Diet Matahari – Cara, Manfaat, Serta Bahayanya (#Wajib Dicoba)

Diet matahari merupakan mengatur pola makan dengan diimbangi aktivitas olahraga yang teratur guna menunjang tujuan diet yang dilakukan. Terdapat banyak jenis diet yang dilakukan , Pernahkah Anda mendengar mengenai Diet dengan media Matahari , untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

ads

Baca juga :

Diet Matahari

Orang yang mengikuti diet dengan media matahari disebut juga dengan Breatharian karena diet tersebut diteliti dan di populerkan oleh Breatharian Institute of America. Diet ini dilakukan dengan bantuan sinar matahari .Diet dengan mediamatahari yaitu diet yang dilakukan dengan cara berjemur dan membatasi makan bahkan tidak mengkonsumsi makanan  apapun atau pun mengkonsumsi air dan hanya menyerap  sinar matahari . (Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Pola Diet )

Para wanita di Hongkong percaya bahwa melakukan diet matahari tidak hanya untuk menurunkan berat badan melainkan untuk mengganti nutrisi dari makanan dan untuk meningkatkan kualitas tidur. Menurut penelitian dari Northwestern Feinberg School of Medicine , cahaya matahari di pagi hari baik dalam penurunan berat badan. Peran lain dari cahaya matahari di pagi hari yaitu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon serotin dan vitamin D.

Diet Matahari, Diet Yang Ekstrim ?

Apakah diet dengan media Matahari merupakan diet yang ekstrim ? Banyak masyarakat umum khususnya masyarakat yang awam dengan diet dengan media matahari bertanya-tanya akan hal tersebut. Ya, Diet dengan media matahari merupakan diet yang tergolong ekstrim , karena dalam pelaksanaannya yang tidak mengkonsumsi makanan dan air justru akan membuat tubuh mengalami berbagai masalah kesehatan. Tubuh mampu berfungsi jika diberikan asupan nutrisi dan energi yang sesuai . Jika kita melakukan diet dengan media matahari maka kebutuhan nutrisi tubuh tidak akan terpenuhi yang akan membuat tubuh rusak hingga menimbulkan kematian . Jadi untuk melakukan diet , jangan sekali-kali mencoba jenis diet ini , pilihlah diet yang sesuai dan benar. Bisa juga kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum kita melakukan diet .

Selain diet dengan media matahari terdapat jenis-jenis diet  lainnya yang akan membahayakan kesehatan tubuh.Berikut adalah jenis diet yang juga sangat ekstrim bagi tubuh namun dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan ampuh, namun diet ekstrim sangat berbahaya bagi tubuh.

1. Human Chorionic Onadotropin (OCG)

Jenis diet ini merupakan diet yang memanfaatkan hormon Human Chronic Onadotropin , hormon ini ditemukan di air seni ibu hamil dan juga pada plasenta. Cara diet ini dilakukan dengan menyuntikkan hormon OCG ke dalam tubuh. Akan tetapi diet cara ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa diet OCG mampu menurunkan berat badan. Diet OCG ini justru akan memberikan dampak kekurangan vitamin dan mineral. (Baca juga :  Cara Diet Dengan Pisang  )

2. Diet Paleolitik

Diet paleolitik yaitu diet yang dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi makanan jenis olahan apapun melainkan hanya mengkonsumsi makanan alami. Meskipun mengkonsumsi makanan alami menyehatkan bagi tubuh akan tetapi jika dilakukan secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.Karena kebutuhan tubuh tidak hanya dari yang alami saja , contohnya saja tubuh membutuhkan olahan susu guna mencukupi kadar kalsium di dalam tubuh. Jika tubuh sama sekali tidak diberikan asupan olahan yang menguntungkan maka tubuh akan kekurangan nutrisi yang mengakibatkan munculnya beberapa masalah. (Baca juga : Bahaya Diet Mayo  )

3. Diet Rokok

Banyak yang beranggapan bahwa rokok mampu membantu menurunkan berat badan , namun hal tersebut justru tidak benar karena rokok sangat membahayakan kesehatan tubuh antara lain menyebabkan penyakit jantung, paru-paru dan dapat mengakibatkan kanker. Maka dianjurkan untuk tidak melakukan diet rokok ini , sebaiknya melakukan diet yang sehat dengan mengatur pola makan dan  olahraga teratur. (Baca juga : Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat)

4. Diet Cacing Pita

Diet cacing pita dilakukan dengan cara memasukkan cacing pita ke dalam tubuh sehingga menjadi parasit di dalam tubuh. Mmeang diet cacing pita mampu menurunkan berat badan , akan tetapi berat badan yang turun tersebut disebabkan karena semua kandungan nutrisi yang ada di dalam tubuh akan diserap oleh cacing pita. Hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan , karena tubuh membutuhkan nutrisi dan energi , saat cacing pita tersebut  menyerap semua nutrisi maka akan menimbulkan beberapa penyakit , seperti gizi buruk dan lain-lain. Diet ini sangat tidak dianjurkan karena dapat berujung dengan kematian. Sebaiknya bagi yang ingin menurunkan berat badan melakukan cara yang sesuai seperti mengatur pola makan dan olahraga teratur.

5. Diet Infus

Diet ini merupakan salah satu diet yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Diet ini infus dilakukan dengan cara memasukkan koktail ke dalam tubuh melalui infus. Efek samping dari diet ini yaitu tubuh akan merasakan mual dan pusing , selain itu akan menimbulkan peradangan pada pembuluh darah. Meskipun koktail mengandung vitamin , tetap saja diet ini tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

6. Diet Master Cleanse

Diet master cleanse merupakan diet yang dilakukan dengan cara hanya mengkonsumsi air putih , air garam, ar lemon , serta teh pencahar selama 10 hari karena diyakini mampu mendetoksifikasi tubuh.Diet ini tergolong berbahaya karena dapaet menimbulkan peradangan, kekrangan nutrisi , dan juga menurunkan kekebalan tubuh. Tubuh sangat memerlukan kebutuhan energi dan nutrisi yang cukup , apabila tubuh kekurangan nutrisi maka akan berdampak buruk. Pada dasarnya melakukan diet yang baik dan benar dengan cara tetap mengkonsumsi makanan yang secukupnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing serta diimbangi dengan aktivitas olahraga.

Keuntungan dan Kelemahan Melakukan Diet Matahari

Jika diet ini dilakukan hanya dilakukan 1 atau 2 hari maka keuntungan yang diperoleh dalam tubuh yaitu membantu tubuh membersihkan racun dan mampu meminimalisir stress. Keuntungan tersebut akan diperoleh dengan catatan tidak berlebihan saat melakukan diet dengan media matahari tersebut.Selain itu terdapat manfaat dari sinar matahari antara lain membantu tubuh untuk mengirimkan stimulus ke otak agar tubuh mengeahui kapan jam tubuh harus bangun dan kapan tubuh harus tertidur , dengan demikian pola tidur akan terjaga , pola tidur yang baik dapat melancarkan metabolisme tubuh. (Baca juga :  Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet  )

Salah satu kelemahan dari diet dengan media matahari ini yaitu tidak ada bukti medis yang mendukung gagasan bahwa setiap orang mampu hidup lebih dari beberapa hari tanpa ada asupan makanan yang masuk. Banyak para Breatharian mengaku meninggal atau gagal saat membuktikan diet dengan media matahari tersebut. (Baca juga :  Alasan Orang Melakukan Diet )


Bahaya Diet Matahari

1. Menyebabkan Kematian

Diet dengan media matahari dapat dikatakan menyebabkan kematian karena melakukan diet ini tidak mendapatkan kecukupan gizi atau kebutuhan energi yang cukup dari makanan . Dimana semua makhluk hidup bertahan untuk hidup dengan mengkonsumsi makanan. Hanya menyerap matahari saja tidak cukup , karena akan berdampak pada kematian jika hal ini dilakukan secara terus menerus. (Baca juga : Manfaat Jahe Merah Dan Madu Untuk Diet  )

2. Membakar Kulit

Jika berjemur dibawah  matahari yang panas dan berlebihan akan menyebabkan kulit terbakar karena sinar matahari mengandung UVB .  Dimana UVB tersebut mengakibatkan adanya reaksi sel daya tahan tubuh melepaskan histamine dalam jumlah yang besar, histamine dapat menyebabkan pembuluh darah bengkak dan terjadi peradangan ,lalu menyebabkan kulit menjadi mengelupas dan mengalami nekrosis (kematian jaringan). (Baca juga :  Kesalahan Dalam Diet  )

3. Menimbulkan Kanker Kulit

Berjemur dibawah sinar matahari yang terlalu lama akan menimbulkan bintik coklat pada kulit yang nantinya akan berujung pada kanker karsinoma sel basal. Meskipun kanker ini tidak dikategorikan berbahaya , dianjurkan untuk tidak berjemur dibawah sinar matahari yang terlalu lama agar tidak membahayakan kesehatan di dalam tubuh. (Baca juga :  Cara Diet Saat Bulan Puasa  )

4. Penuaan Dini

Menyerap sinar matahari terlalu lama akan mengakibatkan berbagai masalah pada kulit , dari masalah kulit tersebut mampu memberikan efek terlihat tua. Contohnya saja pada petani meskipun umurnya masih dikategorikan muda apabila di bandungkan seseorang yang bekerja tanpa terpapar sinar matahari akan terlihat perbedaan yang signifikan . Biasanya para petani cenderung lebih terlihat tua. Mak dapat disimpulkan matahari memberikan efek penuaan yang dini. (Baca juga : Cara Diet Penderita Maag  )

Setelah mengetahui mengenai diet dengan media matahari , terdapat beberapa diet yang ekstrem atau berbahaya untuk dilakukan . Berikut mengenai jenis diet yang berbahaya yang harus dihindari.

Baca juga :

Penjelasan diet dengan media matahari diatas dapat disimpulkan bahwa diet dengan media matahari tidak baik dilakukan karena akan mengakibatkan berbagai masalah , selain diet dengan media matahari terdapat jenis-jenis diet yang membahayakan tubuh. Dianjurkan melakukan untuk melakukan diet yang sewajarnya saja dengan mengurangi asupan makanan disertai olahraga teratur.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet