7 Cara Diet Dengan Labu Siam Yang Benar dan Paling Ampuh (#Teruji)

Cara Diet Dengan Labu Siam bisa anda coba untuk mendapatkan berat badan ideal anda kembali. Labu siam dikenal sebagai sayuran yang sangat lezat dan memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh. Namun kita tidak membahas tentang masakan dengan bahan labu siam, tapi kita akan membahas kegunaan labu siam untuk diet.

ads

Artikel terkait:

Cara Diet Dengan Labu Siam

Cara Diet Dengan Labu SiamJenis sayuran yang termasuk dalam keluarga cucurbitaceae dan satu jenis dengan mentimun ini bisa tumbuh subur di dataran tinggi dengan cara merambat pada batang. Nama labu siam sendiri diambil dari negara Thailand dan memang bukan tanaman asli dari Indonesia, akan tetapi banyak kita konsumsi sebab harganya tergolong murah. Akan tetapi, meski termasuk jenis sayur murah, labu siam ini memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks, fosfat, folat, seng, tembaga, tinggi serat, rendah kalori dan tinggi akan zat besi. Dengan begitu banyak khasiat dalam labu siam, maka tanaman ini juga sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

1. Tidak mengandung kalori

Labu siam memang sangat direkomendasikan untuk masuk ke daftar menu diet sebab mengandung 16 kalori dalam tiap 100 gram dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh serta kolesterol. Sementara kandungan serat tinggi didalamnya sangat baik untuk membuat kinerja pencernaan semakin lancar.

2. Dijadikan Sebagai Pengganti Nasi

Karbohidrat tinggi yang ada pada labu siam juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi saat pagi dan malam hari. Kandungan air yang cukup tinggi pada labu siam juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sedangkan kandungan mangan akan membakar lemak jahat atau LDL di dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan berat badan.

Artikel terkait:

3. Mengkonsumsi Labu Siam Rebus

Cara paling benar dalam mengkonsumsi labu siam ini adalah dengan direbus sehingga kandungan nutrisi yang ada di dalam labu siam tidak akan hilang. Jika kamu termasuk orang yang malas olahraga, maka labu siam bisa jadi alternatif terbaik dalam menjalankan diet, selain itu juga termasuk murah dan praktis.

4. Baik Untuk Diet Lambung

Penderita gangguan lambung juga sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi labu siam sebab tidak akan menghasilkan gas di dalam lambung. Diet lambung ini dilakukan dengan tujuan meringankan kinerja saluran pencernaan dan juga membantu menetralisir asam lambung berlebih. Diet labu sia ini sangat baik untuk penderita radang usus besar, radang tenggorokan, diare serta radang lambung.

Artikel terkait:


5. Diet Rendah Purin

Jika kamu menderita asam urat, maka usahakan untuk lebih sering mengkonsumsi labu siam yang mengandung kadar purin rendah. Purin sendiri merupakan zat kimia yang terdapat dalam beberapa jenis makanan yang pada saat masuk kedalam pencernaan akan diubah menjadi kristal asam urat lalu menumpuk di saluran kencing, ginjal dan juga tangan. Dengan mengkonsumsi labu siam secara rutin maka kadar asam urat bisa menurun sekaligus memperlancar sekresi asam urat, caranya adalah dengan merebus atau mengukus labu siam.

6. Diet Rendah Kalori

Untuk mendapatkan berat badan proporsional, salah satu cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi labu siam sebab labu siam sangat rendah kalori dan cocok untuk dijadikan lalapan. Agar bisa dicerna lebih baik, maka potong-potong labu siam dalam ukuran kecil dan rebus sampai empuk.

Artikel terkait:

7. Diet Rendah Kolesterol

Untuk mengurangi kadar kolesterol dan juga lemak dalam darah, maka silahkan konsumsi labu siam ini secara rutin sebab tidak akan menghasilkan gas di dalam pencernaan. Cara Diet Dengan Labu Siam yaitu Rebus atau kukus labu siam terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Manfaat Labu Siam Untuk Diet

Selain sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, labu siam juga ternyata memiliki banyak kegunaan lain dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh kita seperti yang akan kami ulas dibawah ini.

1. Menghambat Sel Kanker

Kandungan antioksidan senyawa flavonoid dalam labu siam sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang ditimbulkan dari polusi dan menjadi penyebab timbulnya sel kanker. Antioksidan ini juga memiliki peran penting dalam mencegah penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya seperti tumor.

Artikel terkait:

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena mengandung kalori serta kolesterol yang rendah bahkan hampir tidak ada membuatnya sangat aman dan baik untuk dikonsumsi sehingga kesehatan jantung bisa selalu terjaga.

3. Baik Untuk Ibu Hamil

Asam folat yang ada didalam labu siam ini juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Cacat calon bayi yang ada didalam kandungan bisa dihindari dengan mengkonsumsi labu siam secara rutin untuk mendapatkan manfaat dari asam folat yang ada dalam labu siam tersebut.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan universitas luar negeri juga membuktikan jika mengkonsumsi teh herbal yang terbuat dari labu siam memiliki manfaat baik untuk menurunkan tekanan darah dan beberapa penyakit lainnya seperti mengobati aterosklerosis, mengikis batu ginjal dan juga mengatasi perut yang kembung.

Artikel terkait:

5. Pencegahan Terhadap Anemia

Kandungan zat besi dan vitamin B2 yang ada pada labu siam memiliki kegunaan untuk kamu yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah. Kedua zat tersebut akan merangsang produksi dari sel darah merah dan juga kadar hemoglobin di dalam tubuh sehingga anemia bisa dicegah secara alami.

6. Menghambat Penuaan Dini

Untuk kamu yang ingin tampil lebih awet muda, bisa dilakukan dengan cara alami dan murah yakni dengan mengkonsumsi labu siam secara rutin. ROS atau Reactive Oxygen Species yang merupakan turunan dari oksigen berbahaya dan mempunyai sifat reaktif ini menjadi penyebab dari penuaan dini dan beberapa penyakit lainnya. Semua ini bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi labu siam secara teratur.

Artikel terkait:

7. Sumber Mineral

Tubuh membutuhkan banyak kandungan mineral agar kekebalan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik dan juga menjaga kekuatan tulang dan gigi sekaligus menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Labu siam yang mengandung zat besi, potassium, fosfor dan mineral lainnya menjadi sumber mineral alami yang bisa kamu manfaatkan untuk dikonsumsi sehari-hari.

8. Mengatasi Sembelit

Kamu sering susah saat ingin buang air besar akibat dari kurangnya asupan serat di dalam tubuh?. Jangan terburu-buru untuk menggunakan obat-obatan dalam mengatasinya, namun konsumsi labu siam secara rutin yang mengandung serat tinggi untuk mengatasi masalah sembelit tersebut.

Saran Penyajian Labu Siam

Untuk saran penyajian Cara Diet Dengan Labu Siam masyarakat luar negeri adalah sering dibuat salad dan dicampur ke dalam minuman. Sementara untuk kita masyarakat Indonesia seringkali diolah sebagai campuran masakan seperti oseng-oseng, sayur asam, bubur manado atau direbus sebagai lalapan.

  1. Silahkan kamu siapkan labu siam lalu kupas dan siram sampai bersih.
  2. Belah dua labu siam lalu gosokkan bagian yang satu dengan yang lainnya untuk menghilangkan getah putih yang ada di dalam labu siam tersebut.
  3. Sesudah bersih bisa kamu cuci kembali agar getah bisa benar-benar hilang baru kemudian dipotong-potong sesuai dengan selera.

Artikel terkait:

Tanaman dan penganan yang memiliki harga murah dan sering kita temukan ini terkadang sering disepelekan, namun sesudah membaca beberapa manfaat labu siam untuk diet dan berbagai kesehatan tubuh, sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi tanaman bergetah putih ini ke dalam program diet yang sedang kamu jalankan. Konsumsi labu siam secara rutin agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara optimal.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan