Diet Golongan Darah A Untuk Wanita dan Pria yang Paling Sukses

Diet Golongan Darah A dapat menjadi panduan anda dalam memilih jenis diet yang anda inginkan. Banyak jenis diet yang dipakai oleh masyarakat indonesia untuk menurunkan berat badan. Mulai dengan diet yang biasa sampai dengan diet yang luar biasa atau ekstrim. Akhir-akhir ini sedang terkenal yaitu diet sesuai dengan golongan darah. Namun diet sesuai dengan golongan darah ini belum diketahui secara ilmiah tentang kebenarannya dapat menurunkan berat badan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini. (Baca Juga : Cara Diet Alami )

ads

Cara Mengetahui Golongan Darah 

Cara mengetahui golongan darah seseorang yaitu dengan cara melakukan tes medis entah di rumah sakit ataupun puskesmas. Pemeriksaan golongan darah dengan preparat darah segar yang diambil saat itu juga pada bagian jari manis. (Baca Juga : Diet Paleo )

  1. Seseorang yang akan melakukan pemeriksaan golongan darah harus dalam keadaan sehat.
  2. Jari manis akan ditusuk dengan jarum dan diambil sampel darahnya menjadi 4 bagian.
  3. Semua sampel darah akan ditetesi dengan zat anti A dan zat anti B
  • Jika preparat zat anti A menggumpal, maka bergolongan darah A
  • Jika preparat zat anti B menggumpal, maka bergolongan darah B
  • Jika kedua preparat zat anti A dan zat anti B menggumpal, maka bergolongan darah AB
  • Jika kedua preparat zat anti A dan zat anti B tidak menggumpal, maka bergolongan darah O

Kepribadian Seseorang Bergolongan Darah A

Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merang dengan antigen A di permukaan membran sel dan menghasilkan antibodi terhadap antibodi B dalam serum darahnya. Sehingga, seseorang dengan golongan darah A Negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A Negatif atau O Negatif.

Berdasarkan penelitian, golongan darah A adalah golongan darah tertua ke-2 didunia. Orang dengan golongan darah A lebih cocok menjadi vegetarian atau memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Orang dengan golongan darah A dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan tinggi karbohidrat, sayur, buah dan makanan rendah lemak. (Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Diet )

Seseorang dengan golongan darah A memiliki watak serius, sabar, berkepala dingin, kalem, tapi pemalu dan susah move on. Mempunyai karakter yang tegas, bisa diandalkan dan dipercaya, namun mereka cenderung keras kepala. Tipe golongan darah A jika diminta untuk melakukan suatu pekerjaan, mereka akan berusaha keras untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan rapi dan baik. Orang-orang puas dengan pekerjaan mereka karena karakter tipe golongan darah A yang tenang, sabar, bertanggung jawab dan selalu merencanakan segala sesuatunya.

Orang dengan golongan darah A rentan terhadap penyakit jantung, hepatitis, diabetes, kanker, kardiovaskular, infeksi dan penyakit pembuluh darah. Golongan darah A cenderung menyimpan lemak terutama yang berasal dari daging, sehingga menimbulkan risiko obesitas, oleh karena itu lebih disarankan menjadi vegetarian (memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan). Golongan darah A juga memiliki asam lambung yang rendah sehingga sukar mencerna daging, dan juga susu. Olahraga yang cocok untuk seseorang dengan golongan darah A adalah yoga, berjalan kaki, tai chi, dan olahraga kecil lainnya. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Jeruk Nipis )


Menu Makan Golongan Darah A

1. Sarapan Pagi 

Untuk menu sarapan pagi bagi orang bergolongan darah A yaitu dengan oatmeal dan segelas susu kedelai. Atau anda bisa mengkonsumsi roti bakar dengan selai coklat dan secangkir teh manis atau dengan segelas air putih.

2. Makan siang 

Menu makan siang untuk orang bergolongan darah A yaitu dengan salad yang berisi mentimun, seledri, selada, bawang, keju dan juga daun mint. Dilengkapi dengan melon segar dan teh hijau bisa menjadi pilihan anda. Jika anda tidak menyukai dengan salad yang berisi sayuran mentah, maka anda bisa menggantinya dengan sayur sup dan 1 piring nasi hangat. (Baca Juga : Cara Diet Cepat )

3. Makan Malam 

Diet Golongan Darah A untuk menu makan malam bisa mengkonsumsi ikan sarden, sayur brokoli dan tahu serta seporsi nasi yang masih hangat. Atau anda juga bisa mengkonsumsi ikan salmon dengan kacang tanah dan seporsi nasi. Perbanyaklah minum air putih untuk mendukung diet anda.

Makanan Yang Diperbolehkan untuk Golongan Darah A


1. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran sangat baik untuk dikonsumsi. Karena sayuran mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Seseorang dengan golongan darah A disarankan menjadi vegetarian atau memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Berikut adalah sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi golongan darah A adalah brokoli, buncis, kacang panjang, wortel, labu, bayam dan bawang bombai yang merupakan makanan dengan fungsi memperkuas sistem kekebalan dalam tubuh dengan golongan darah A. Berikut contoh pengolahan sayuran untuk golongan darah A :

  • Sayur sop

Bahan-bahan :

  1. 100 gram brokoli
  2. 2 wortel
  3. 1 labu
  4. 1 ikat bayam
  5. 700 cc air
  6. garam
  7. 2 siung bawang putih dan bawang merah

Cara memasak :

  1. Cuci bersih brokoli, wortel, labu, bayam lalu potong menjadi bagian lebih kecil
  2. Panaskan 700 cc air dalam panci
  3. Sambil menunggu air mendidih, tumbuh halus bawang putih dan bawang merah
  4. Masukan bawang yang sudah halus kedalam panci
  5. Masukan wortel dan labu terlebih dahulu, aduk hingga rata
  6. Masukan brokoli dan juga bayam, aduk hingga semua tercampur rata
  7. Masukan garam dapur secukupnya
  8. Setelah matang, angkat lalu sajikan diatas mangkuk

Baca Juga : Cara Diet Tanpa Olahraga 


2. Buah-buahan

Buah-buahan juga dipercaya memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh. Untuk seseorang dengan golonga darah A dapat mengkonsumsi semua jenis buah, khususnya buah yang mengandung basa seperti melon, delima, strawberry, kiwi, anggur, sirsak, blueberry, sitrun, jeruk limau, pisang, nanas dan srikaya untuk menyeimbangkan asam pada lambung. Berikut contoh pengolahan buah-buahan untuk golongan darah A :

  • Jus Melon

Bahan-bahan :

  1. 1 buah melon
  2. 100 cc air
  3. 1 bungkus susu kental manis
  4. es batu
  5. gula pasir

Cara :

  1. kupas dan pisahkan daging buah dari kulit
  2. Potong melon menjadi bentuk dadu
  3. Siapkan blender, lalu masukan potongan melon, gula pasir sesuai selera, air, susu kental manis dan es batu, blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata
  4. Setelah itu tuang jus melon kedalam gelas jus dan jus siap dinikmati


3. Susu yang di fermentasi

Susu fermentasi adalah produk olahan susu dengan cara difermentasikan oleh mikroorganisme tertentu. Fermentasi mengubah laktosa dalam susu menjadi asam laktat. Berikut contoh olahan susu yang difermentasi baik dikonsumsi oleh golongan darah A yaitu yogurt, kefir, dan krim tawar. Manfaat mengkonsumsi susu yang difermentasi yaitu :

  • Mencegah diare
  • Mencegah konstipasi atau sembelit
  • Mengurangi racun dalam tubuh
  • Meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh
  • Membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh
  • Menyehatkan saluran pencernaan
  • Meningkatkan bakteri baik dan mengurangi bakteri jahat


4. Ikan

Ikan mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin D, vitamin B 12, zat besi, yodium, dan selenium.Ikan sarden dan ikan mas menjadi makanan yang cocok untuk golongan darah A. Dengan mengkonsumsi ikan mempunyai manfaat baik bagi tubuh seperti mengurangi kolesterol, menekan resiko stroke, sumber protein, mengurangi peradangan dan menghindari serangan jantung. Contoh olahan ikan untuk golongan darah A yaitu :

  • Ikan Mas Crispy

Bahan-bahan :

  1. 1 kg ikan mas
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Margarine
  4. Minyak goreng
  5. 4 siung bawang putih
  6. ketumbar
  7. kunyit
  8. garam

Cara memasak :

  1. Bersihkan sisik dan kotoran dalam perut ikan mas
  2. Lumuri ikan mas dengan perasan jeruk nipis selama 15 menit lalu cuci bersih
  3. Haluskan bawang putih, ketumbar, kunyit dan masukan garam secukupnya
  4. Baluri ikan mas dengan bumbu halus lalu diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap
  5. Panaskan minyak goreng
  6. Goreng ikan mas hingga kering dan matang dikedua sisinya
  7. Setelah matang, angkat lalu tiriskan
  8. Selagi masih hangat, lumuri ikan mas dengan margarine agar lebih gurih

Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Lemon


5. Kedelai

Kedelai mengandung vitamin K, riboflavin, zat besi, mangan, fosfor, asam folat, vitamin B6, vitamin B9, zinc dan vitamin C. Olahan makanan dengan bahan utama kedelai sangatlah banyak, seperti susu kedelai, tempe, tahu dan lain-lain. Manfaat mengkonsumsi kedelai yaitu :

  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Mencegah kanker
  • Berat badan menjadi ideal
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Baik untuk masa menopause
  • Melancarkan sistem pencernaan

Baca Juga : Cara Diet Dengan Air Putih 



Makanan Yang  Tidak Diperbolehkan untuk Golongan Darah A

1. Sayuran yang mengandung lektin

Lektin adalah protein pengikat sel tubuh pada glikoprotein dan glikolipid yang terekspresi pada membran sel, dan memiliki kemampuan untuk membuat sel tersebut menggumpal. Contoh sayuran yang mengandung lektin dan tidak diperbolehkan untuk golongan darah A yaitu kol, tomat, merica, pare, terong, kentang dan ubi. Bahaya mengkonsumsi makanan dengan kandunga lektin yang tinggi yaitu :

  • Menganggu produksi insulin
  • Memicu retensi cairan
  • Memicu iritasi lambung
  • Menggangu proses pembakan lemak
  • Memicu kenaikan berat badan
  • Memicu stroke

2. Mie Instan

Mie instan merupakan makanan yang harus dihindari saat melakukan jenis diet apapun. Mie instan mengandung pengawet makanan yang tidak baik untuk tubuh. Berikut bahaya mengkonsumsi mie instan setiap hari :

  • Kerusakan pada hati
  • Gagal ginjal
  • Diabetes
  • Kecing manis
  • Meningkatkan kadar kolesterol
  • Memicu tekanan darah tinggi
  • Gangguan pencernaan

Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi 

3. Daging

Seseorang dengan golongan darah A dilarang untuk mengkonsumsi daging-dagingan. Hal ini dikarenakan daging susah untuk dicerna saat masuk kedalam tubuh seseorang dengan golongan darah A. Daging yang dilarang dikonsumsi oleh seseorang bergolongan darah A yaitu daging bebek, domba, kerbau, ayam hutan, angsa, kelinci dan sapi. (Baca Juga : Cara Diet Mayo )

4. Buah-buahan tropis

Buah-buahan tropis seperti Jeruk, acar, pepaya, mangga. Karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan mengganggu sistem pencernaan.

5. Makanan laut

Makanan laut seperti cumi, udang, kepiting, gurita, belut, serta lobster.

6. Gandum

7. Susu Murni

8. Minuman bersoda 

Olahraga yang Cocok Untuk Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A lebih baik jangan melakukan olahraga yang keras dan memicu kerja jantung, karena dapat menyebabkan pengerasan pada otot dan menghasilkan asam laktat. Berikut merupakan olahraga yang cocok untuk orang dengan golongan darah A yang sedang melakukan diet adalah :

1. Yoga 

Yoga adalah suatu olah raga yang bertujuan untuk menyeimbangkan antara jiwa, pikiran dan juga tubuh. Lakukan olahraga ini minimal 2 kali dalam seminggu selama 50-60 menit. Berikut manfaat apabila anda melakukan olahraga yoga :

  • Dapat menurunkan berat badan
  • Menghilangkan stres dan juga menambah konsentrasi
  • Sebagai media relaksasi
  • Mencegah diabetes
  • Menghaluskan kulit tubuh
  • Mengulangi gejala sakit pinggang
  • Meningkatkan kinerja jantung

2. Thai-Chi 

Thai-Chi merupakan seni bela diri yang berasal dari Cina. Thai-Chi menekankan gerakan yang tepat, pernafasan dan juga kesadaran. Thai-chi dilakukan bersama-sama dan juga di ruang terbuka. Manfaat dari kita melakukan olahraga thai-Chi adalah :

  • Memperkuat otot
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh
  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi penyakit jantung, hati, dan juga stroke

Bahaya Diet Sesuai Dengan Golongan Darah

1. Kurangnya Nutrisi

Kekurangan asupan nutisi dalam tubuh karena diet dengan golongan darah ini disebabkan oleh suatu bentuk larangan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan (Baca Juga : Pantangan Diet Mayo). Sedangkan nutrisi yang diperlukan tubuh sama saja untuk setiap golongan darah. Seseorang dengan golongan darah A dilarang untuk mengkonsumsi susu murni yang mengandung tinggi protein, padahal protein sendiri juga diperlukan dalam proses metabolisme tubuh.

2. Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Osteoporosis terjadi karena kekurangan kalsium dalam tubuh. Gejala yang terjadi saat mengalami osteoporosis adalah sakit punggung, posisi tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cidera atau keretakan tulang.

3. Anemia 

Anemia adalah berkurangnya sel darah merah atau kandungan hemaglobin dalam darah. Timbulnya anemia juga dapat disebabkan oleh pola makan yang salah, tidak teratur, dan tidak menyeimbangkan asupan zat besi dalam tubuh. Zat besi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayur-sayuran, buah, nasi, dan ikan.

Diet sesuai dengan golongan darah ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan secara drastis. Namun dengan melakukan diet berdasarkan golongan darah ini juga menyebabkan bahaya. Yang paling diingat dalam melakukan diet adalah lakukan diet selayaknya jangan terlalu berlebihan. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim )

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan