3 Cara Diet Dengan Bengkoang Secara Alami dan Paling Ampuh

Cara Diet dengan Bengkoang merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup di gemari oleh banyak orang. Tanaman bengkoang ini dapat dengan mudah kita temukan di dekat lingkungan sekitar kita dalam bentuk umbi – umbian. Atau kita juga bisa dapat dengan mudah mendapatkan bengkoang di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Bengkoang

Cara Diet Dengan BengkoangTanaman dengan nama latin Pachyrhizus Erosus ini saat ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan. Mulai dari bidang pangan, obat – obatan, hingga kecantikan. Tanaman bengkoang ini biasanya banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai masker wajah guna mempercantik serta memperhalus kulit wajah. (Baca Juga : Bahaya Diet OCD)

Kandungan pati yang terdapat pada bengkoang terbilang cukup kaya akan kandungan nutrisi sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dan ternyata, selain bisa dimanfaatkan untuk di jadikan sebagai masker, bengkoang juga dapat kita olah dan kita manfaatkan untuk membantu program diet. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sajian informasi tentang cara diet dengan bengkoang. (Baca Juga : Bahaya Minum Obat Pelangsing)

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada bengkoang, berikut ini akan kami sajikan informasi tentang cara diet dengan menggunakan bengkoang. Dan berikut ini adalah sajian lengkapnya.

1. Dengan Mengkonsumsinya Secara Langsung

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan bengkoang adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Cara ini terbilang sangat mudah dan murah karena kita tidak memerlukan banyak bumbu atau bahan tambahan lain. Tapi tetap jangan lupa untuk mengupas dan mencucinya hingga bersih sebelum mengkonsumsinya.

Cara pertama ini sangat cocok untuk dilakukan sebelum kita makan. Seperti sebelum sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Kandungan serat dan yang terdapat pada bengkoang akan mampu menjaga tubuh kita untuk tetap kenyang sehingga kita bisa menekan nafsu makan dan kita tidak akan makan terlalu banyak. Sehingganya, peluang untuk bisa sukses dalam program diet akan semakin besar.

Baca Juga :

2. Dengan Cara Dibuat Rujak Atau Petisan

Cara kedua yang dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan bengkoang adalah dengan mengolahnya menjadi rujak atau petisan. Cara kedua ini terbilang sangat mudah karena kita tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk membuatnya. Selain itu kita juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mengolah bengkoang menjadi rujak atau petisan. (Baca Juga : Diet Rendah Protein)

Pertama, kita siapkan dulu beberapa buah bengkoang yang sudah cukup besar, kemudian kita kupas dan kita bersihkan dengan air hingga bersih. Setelah itu baru kita membuat bumbu atau sambal untuk teman makan bengkoang ini. Rujak bengkoang atau petisan bengkoang ini sangat baik kita konsumsi sebagai pengganti camilan lain yang kurang sehat. Rujak atau petisan bengkoang sangat efektif untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh kita sehingga sangat baik di konsumsi bagi orang yang sedang diet. Selain itu cara ini juga bisa dijadikan sebagai variasi bagi anda yang bosan dengan cara mengkonsumsi bengkoang yang hanya begitu – begitu saja. (Baca Juga : Bahaya Diet Air Putih)


3. Dengan Cara Dibuat Jus

Cara ketiga yang juga dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan bengkoang adalah dengan mengolahnya menjadi juss. Cara untuk membuat jus bengkoang pun terbilang sangat mudah. Pertama, kita siapkan dulu beberapa buah bengkoang yang sudah besar, lalu kita kupas dan kita bersihkan dengan air. Setelah itu kita potong kecil – kecil lalu  masukan ke dalam blender. Kita bisa menambahkan es batu atau bahan manis lain seperti susu agar rasa jus bengkoang menjadi semakin sedap.

Jus bengkoang ini sangat baik untuk dikonsumsi saat kita baru selesai berolahraga atau selesai lari pagi. Kandungan serat pada jus bengkoang akan membuat sistem pencernaan dalam tubuh menjadi semakin lancar dan hasil olahraga kita pun akan bisa semakin maksimal.

Baca Juga :

Kandungan Gizi Bengkoang

Sebelum membahas bagaimana cara diet dengan bengkoang, akan sangat baik jika kita tahu dulu tentang apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada bengkoang. Karena dengan begitu, kita akan jadi lebih yakin bahwa bengkoang benar – benar bisa membantu perogram diet kita. Dan berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang dapat kita temukan pada bengkoang. (Baca Juga : Diet Matahari)

1. Kaya Serat

Yang pertama, bengkoang merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan serat terbaik. Kandungan serat yang terdapat pada bengkoang ini lah yang menjadikan bengkoang sebagai salah satu bahan makanan yang baik untuk program diet. Kandungan serat yang terdapat pada bengkoang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengurangi nafsu makan orang yang sedang diet. Selain itu kandungan serat yang terdapat pada bengkoang juga sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga mampu memperlancar proses pencernaan.

Baca Juga :

2. Kaya Kandungan Vitamin C

Selain kaya akan kandungan serat, buah bengkoang juga cukup kaya akan kandungan  vitamin C di dalamnya. Kandungan vitamin C ini lah yang biasanya banyak di manfaat kan oleh masyarakat dalam bidang kecantikan. Namun, selain bisa di manfaatkan untuk bidang kecantikan, kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkoang juga dapat menjadi antioksidan kuat yang larut dalam air sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita selama program diet. (Baca Juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

3. Mengandung Kalsium dan Fosfor

Selain kaya akan kandungan serat dan vitamin C, bengkoang juga merupakan salah satu tanaman yang cukup kaya akan kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada bengkoang ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan juga gigi kita. (Baca Juga : Bahaya Diet Mayo)

4. Kandungan Nutrisi Lain

Selain kaya akan kandungan serat, vitamin C, serta kalsium dan fosfor, bengkoang juga masih memiliki cukup banyak kandungan nutrisi lain di dalamnya. Dan kandungan nutrisi ini pun tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan nutrisi lain yang terdapat pada bengkoang di antaranya adalah Vitamin B1, Zat besi, protein, karbohidrat, dan lain – lain. Selain itu bengkoang juga mengandung sedikit lemak sehingga baik untuk di konsumsi bagi orang yang sedang berada dalam program deit.

Baca Juga :

Manfaat Lain Dari Bengkoang

Selain dapat kita manfaatkan untuk membantu program diet, ternyata bengkoang juga masih memiliki cukup banyak manfaat lain bagi tubuh kita. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat bengkoang bagi tubuh kita selain untuk diet ;

1. Mengatasi Sariawan

Bengkoang sangat baik dikonsumsi untuk bisa membantu mengatasi sariawan. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkoang. Selain itu kandungan vitamin C yang terdapat pada buah bengkong juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tidak akan mudah sakit. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat)

2. Menjaga Kecantikan Kulit

Selain mampu untuk mengatasi sariawan, bengkoang juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit kita. Kandungan vitamin C yang terdapat pada bengkoang mampu memberikan rangsangan terhadap kulit untuk beregenerasi sehinga sel – sel kulit yang mati akan dapat berganti dengan lebih cepat.

Cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan bengkoang adalah dengan cara mengolahnya menjadi masker. Cara ini sudah dilakukan oleh banyak orang dan manfaatnya pun dapat dirasakan dengan cepat. (Baca Juga : Diet Paleo)

3. Mengatasi Wasir

Manfaat selanjutnya yang dapat kita peroleh dari bengkoang adalah mampu mengatasi wasir. Hal ini disebabkan karena buah bengkoang memiliki kandungan serat yang cukup banyak di dalamnya. Kandungan serat yang terdapat pada bengkoang dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh sehingga pencernaan pun akan lebih mudah dan tidak sakit. Dengan begitu masalah wasir pun akan dapat di atasi dengan lebih cepat.

Baca Juga :

Well, demikian tadi sajian informasi tentang cara diet dengan bengkoang. Selain beberapa cara di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang juga dapat kita gunakan untuk bisa diet dengan bengkoang. Namun, hanya segini dulu yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga sajian informasi kali ini dapat berguna bagi kita semua, terutama bagi anda yang saat ini memang sedang berada dalam masa diet.


, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!