan yang paling dihindari saat diet. Namun bagi pecinta daging yang ingin diet kamu tidak perlu khawatir karena daging rendah lemak bisa menjadi menu pilihan. Rendahnya kadar lemak dalam daging tersebut tidak akan membuat perutmu buncit dalam sekali makan. Kamu bisa memanggangnya atau merebus dengan bumbu. Itu akan membuatnya lebih nikmat.

3. Mengkonsumsi Low Fat Ice Cream

Banyak sekali wanita yang susah karena tidak bisa makan ice cream lantaran sedang diet. Namun siapa sangka bahwa sebenarnya kamu boleh boleh-boleh saja makan ice cream karena saat ini sudah banyak sekali menu diet sehat yang menggunakan ice cream. Bukan sembarang ice cream tentunya. Low Fat Ice cream dibuat khusus dengan kandungan gula yang sedikit dan susu rendah kalori. Kamu dapat menjumpainya di toko-toko terdekat saat ini.

Baca juga :

4. Mengkonsumsi Yoghurt

Cara Diet Mengecilkan Perut selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi yougurt. Yoghurt merupakan bahan makanan olahan susu sapi yang difermentasikan. Namun, lantaran terbuat dari susu sapi kamu pasti ada yang berpikir bahwa yoghurt akan mempengaruhi kegagalan dietmu. Padahal yoghurt sebenarnya memiliki kalori yang rendah dan justru sangat baik untuk menu diet sehatmu. Jadi tidak perlu khawatir tentang dietmu selagi makan yoghurt. Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan sebagai perasa. (Baca Juga : Makanan Yang Tinggi Protein)

5. Mengkonsumsi Kentang Goreng

Kentang goreng dianggap memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Karena proses penggorengannya yang menggunakan minyak. Tidak hanya minyaknya namun juga rasa asinnya. Namun karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dibandingkan nasi proses penggorengan pun tidak banyak berefek samping terhadap penambahan kalorinya. Sehingga kamu masih bisa memakannya ketika diet.


6. Mengkonsumsi Gula Kapas

Gula kapas memiliki rasa yang t manis dan sangat digemari. Tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Jajanan ini pun sering kali kita jumpai di berbagai acara. Bagi kamu pecinta gula kapas, kamu tidak perlu khawatir ketika diet pun kamu masih bisa makan jajanan ini. Karena gula kapas hanya memiliki sedikit kandungan gula walaupun ukurannya yang cukup besar dan mengenyangkan. (Baca Juga : Makanan Diet OCD)

7. Mengkonsumsi Permen Jeli Rumput Laut

Pasti kamu tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang manis siapapun pasti suka. Namun bagi kamu yang diet pasti akan menghindari jajanan ini karena rasanya. tapi siapa sangka saat ini banyak sekali permen jeli yang terbuat dari rumput laut. Dan rumput laut sangatlah bagus untuk menu dietmu. Karena rumput laut hanya mengandung sedikit kalori saja.

8. Mengkonsumsi Dada Ayam

Dada ayam adalah bagian yang paling sedikit menyimpan lemak. Sehingga bagi kamu yang suka dengan daging ayam , kamu boleh mengkonsumsinya secara berkala. Karena sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Dengan proses memasak secara dipanggang, direbus atau di kukus. Namun, tidak disarankan untuk digoreng karena akan menambah lemaknya.

Baca juga :

9. Hindari Gorengan

Walaupun snack, tapi gorengan memiliki kandungan lemak yang banyak. Hal itu dikarenakan proses penggorengan dengan minyak yang jumlahnya tidak sedikit. Tidak hanya minyak ada balutan tepung untuk perenyah gorengan membuatnya memiliki kadar kalori tinggi. Jadi buat kamu yang sedang diet sangat tidak dianjurkan untuk makan gorengan dalam jumlah banyak. Karena dapat merusak dietmu.

10. Hindari Mie Instant

Cara Diet Mengecilkan Perut selanjutnya adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, yaitu menghindari mie instan. Untuk kamu yang sedang diet sebaiknya hindari makan mie instant. Walaupun porsinya sedikit tetapi kandungan kalorinya sangat tinggi. Hal itu dikarenakan bahan dasar mie instant terbuat dari tepung dan telur. Kedua bahan tersebut apabila dicampur akan membentuk kadar kalori yang tinggi. Sehingga jika kamu mengkonsumsinya, itu dapat memperburuk dietmu. (Baca Juga : Makanan Diet Ibu Menyusui)

11. Hindari Roti

Ketika diet, sebagian orang cenderung memilih roti sebagai bahan pengganti nasi. Namun sebaiknya perhatikan jumlah roti per hari yang kamu makan. Terlalu banyak jumlah roti yang kamu makan akan memperburuk dietmu. Sebaiknya saat diet kamu bisa memilih alternatif lain selain roti. Karena kandungan kalori dalam roti ternyata sangat banyak hampir setara dengan nasi. (Baca Juga : Makanan Untuk Diet Golongan Darah A)

12. Hindari Crackers

Makanan ringan ini pasti tidaklah asing di lidahmu. Sangat cocok untuk camilan dan banyak orang mengira bahwa kebanyakan crackers memiliki rendah kalori. Walau rendah kalori, sebaiknya perhatikan jumlah keping yang kamu konsumsi saat diet. Karena satu keeping crackers mengandung kalori sebesar dua keeping biskuit. jadi hati-hati jika kamu sedang diet dan ingin makan crackers.

Baca Juga :

13. Hindari Buah Alpukat

Walaupun alpukat memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun alpukat memiliki kadar lemak dan kalori yang cukup tinggi. Tidak cocok untuk kamu yang sedang diet. Karena dapar merusak program dietmu. Sehingga sebaiknya kamu menghindari untuk mengkonsumsi buah ini.

14. Hindari Mengkonsumsi Buah Anggur Merah

Anggur memiliki rasa yang nikmat . Tak hanya rasanya, kandungan gizi serta vitaminnya baik untuk kesehatan tubuh. Namun bagi kamu yang sedang diet dan ingin cepat mengecilkan perut, tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsinya. Karena mengkonsumsi buah ini secara berlebih bisa meningkatkan rasa lapar. Tak hanya rasa lapar tetapi juga nafsu makan. (Baca Juga : Pantangan Dalam Diet)

15. Hindari Mengkonsumsi Bihun

Bihun merupakan salah satu jenis mie yang sering kita jumpai di beberapa panganan. Bihun terbuat dari tepung beras dan beberapa pengawet tambahan. Bahan-bahan tersebut memiliki jumlah kalori dan kadar gula yang tinggi. Walau jumlahnya hanya sedikit, tetap saja akan berdampak bagi dietmu. Jadi buat kamu yang ingin diet lancer sebaiknya hindari makanan ini.

Itu tadi merupakan makanan-makanan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan saat kamu sedang diet guna memperkecil perutmu.

Baca Juga :

Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

1. Mengangkat Lengan Tangan Ke Atas

Cara Diet Mengecilkan Perut selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa gerakan ringan yang dapat memicu terbakarnya lemak dalam perut. Gerakan sederhana ini bisa kamu lakukan di rumah. Caranya :

  • Langkah pertama yaitu berbaringlah secara tertelungkup.
  • Usahakan posisi kamu sejajar dan lurus menghadap lantai.
  • Lalu angkat lengan kamu hingga kamu merasakan otot perutmu tertarik.
  • Lakukan bergantian antara lengan kanan dan kirimu.
  • Lakukanlah 15 kali mengangkat kaki dan juga lengan at secara bergantian.
  • Olahraga ini dapat anda lakukan 3 kali dalam sehari. (Baca Juga : Bahaya Diet Yang Salah)

2. Mengangkat kaki

Mengangkat kakiIni adalah gerakan paling mudah dan juga simple, namun mampu membakar lemak dalam perut anda secara cepat. Selain itu pula dapat membuat otot di kaki anda menjadi kencang dan tidak bergelambir. Kamu dapat mengecilkan perutmu hanya dengan melakukan gerakan seperti disamping. Caranya :

  • Langkah pertama berbaringlah di lantai dengan lurus.
  • Rapatkan kedua kakimu serapatmungkin.
  • Gunakan kedua lenganmu untuk menyangga kepalamu.
  • lalu secara bersamaan angkatlah kakimu setinggi mungkin. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.
  • Lakukan gerakan mengangkat kaki ini minimal 3 kali dalam sehari, selain itu imbangi pula dengan mengkonsumsi banyak air putih minimal 8 gelas dalam sehari. (Baca Juga : Bahaya Diet OCD)

3. Sit-up

Sit-up adalah gerakan sederhana yang mudah dilakukan. Berikut langkah- langkahnya :

  • Langkah awal adalah duduk pada matras dengan kaki menekuk di depan dada.
  • Lalu dengan perlahan baringkan sebagian tubuhmu serendah mungkin.
  • Usahakan punggungmu jangan sampai menyentuh lantai.
  • Lalu naik turunkan badan hingga dada menyentuh kaki
  • Lakukan gerakan ini terus menerus setiap hari selama 5 menit. (Baca Juga : Bahaya Minum Obat Pelangsing)

4. Lari Ditempat

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan lari ditempat. Gerakan ini sangat cepat membakar lemak dalam perut namun juga simpel dan mudah. Selain dapat mengecilkan paha, gerakan ini juga dapat mengecilkan perutmu. berikut cara yang dapat kamu ikuti :

  • Berlarilah secepat mungkin di tempatmu berdiri.
  • Selama berlari, angkatlah kakimu setinggi mungkin.
  • Berusahalah agar pahamu menyentuh perutmu.
  • Usahakan ritmemu saat berlari sama dan tidak berubah-ubah.
  • Lakukan gerakan ini kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. (Baca Juga : Bahaya Diet Air Putih)

5. Gerakan Kuda-Kuda

Gerakan kuda-kuda dapat mengecilkan perut secara efektif dan juga mengencangkan otot di kaki dan juga mengencangkan bagian bokong, caranya sangat mudah sebagai berikut :

  • Pertama angkat kedua tangan kedepan.
  • Lalu perlahan buat posisi duduk hingga kamu merasakan berat badanmu.
  • Setelah itu angkat tangan kanan ke atas hingga otot perutmu terasa mengencang.
  • Lakukan gerakan ini berulang ulang untuk hasil maksimal. (Baca Juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

6. Menggoyangkan Pinggul

Gerakan ini dapat membakar kalori hingga 100 kalori dalam 10 menit. Kamu dapat melakukan gerakan ini sambil mendengarkan musik. Ikuti irama musik yang kamu dengarkan. Sehingga gerakan ini akan makin menyenangkan. Caranya yaitu :

  • Letakkan kedua tanganmu masing-masing di samping pinggang seperti pada gambar
  • Ikuti irama musik yang kamu dengarkan
  • Goyangkan pinggulmu sesuai dengan ritme yang kamu dengarkan. (Baca Juga : Bahaya Diet Mayo)

7. Lompat Tali 

Gerakan sederhana ini selain dapat menambah tinggi badan kamu, gerakan ini juga bisa membakar lemak di perutmu. Selain membakar lemak di perut, gerakan ini pula akan bisa membuat anda bertambah tinggi dan juga membakar lemak di bagian kaki. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Lompatlah setinggi-tingginya dengan ritme yang sama.
  • Lakukan gerakan ini berulang-ulang setiap pagi.
  • Jika kamu kesulitan, kamu bisa mempermudahnya menggunakan permainan lompat tali. Dengan begitu akan lebih menyenangkan. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat)

8. Backup

Tidak hanya menguatkan dan menarik otot punggung saja tetapi juga dapat membakar banyaknya lemak diperutmu. Selain efektif, gerakan ini juga tidak perlu memakan banyak tempat. Kamu bisa melakukannya di kamarmu. Caranya :

  • Berbaringlah seperti yang terlihat pada gambar.
  • Dengan serentak, angkat lengan tangan dan kaki setinggi mungkin rasakan otou yang tertarik.
  • Lakukan gerakan ini selama 5 menit setelah bangun tidur. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim)

9. Gerakan Bersepeda

Gerakan bersepeda bukan berarti kamu perlu sepeda untuk melakukan gerakan yang satu ini. Gerakan ini juga di anggap ampuh dan manjur untuk menghilangkan gelambir di perut, caranya :

  • Leletakkan kedua tanganmu di belakang kepala.
  • Lalu angkat lututmu ke dada sambil mengangkat kepala menyamping selagi pundak masih di lantai.
  • Jangan lupa rapatkan kedua lututmu. Gerakan ini sangatlah efektif mengecilkan perutmu.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali secara bergantian antara kaki kiri dan juga kanan. (Baca Juga : Tips Diet Setelah Melahirkan)

10. Berjalan Cepat

Sama halnya dengan berlari, selain mampu mengecilkan paha gerakan ini juga dapat membakar lemak di bagian perutmu. Caranya sangat mudah yaitu :

  • angkat kedua tanganmu seperti akan lari
  • seiring denga gerakan tanganmu, gerakkan kakimu secara cepat
  • lakukan selama 10 menit setiap paginya
  • Jika kamu memiliki waktu yang cukup longgar, cobalah cari tempat yang tidak terlalu ramai untuk melakukan gerakan semua gerakan diatas memang gerakan-gerakan diatas dapat kamu  lakukan di rumah.

Namun selain di rumah, kamu juga dapat melakukannya di taman. Selain pemandangan yang indah, kamu juga dapat merasakan udara yang segar. Sehingga olahraga akan terasa lebih menyenangkan.

Baca juga :

Itu tadi merupakan Cara Diet Mengecilkan Perut. Berhati-hatilah ketika melakukan diet. dan jangan lupa selalu perhatikan apa yang kamu konsumsi saat diet, agar dietmu berjalan lancar dan tidak berantakan. selain diet imbangi juga dengan olah rag. Olah raga secara teratur dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti di atas, dengan begitu proses dietmu akan berhasil dan selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan