4 Cara Diet Dengan Tahu Rebus Paling Ampuh dan Wajib Di Coba

Cara Diet dengan Tahu bisa menjadi alternatif yang baik jika anda ingin memulai diet sehat. Tahu merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua orang pasti mengetahui makanan tahu. Siapa sangka makanan yang mudah dicari dan mempunyai harga murah ini rupanya sangat memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu tahu juga mempunyai banyak kandungan gizi seperti vitamin, lemak, karbohidrat, kalori, mineral dan juga fosfor. Kandungan kalori pada tahu sangat rendah, sehingga banyak orang menjadikan tahu sebagai menu makanan untuk diet.

ads

Baca juga :

Cara Diet dengan Tahu

cara diet dengan tahuMemiliki tubuh ideal adalah impian bagi setiap orang, karena dengan tubuh ideal kita merasa lebih percaya diri. Untuk itu tak heran banyak orang melakukan program diet untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika Anda sedang melakukan program diet Anda dan dirasa menyiksa tubuh maka jangan dipaksakan, coba lakukan diet dengan tahu. (Baca Juga :  Tips Diet OCD Untuk Pemula)

Tahu dapat dijadikan makanan untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Dengan mengkonsumsi tahu dengan cara pengolahan yang benar tanpa minyak secara rutin maka akan mampu menurunkan berat badan Anda. Tapi tetap dengan diimbangi minum air putih yang cukup, olahraga secara rutin dan juga istirahat yang cukup. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara diet dengan tahu. Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Jadikan tahu sebagai cemilan

Cara yang pertama untuk melakukan diet dengan tahu yaitu menjadikan tahu sebagai camilan. Untuk Anda yang sangat suka mengemil gantilah semua snack camilanmu dengan tahu. Setelah sarapan maka konsumsilah 2 sampai 3 buah tahu sebagai camilan, ingat tentunya harus dengan pengolahan yang benar. Olah tahu hanya dengan direbus atau pun di kukus jangan menggoreng tahu, karena jika digoreng tidak akan membantu dalam menurunkan berat badan. (Baca juga : cara melangsingkan tubuh tanpa diet )

2. Ganti satu porsi karbohidrat dengan tahu

Dalam satu hari jika waktu makan Anda 3 kali maka gantilah menu makan malam Anda hanya dengan tahu. Anda dapat mengkonsumsi tahu 2 hingga 3 buah tahu rebus atau pun kukus. Tidak harus jam makan malam saja, Anda bebas mau mengganti porsi karbohidrat di saat jam mana pun. Dengan mengkonsumsi tahu Anda akan cepat kenyang oleh karena itu jangan khawatir menjadi lapar.

Baca juga :

3. Hanya mengkonsumsi tahu

Cara Diet dengan Tahu selanjutnya adalah anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi tahu saja. Jika Anda sudah terbiasa diet tanpa memakan nasi maka cobalah dengan memakan tahu rebus atau tahu kukus. Tetap imbangi dengan makanan lainnya seperti susu lowfat, gandum, sayuran rebus, dan makanan rendah kalori lainnya. Jangan lupa tetap lakukan olahraga secara rutin dan juga istirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil diet terbaik. (Baca Juga : Tips Diet Tanpa Makan Nasi)

4. Kurangi makan dengan porsi besar

Untuk Anda yang terbiasa makan dengan porsi besar maka coba kurangi makan dengan porsi besar tersebut. Ketika kalori pada tubuh terlalu berlebihan maka akan menjadi penimpunan lemak. Usahakan Anda hanya mengkonsumsi makan dalam porsi besar sehari satu kali sisanya Anda dapat hanya mengkonsumsi tahu dan juga berbagai sayuran sebagai pengganti menu makan anda. Disarankan hanya makan pada siang hari, dan ketika malam hari hanya mengkonsumsi tahu atau pun sayuran rebus saja.

Baca juga :


Kandungan Gizi Tahu

Tahu merupakan makanan yang berasal dari kacang kedelai. Kacang kedelai memiliki kandungan protein cukup tinggi, sehingga menyebabkan tahu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain protein tahu juga memiliki banyak kandungan gizi yang lainnya. Berikut ini kandungan gizi pada 100 gram tahu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi :

  • Kandungan energi pada 100 gram tahu yaitu 68 kkal
  • Kandungan protein pada tahu yaitu 4,6 gram, kandungan protein pada tahu ini sangat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, dengan banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi maka dapat mencegah berbagai penyakit yang akan menyerang. Dengan begitu kesehatan akan tetap terjaga. (Baca Juga : Diet Garam)
  • Selain kaya akan protein dan memiliki kandungan energi yang cukup, tahu juga mengandung vitamin yang bagus untuk tubuh yaitu vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B 0,06 mg dan juga vitamin C 0 mg
  • Kandungan lemak pada tahu cukup rendah yaitu 4,6 gram. Kandungan lemak yang rendah membuat tahu sangat baik dikonsumsi para penderita penyakit jantung, karena salah satu penyebab penyakit jantung yaitu tingginya kadar kolesterol yang tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak maka akan mencegah terjadinya kolesterol yang tinggi. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Es Batu)
  • Kandungan karbohidrat pada 100 gram tahu yaitu sebanyak 1,6 gram
  • Tahu juga memiliki kandungan kalsium yang cukup baik yaitu 124 mg. Kandungan kalsium pada tahu sangat baik untuk proses pembentukan tulang. Orang yang kekurangan kalsium pada tubuh akan dengan mudah terkena osteoporosis, penuaan dini, dan lain-lain. Oleh karena itu mengkonsumsi rutin tahu dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan dan juga membantu pembentukan tulang.
  • Kandungan fosfor pada tahu yaitu sebanyak 63 mg. (Baca Juga : Cara Melangsingkan Tubuh Tanpa Diet)
  • Kandungan zat besi pada 100 gram tahu yaitu sebanyak 1 mg, kandungan zat besi ini mempunyai manfaat memasok oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga tahu dapat membantu dalam sirkulasi oksigen pada tubuh

Kandungan gizi pada tahu sangat beragam dan tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu simak penjelasan lengkap dari manfaat setiap kandungan gizi pada tahu dibawah ini.

Baca juga :

Manfaat Lain dari Tahu

Tahu terbuat dari kacang kedelai, kandungan gizi pada kedelai sangat kaya akan nutrisi. Tentunya setiap kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat kandungan gizi pada tahu untuk kesehatan tubuh.

1. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh pada tahu mempunyai manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung yaitu kadar kolesterola yang tinggi pada tubuh. Maka dengan mengkonsumsi rutin tahu dapat membantu untuk menurunkan kolsterol yang ada pada tubuh. Konsumsilah tahu secara rutin agar menghindari resiko terkena penyakit jantung. (Baca juga : Manfaat diet mayo  )

2. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker

Tahu memiliki kandungan isoflavon, kandungan isoflavon mempunyai manfaat dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Suatu penelitian menemukan fakta bahwa orang yang mengkonsumsi asupan makanan bahan dasar kedelai yang tinggi dapat mengurangi resiko kanker endometrium pada wanita setelah menopause.

Baca juga :

3. Menghindari penyakit ringan seperti flu dan batuk

Kandungan protein yang cukup tinggi pada tahu mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Tubuh membutuhkan banyak asupan protein yang masuk pada tubuh dengan cukup, selain itu membutuhkan asam amino agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Dengan mengkonsumsi tahu maka berbagai penyakit dapat terhindari. (Baca juga : Penyebab obesitas )

4. Mencegah terjadinya anemia

Kandungan pada tahu ternyata mempunyai manfaat dalam mencegah terjadinya anemia. Salah satu penelitian yang dilakukan di China menunjukkan bahwa tahu terbukti dapat menurunkan resiko terkena anemia. Kandungan zat besi pada tahu merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses oksigen ketika diangkut dari paru-paru ke berbagai jarigan selain itu kandungan zat besi tersebut membantu proses pembentukan energi. Oleh karena itu untuk And para penderita anemia, konsumsilah tahu secara rutin.

Baca juga :

5. Membantu proses pembentukan tulang

Kalsium pada tahu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan jumlah kalsium yang tepat pada tubuh tidak mudah, dengan mengkonsumsi tahu maka kandungan kalsium akan terpenuhi. Selain baik dalam proses pembentukan tulang, dengan mengkonsumsi tahu dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis dan juga penuaan dini. (Baca Juga :  Menu Diet Sehat Seminggu)

6. Membantu proses menurunkan berat badan

Tahu merupakan salah satu makanan yang dapat dijadikan menu makan untuk program diet Anda. Kandungan kalori yang rendah pada tahu membuat tahu menjadi cocok untuk dijadikan makanan untuk diet. Kandungan protein nabati yang terkandung pada tahu dapat memberikan efek kenyang pada tubuh lebih lama sehingga kita tidak akan cepat merasa lapar. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Lemon)

7. Membentuk sirkulasi oksigen

Kandungan zat besi pada tahu mempunyai manfaat membantu proses sirkulasi oksigen. Oksigen dapat dipasok ke seluruh tubuh karena bantuan dari zat besi pada tubuh. Hemoglobin mempunyai peran mengangkat oksigen pada seluruh tubuh. Hemoglobin terbentuk karena zat besi pada tubuh. Oleh karena itu konsumsi tahu agar proses sirkulasi oksigen pada tubuh menjadi lancar.

Baca juga :

Nah itulah beberapa manfaat tahu untuk kesehatan tubuh dan juga Cara Diet dengan Tahu, tentunya masih banyak lagi manfaat untuk tubuh kita. Bagaimana? tertarik bukan untuk rutin mengkonsumsi tahu? Konsumsilah makanan yang baik untuk tubuh, karena salah satu hal yang dapat membantu proses menurunkan berat badan yaitu dengan menjaga asupan pola makan yang masuk pada tubuh. Niat merupakan kunci utama dari suatu keberhasilan diet Anda. Tetap semangat dan sukses selalu.

 

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!