Diet Garam – Cara, Tips, dan Manfaatnya (#Teruji Paling Ampuh)

Diet garam merupakan salah satu jenis diet yang digemari masyarakat Indonesia, karena diet ini sangat mudah dan memberikan hasil yang maksimal. Kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan masalah obesitas , penyakit gula , penyakit stroke dan penyakit jantung koroner. Adanya masalah-masalah tersebut membuat orang-orang  sadar akan perlunya untuk menjaga berat badan. Maka orang-orang berlomba-lomba untuk menjaga berat badan mereka dengan cara diet. Lalu apakah yang dimaksud dengan diet Garam , bagaimana cara melakukannya dan manfaat apa yang didapatkan dari diet garam . Berikut penjelasan mengenai diet garam.

ads

Baca juga :

Diet Garam

diet garamMeskipun diet ini belum ada penelitian lebih lanjut , akan tetapi diet garam mampu memberikan hasil pada penurunan berat badan . Diet garam berarti mengurangi asupan garam yang masuk ke  dalam tubuh kita . Karena garam mempunyai kandungan sodium , yang berperan dalam menahan air didalam tubuh agar tidak keluar. Komposisi di dalam tubuh tidak hanya darah dan lemak , melainkan air juga sangat dibutuhkan.

Air sangat diperlukan bagi tubuh karena digunakan untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh , mengatur kekentalan darah dan membatu memperlancar proses pencernaan. Akan tetapi jika kadar air di dalam tubuh kita banyak , maka akan menyebabkan berat badan kita juga meningkat . Sehingga jika kita mengkonsumsi garam terlalu banyak maka air didalam tubuh tidak dapat keluar , hal ini lah yang membuat berat badan kita naik.

Baca juga :

Diet Garam merupakan proses penurunan berat badan dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung sodium yang tinggi. Pantangan yang sedikit dalam diet garam yang membuat orang-orang tertarik melakukannya . Karena kita tidak perlu bersusah payah dan menderita untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Diet garam yang baik dan benar bukan berarti tidak mengkonsumsi garam sama sekali , kita boleh mengkonsumsi garam akan tetapi pada porsi kecil . Karena bagaimanapun juga garam  berperan penting dalam tubuh. Pada diet ini cukup dilakukan makan teratur dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah garam serta melakukan olahraga teratur minimal 2 kali dalam seminggu. Olah raga disini sebagai penunjang agar diet yang kita lakukan memberikan hasil secara maksimal. (Baca juga : Diet yang Baik Untuk Pria )

Tips Melakukan Diet Garam

Ada beberapa tips agar diet garam yang kita jalani memberikan hasil yang maksimal .  Berikut tips melakukan diet garam yang efektif dan benar. (Baca juga : Cara Diet Madu )

1.Hindari mengkonsumsi makanan olahan

Makanan olahan merupakan salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat indonesia , karena rasanya yang enak dan terlihat menarik untuk dimakan. Akan tetapi kandungan garam didalam makanan olahan sangat tinggi , apalagi makanan yang rasanya gurih. Makanan olahan tersebut antara lain  berbagai jenis keripik ,makanan ringan dan makanan cepat saji. Dianjurkan saat kita melakukan diet untuk menghindari mengkonsumsi makanan tersebut , karena dapat mengakibatkan program diet yang kita jalani gagal. (Baca juga : Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Diet )

2. Perbanyak makan Buah dan Sayur

Sayur dan buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayur dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan saat kita menjalani diet karena mampu meningkatkan proses metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh. Maka saat kita melakukan diet garam di anjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan ini . Kita bisa mengganti camilan kita dengan buah-buahan misalnya apel,pir, melon dan lain sebagainya. Selain untuk membantu menurunkan berat badan buah dan sayur juga berperan dalam menjaga kulit dan rambut menjadi sehat , menjadikan kita tampak awet muda dan masih banyak lagi. (Baca juga : Diet Matahari )

3.Perhatikan kandungan garam di produk makanan

Di beberapa produk makanan seperti daging sapi segar , ikan laut segar, dan ayam segar banyak ditemukan kandungan garam . Karena masih terdapat penjual yang curang agar produk mereka terlihat besar dan gemuk , lalu menyuntikkannya dengan larutan garam. Maka disarankan untuk selalu mengecek label kandungan di makanan tersebut untuk meminimalisir mengkonsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan. Untuk menghindarinya kita dapat membeli di pasar , atau kita dapat membeli ikan segar dan mengolahnya sendiri. (Baca juga : Persepsi Yang Salah Tentang Diet )

4. Menghindari mengkonsumsi garam saat makan di luar rumah

Hal yang wajib saat melakukan diet garam yaitu menghindari mengkonsumsi garam terlalu banyak. Usahakan saat kita makan di luar rumah atau di warung , pastikan didalamnya mengandung sedikit garam . Dan jangan terlalu sering makan di luar rumah. Agar diet garam yang dijalani mendapatkan hasil yang optimal dianjurkan untuk makan di rumah dan memasak sendiri sehingga kita dapat mengatur porsi kandungan garam yang sesuai. (Baca juga : Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet )

5.Usahakan makan dirumah

Agar tidak berlebihan mengkonsumsi garam terlalu banyak kita dapat makan dirumah dengan cara masak sendiri. Karena dengan demikian kita dapat mengatur kandungan garam. Selain itu makan dirumah lebih terjaga kebersihan dan kesehatannya , sehingga kita terhindar dari resiko banyaknya kuman dari makanan luar. Selain itu , makan dirumah tidak banyak mengorek pengeluaran . (Baca juga : Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet )

6.Hindari mengkonsumsi ikan asin

Ikan asin merupakan salah satu pendamping makanan yang paling di gemari di masyarakat indonesia, apalagi penyajiannya dengan sambel colek. Akan tetapi bagi orang yang menjalani diet garam ikan asin ini merupakan makanan yang wajib dihindari karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. (Baca juga : Fakta dan Mitos Diet )

7. Menggunakan bahan rendah garam saat memasak

Meskipun memasak sendiri terkadang kita lupa menambahkan bahan yang kita beli di supermarket misalnya sosis, nugget atau sarden. Didalam bahan tersebut contohnya sosis mengandung garam yang tinggi . Usahakan saat memasak dirumah pilihlah bahan bahan-bahan yang alami seperti berbagai sayur mayur dan daging di pasar, supaya kita tidak berlebihan mengkonsumsi garam. (Baca juga : Bahaya Gorengan untuk Diet )

8. Memilih biji-bijian yang diproses secara minimal

Banyak sekali biji-bijian yang sudah diolah menjadi makanan , biasanya biji-bijian yang diolah mengandung banyak garam . Yang termasuk biji-bijian tersebut adalah kacang tanah, kacang polong , almondd, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sebaiknya jika kita membeli biji-bijian olahan kita bisa memilih rasa yang original saja agar kita terhindar mengkonsumsi garam yang berlebihan. (Baca juga : Cara Diet Saat Hamil Muda )

9. Memeriksa Label pada susu

Susu sangat baik bagi kesehatan tubuh kandungan protein yang tinggi didalamnya, selain itu susu juga mengandung kalsium yang tinggi. Akan tetapi ternyata protein juga mengandung lemak dan garam. Dianjurkan saat kita memilih produk susu diperiksa terlebih dahulu kandungan lemak dan garamnya . Sebaiknya kita memilih susu yang rendah lemak dan kandungan garamnya karena kandungan tersebut mampu menggagalkan program diet garam yang selama ini kita jalani. (Baca juga : Cara Menghitung Kebutuhan Kalori )

10. Jangan lupa olahraga

Kita tidak bisa memungkiri bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh . Olah raga mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh , menjadikan tubuh vit dan tetap segar , menjaga kesehatan jantung selain itu olahraga juga mampu membantu menurunkan berat badan. Maka sangat dianjurkan apabila kita melakukan diet tetap diimbangi dengan melakukan aktivitas olah raga agar diet yang kita jalani mendapat hasil yang lebih optimal . Jenis olahraga yang membantu diet  yaitu olahraga aerobic seperti jogging , bersepeda , lari maraton dan lain sebagainya. (Baca juga : Cara Diet Buah Apel )

Setelah kita mengetahui tips melakukan diet garam ,ternyata dalam melakukan diet garam ini selain mampu menurunkan berat badan terdapat manfaat lainnya. Berikut manfaat dari diet garam.

Manfaat Diet Garam

1. Menurunkan Tekanan Darah tinggi

Garam merupakan salah satu kandungan yang dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi sehingga timbul penyakit hipertensi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi tersebut dianjurkan mengurangi mengkonsumsi garam yang berlebih. (Baca juga : Cara Diet Vegetarian )


2.Tubuh menjadi lebih berenergi

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut , mengurangi konsumsi garam akan membuat tubuh lebih berenergi , bertenaga dan lebih lincah saat bergerak. Maka seorang atlet-atlet tidak mengkonsumsi garam secara berlebih agar performancenya tidak menurun. (Baca Juga : Bahaya Diet Mayo )

3. Terhindar dari berbagai penyakit

Kandungan garam berlebih didalam tubuh ternyata merupakan penyebab timbulnya resiko penyakit serius seperti ginjal, pencernaan , kanker perut khususnya pada usus. Maka sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengurangi mengkonsumsi garam. (Baca juga : Pantangan Diet Pisang )

4. Meningkatkan kepekaan indera perasa

Indera akan menyebabkan efek jangka panjang yaitu kepekaan indera perasa akan menurun. Untuk mendapatkan kepekaan kembali kita dapat mensiasati mengurangi asupan garam yang kita konsumsi. Tak jarang orang-rang yang menyukai rasa asin dalam garam akan cenderung menambahkan penyedap rasa saat memasak. (Baca juga : Cara Diet Gula )

5. Menghindari stroke

Salah satu penyebab stroke ternyata merupakan kandungan garam yang berlebih didalam tubuh , maka tak heran jika seseorang terkena stroke dianjurkan oleh dokter untuk mengurangi garam . Karena pada saat mengkonsumsi garam menyebabkan gula di dalam darah akan meningkat , dan menyebabkan terjadinya penyumbatan sehingga terjadi stroke. (Baca juga : Diet Paleo )

6. Menghilangkan Begah

Saat kita setelah makan biasanya perut teras kembung dan begah , hal itu bisa saja terjadi karena terdapat kandungan garam yang berlebih di dalam lambung . Maka untuk mengurangi rasa begah tersebut sebaiknya saat makan kita mengkonsumsi makanan yang rendah garam . (Baca juga : Bahaya Diet Ekstrim )

7. Tulang lebih kuat

Efek dari garam pada tulang yaitu membuat tulang menjadi lebih rapuh ,karena garam mampu menghancurkan kandungan kalsium di dalam tulang kita. Untuk mendapatkan kembali kekuatan pada tulang kita dapat mengurangi garam dan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium.

Baca juga :

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa diet garam sangat mudah dilakukan serta dapat memberikan berbagai manfaat  untuk kesehatan tubuh jika kita melakukan diet garam tersebut dengan benar sesuai tips-tips yang diberikan.  (Baca juga : Diet Kentang Rebus)

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan