15 Tips Diet Setelah Melahirkan Paling Tepat dan Teruji Ampuh

Tips Diet Setelah Melahirkan harus anda coba bagi anda ibu-ibu muda. Banyak wanita yang ingin menurunkan berat badannya pasca melahirkan dengan berbagai cara. Tak usah khawatir mengenai berat badan Anda saat ini, banyak tips untuk mengembalikan tubuh Anda menjadi ideal kembali dengan berbagai cara alami dan yang pasti tidak membahayakan bagi tubuh tetapi sangat mudah dilakukan. Simak tips untuk diet setelah melahirkan dibawah ini!

ads

Baca juga :

Tips Diet Setelah MelahirkanSetelah melahirkan banyak wanita yang menginginkan perutnya kembali rata tanpa ada gelendong-gelendong. Berikut tips agar perut anda kembali rata setelah melahirkan.

1. Dengan Berolahraga

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, termasuk dalam proses diet. Dengan olahraga maka akan membantu mengecilkan perut atau pun membakar kalori pada tubuh. Tunggu 1 hingga 2 bulan setelah melahirkan, lalu mulailah berolahraga. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pastikan untuk berdiskusi dengan dokter kandungan mengenai olahraga apa yang bagus dilakukan dan waktu yang tepat untuk berolahraga. (Baca juga : Faktor yang mempengaruhi pola diet )

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Seperti diet yang lainnya menjaga asupan makanan sangatlah penting untuk menjaga kestabilan tubuh. Perbanyak konsumsi makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Tetapi harus diingat untuk mendapatkan ASI yang baik perlu membutuhkan nutrisi yang baik. Pastikan dapat mengatur makanan yang baik untuk ASI namun tetap terjaga kalori dan lemaknya. Perbanyak dalam mengkonsumsi sayur berserat tinggi dan buah-buahan. Makanan berserat tinggi berfungsi menjaga stamina pada tubuh. Hindari makanan cepat saji untuk menjaga asupan makanan. (Baca juga : Makanan sehat untuk diet )

3. Menyusui

Menyusui merupakan salah satu upaya dalam mengembalikan tubuh seperti semula pasca melahirkan. Faktanya menyusui dapat membakar kalori kurang lebih 500 kalori perhari, oleh karena itu usahakan untuk memberikan sang buah hati ASI. Namun selain menyusui tetap jaga asupan makanan dan imbangi dengan olahraga secara rutin ya bunda.

Baca juga :

4. Dengan Menggendong anak

Siapa sangka menggendong anak dapat membantu membentuk otot tubuh. Menggendong anak selain untuk membuat anak tertidur, ternyata sama saja seperti berolahraga. Dengan menggendong anak itu sama saja seperti memegang bebas 3 hingga 5 kg. Jika Anda melakukan diimbangi gerakan squatting , maka akan terbentuk otot bagian bawah. (Baca juga : Bahaya minum obat pelangsing )

5. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui mengkonsumsi air putih itu sangat mempunyai banyak manfaat dalam tubuh seperti membuang racun pada tubuh. Konsumsi air putih sehari minimal 8 gelas karena air putih sangat baik untuk kesehatan. (Baca juga : Manfaat air putih hangat untuk diet )

6. Motivasi diri 

Jika kita merencanakan berbagai cara untuk diet tetapi belum ada niat dan motivasi yang kuat itu akan percuma. Karena itu niat dan motivasi merupakan kunci utama dalam melakukan diet, salah satu cara untuk memotivasi diri yaitu panjang foto Anda ketika masih memiliki badan yang bagus (sebelum hamil) ditempat yang sering Anda lalui seperti di kamar, dapur atau pun tempat lainnya.

Baca juga :

7. Naik Turun Tangga

Jika Anda memiliki rumah dengan dua lantai atau bahkan lebih, maka cobalah dengan naik turun tangga. Dengan naik turun tangga maka akan dapat membantu membakar lemak, tapi ingat lakukan setelah 2 bulan Anda melahirkan. (Baca juga : Bahaya gorengan untuk diet )

8. Yoga

Yoga merupakan salah satu Tips Diet Setelah Melahirkan. Dengan menjaga asupan makanan dan mengkonsumsi air putih yang cukup, maka bisa diimbangi dengan yoga. Dengan yoga maka kesehatan pikiran pun tetap terjaga. Biasakan berlatih yoga dengan teratur atau bisa juga dilakukan hanya dengan mengatur pernafasan lakukan rutin setiap hari. Disarankan melakukan setelah bangun tidur, karena ketik bangun tidur kita belum melakukan aktivitas apapun sehingga saat melakukan aktivitas apapun kita akan merasa rileks. Dengan yoga maka akan membantu menyelaraskan tubuh dengan pikiran agar pikiran tetap rileks tanpa harus stres memikirkan hal lainnya. (Baca juga : Kesalahan dalam diet )

9. Melakukan latihan kegel

Senam kegel merupakan salah satu senam untuk mengenangkan otot panggul bagian bawah. Senam kagel ini sangat baik untuk mengencangkan otot rahim , usus besar, atau pun kantong kemih. Senam kagel pun mudah dilakukan tidak memerlukan alat apapun, sehingga bisa dilakukan dimana saja. Cara melakukan senam kegel yaitu yang pertama pastikan Anda mengetahui otot pinggul bawah, dapat dilakukan dengan cara menghentikan saat urine akan keluar otot yang menahan urine tersebut yang dinamakan otot panggul bawah. Setelah itu kosongkan kantung kemih dengan selesaikan membuang urine. Lalu berbaring secara terlentang, kencangkan otot panggul bawah kemudian tahan 5 detik lalu lepaskan ulangi 4 hingga 5 kali. Lakukan senam kegel ini sebanayak 3x sehari, dalam rentan waktu 10 hari. (Baca juga : Pantangan dalam diet )

10. Menggunakan korset

Seperti yang kita ketahui menggunakan korset adalah hal umum yang dilakukan pasca melahirkan. Teknik ini merupakan teknik tradisional yang masih banyak dilakukan hingga saat ini. Dengan menggunakan korset akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi ada perut. Biasanya penggunaan korset dilakukan selama kurang lebih 3 bulan tergantung kemauan Anda. Disarankan untuk menggunakan korset saat minggu pertama pasca melahirkan karena itu sangat efektif dalam meratakan perut.

Baca Juga :

11. Lakukan pekerjaan rumah

Pasca melahirkan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Tetap lakukan rutinitas pekerjaan rumah seperti mengepel, mencuci baju tanpa mesin cuci, membersihkan kamar mandi, atau pun pekerjaan rumah lainnya. Lakukan rutinitas pekerjaan rumah secara rutin dan disiplin, maka aktivitas itu dapat membakar kalori di tubuhmu juga.


12. Mengkonsumsi rebusan kayu manis

Kayu manis memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita, termasuk dalam mengatasi masalah lemak pada tubuh kita. Oleh karena itu, kayu manis cocok dikonsumsi untuk Anda yang baru saja melahirkan dan ingin mengecilkan perut seperti sebelum hamil. Cara mengkonsumsi kayu manis tersebut dengan cara rebus kurang lebih 2 liter air dengan kayu manis sepanjang 2 hingga 3 inch dan 2 sampai 3 cengkeh dengan waktu perebusan kurang lebih 5 sampai 10 menit. Setelah direbus angkatlah air rebusan itu dan minum dengan hangat-hangat, jangan dibiarkan hingga dingin. Konsumsi minuman seperti itu selama kurang lebih 40 hari, jika Anda merasa tidak enak dengan minuman tersebut maka dapat ditambahkan madu. (Baca juga: Manfaat jahe merah dan madu untuk diet )

13. Meminum teh hijau tawar

Teh hijau dipercaya dapat membantu mengecilkan perut. Kandungan yang ada pada teh hijau terbukti bisa menurunkan berat badan secara alami. Maka oleh karena itu untuk mengecilkan perut pasca melahirkan Anda dapat meminum teh hijau tawar secara rutin, minumlah air teh hijau tawar dengan air hangat dan yang pasti jangan mencampurkan apapun kedalam teh harus tawar. Konsumsi teh hijau tawar ini sebelum makan, karena jika mengkonsumsi teh tawar sebelum makan itu dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh. Dengan kata lain dapat membantu membakar lemak pada perut dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :

14. Membuat ramuan kunyit asam

Salah satu ramuan yang biasa dikonsumsi untuk mengecilkan perut pasca melahirkan adalah dengan ramuan kunyit asam. Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat kaya akan khasiat untuk tubuh kita. Cara membuat ramuan kunyit asam sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 4 ruas kunyit dan pastikan kunyit tersebut sudah dibersihkan kemudian kunyit tersebut parut sampai halus. Setelah di parut sampai halus campurkan parutan kunyit tersebut dengan gula jawa sebanyak 4 gram dan tambahkan asam jawa secukupnya kemudian rebus secara bersamaan hingga mendidih. Setelah rebusan mendidih, angkat dan diamkan ramuan kunyit asam tersebut sampai dingin kemudian setelah dingin saringlah. Setelah dingin dan disaring maka Anda bisa meminum ramuan kunyit asam tersebut. Lakukan meminum ramuan tersebut secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

15. Mengkonsumsi teh dicampur jeruk nipis

Cara lain untuk mengecilkan perut yaitu dengan mengkonsumsi teh dicampur dengan jeruk nipis. Usahakan menggunakan teh hijau, namun jika tidak ada teh biasa pun tetap bisa digunakan namun tambahkan dengan jeruk nipis. Cara membuat minuman ini sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan jeruk nipis dengan teh tawar hangat. Cara nya yaitu seduh teh dengan air panas,usahakan jangan terlalu panas buat hangat saja. Kemudian tambahkan perasaan air jeruk nipis ke teh tersebut. Konsumsi minuman ini sebanyak 2 kali dalam sehari, dan konsumsi hanya setengah gelas saja untuk hasil yang maksimal. (Baca juga : manfaat jeruk nipis untuk diet cepat )

Baca juga :

Sekian pembahasan mengenai tips diet setelah melahirkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu memberikan pengetahuan mengenai tips untuk diet setelah melahirkan. Lakukanlah diet sesuai keinginan anda, karena hal terpenting dalam diet yaitu niat dan dilakukan secara rutin. Selamat mencoba melakukan tips diet diatas.


, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!