7 Cara Diet Dengan Cuka Apel Paling Tepat dan Mudah (#Teruji Ampuh)

Cara Diet Dengan Cuka Apel atau apple cider vinegar merupakan hasil dari fermentasi yang terbuat dari buah apel dan cuka apel sangat tinggi akan asam aseat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan diet. Kandungan asam asetat merupakan komponen penting dalam cuka apel yang akan menghambat kemampuan tubuh dalam mencerna pati dan ini menjadi kunci penting dalam menurunkan berat badan secara cepat.

ads

Artikel terkait:

Cara Diet Dengan Cuka Apel

Cara Diet Dengan Cuka Apel

1. Menggunakan Cuka Apel Mentah

Sari cuka apel mentah yang sudah di pasteurisasi atau sudah disaring sifatnya tidak serupa dengan cuka apel yang sudah disaring. Cuka apel organik yang banyak dijual di toko merupakan jenis cuka apel paling baik untuk diet. Cuka apel yang belum disaring ini juga mengandung sedimen atau induk yang merupakan sisa bakteri dari proses fermentasi baik.

2. Tonik Cuka Apel

Minuman tonik yang terbuat dari jus buah asli dan dicampur dengan cuka apel sebanyak 2 sendok makan sangat baik untuk menurunkan berat badan secara cepat. Gantilah jus koktail yang menggunakan gula dan pilih jus murni yang kaya akan vitamin C supaya manfaatnya bisa semakin maksimal. Rasa cuka apel yang tajam bisa tersamarkan sebab sudah di campur dengan jus buah murni tersebut dan asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel akan merangsang pembakaran lemak dalam tubuh.

Artikel terkait:

3. Saus Salad Cuka Apel

Tambahkan 2 sendok makan atau 30 ml cuka apel untuk membuat saus salad menu diet anda dan hindari penambahan minyak pada saus salad. Campur cuka apel dengan peterseli dan 1 siung bawang putih lalu haluskan sampai rata. Dengan mengkonsumsi salad menggunakan saus yang sudah dicampur cuka apel secara teratur maka akan membantu diet anda semakin lebih sehat sekaligus menurunkan indeks glikemik serta menurunkan berat badan dengan cepat.

4. Camilan Dengan Cuka Apel

Untuk menahan lapar di sela sela jam makan, anda bisa mengkonsumsi roti bersama dengan cuka apel yang bisa membuat rasa lapar lebih lama dibandingkan hanya mengkonsumsi roti tanpa cuka apel.

Artikel terkait:

5. Pilih Cuka Apel Yang Tepat

Tidak semua cuka apel mengandung asam asetat yang cukup, cuka anggur mempunyai rasa yang tidak terlalu tajam. Pilihlah cuka apel yang mempunyai tingkat keasaman setidaknya 5 persen.

6. Campurkan Cuka Apel  Dengan Air

Cara Diet Dengan Cuka Apel yang selanjutnya adalah mencampurkan cuka apel dengan air putih. Untuk mengkonsumsi cuka apel dengan cara mudah, anda bisa mencampur 1 sendok makan cuka apel yang sudah di campur dengan 8 ons air dan diminum sebelum makan.

Artikel terkait:

7. Cuka Apel dan Madu

Cuka apel mengandung bakteri acetobacter saat mengalami proses fermentasi dan akan membantu menghancurkan makanan di dalam usus serta mengurangi kadar gula darah sesudah makan sekaligus menurunkan tekanan darah. Sementara madu yang dikonsumsi selama 1 bulan sebagai pengganti gula bisa mengurangi lemak dan berat badan serta kadar kolesterol dan trigliserida jika dibandingkan dengan yang mengkonsumsi gula. Campurkan air hangat secukupnya dengan 2 sendok makan cuka apel dan juga 2 sendok makan madu murni yang diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Kandungan Cuka Apel

  • Asam organik

Asam organik yang terkandung dalam cuka apel berguna untuk menetralkan racun, membantu metabolisme dalam tubuh dan juga mengurangi peningkatan kadar gula saat proses pemecahan karbohidrat.

  • Serat

Serat larut yang terkandung dalam cuka apel berguna untuk mencegah sembelit, wasir, obesitas, kolesterol tinggi dan juga kencing manis.

  • Mineral

Kalium yang merupakan salah satu mineral bisa membuat detak jantung lebih teratur, menjaga elastisitas pembuluh darah, mencegah darah mengental dan juga menyingkirkan endapan lemak serta kolesterol di dalam pembuluh darah.

  • Antiseptik alami

Cuka apel terkenal sebagai antiseptik alami, sehingga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka atau infeksi pada kulit.

  • Penyedap masakan

Cuka apel juga bisa digunakan untuk menambahkan aroma pada masakan sehingga tidak bau amis seperti saat menggoreng ikan, daging, acar atau membuat salad.

Cara Memilih Cuka Apel Yang Tepat

  1. Pilih warna keruh agak kecoklatan yang menjadi tanda jika cuka tersebut terbuat dari apel matang pohon sehingga manfaat dari cuka apel bisa dirasakan dengan maksimal.
  2. Pilih cuka apel dengan aroma khas seperti tape, sebab proses fermentasi berjalan dengan alami dan waktu yang tepat. Jika cuka apel berbau agak pesing atau busuk maka fermentasi cuka apel tersebut tidak maksimal.
  3. Pilih cuka apel dengan endapan dibagian bawah wadah. Adanya endapan pada cuka tersebut menandakan jika cuka apel tersebut asli dan sangat berkhasiat.

Artikel terkait:

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Diet Dengan Cuka Apel

  1. Hindari mengkonsumsi cuka apel secara langsung sebab kandungan asam kuat didalamnya akan melukai tenggorokan anda.
  2. Hindari juga menggunakan cuka apel sebagai suplemen kalium, sebab cuka apel bisa menurunkan kadar kalium dan untuk orang yang menderita osteoporosis sebaiknya menghindari konsumsi cuka apel ini dalam menu diet.
  3. Hindari juga konsumsi cuka apel apabila anda memiliki sakit tukak lambung atau refluks asam.

Artikel terkait:

Konsumsi cuka apel ini secara konsisten dalam Cara Diet Dengan Cuka Apel menjadi pilihan terbaik dalam diet sebab bisa membakar lemak lebih optimal di dalam tubuh. Karena sifat dari cuka apel merupakan detoksifikasi atau membersihkan racun, maka berat badan anda akan turun dengan alami serta cepat sebab tidak ada penimbunan lemak di dalam tubuh. Anda bisa menambahkan cuka apel pada berbagai menu diet anda untuk hasil yang optimal, namun harus diingat supaya tidak mengkonsumsi cuka apel secara langsung sebab akan berbahaya untuk tenggorokan dan pencernaan yang tidak kuat dengan tingkat keasaman cuka apel tersebut, selamat mencoba dan dapatkan tubuh ideal anda sekarang juga.

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan