4 Cara Melakukan Diet OCD Dengan Benar Untuk Pemula Agar Berhasil

Cara Melakukan Diet OCD bisa anda coba praktekkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Untuk mengatasi atau mengurangi terkena resiko penyakit tersebut kita dapat melakukan program penurunan berat badan. Terdapat berbagai jenis metode penurunan berat badan seperti diet mayo , Diet Paleo, diet golongan darah dan lain-lain. Saat ini dikalangan masyarakat banyak yang menggunakan metode jenis diet OCD, karena mampu memberikan hasil yang diinginkan, dan tergolong mudah pelaksanaannya. Diet OCD akan memberikan hasil yang maksimal apabila kita melakukannya dengan tepat dan benar. Berikut mengenai cara untuk melakukan diet OCD.

ads

Baca juga :

Cara Melakukan Diet OCD

Diet OCD diperkenalkan di Indonesia oleh Deddy Corbuzier, diet ini merupakan metode diet yang terinspirasi dari seseorang yang berasal dari Hongkong , seorang sopir yang memiliki badan sehat dan terlihat bugar meskipun sudah berumur  72 tahun namun masih terlihat lebih muda dari umur aslinya. Ternyata sopir tersebut melakukan pengaturan makan di waktu-waktu tertentu. (Baca juga: Cara Diet Madu )

Pada diet OCD terdapat istilah yang digunakan yaitu “masa jendela”, dimana masa jendela ini merupakan aturan jangka waktu tertentu memperbolehkan kita mengkonsumsi makanan. Diet OCD ini memperbolehkan kita mengkonsumsi jenis makanan apapun , akan tetapi pada waktu yang telah ditentukan , sehingga diluar waktu yang ditentukan kita tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun kecuali air putih dan jenis minuman yang tidak mengandung kalori seperti teh tawar dan kopi pahit. Diet OCD menggunakan berbagai cara yang dilakukan , berikut terdapat 4 tata cara melakukan diet OCD yang baik dan benar.

Baca juga :

1. Waktu Bebas Makan 8 jam Dengan Puasa 16 jam (Level 1)

Cara yang pertama yaitu dengan puasa selama 16 jam dan mengkonsumsi makanan pada rentang waktu 8 jam. Maksudnya kita boleh mengkonsumsi makanan apapun selama 8 jam, setelah lebih dari 8 jam kita tidak boleh mengkonsumsi apapun, akan tetapi boleh mengkonsumsi air putih maupun minuman tanpa kalori. Misalnya kita memulai diet OCD pada jam 10 pagi , maka kita dapat mengkonsumsi makanan  apapun dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore . Setelah jam 6 sore kita melakukan puasa sampai jam 10 pagi. (Baca Juga : Alasan Orang Melakukan Diet)

Agar tubuh tidak lemas saat menjalankan diet tersebut, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi air yang cukup. Selain itu , lakukan metode diet OCD yang pertama ini selama 2 minggu agar tubuh mampu menyesuaikan diri . setelah itu naik ke level yang kedua yaitu makan bebas selama 6 jam dan puasa selama 18 jam. (Baca juga : Diet Matahari )

2. Waktu Bebas Makan 6 jam Dengan Puasa 18 jam (Level 2)

Pada level kedua ini terdapat perbedaan di level pertama, perbedaan tersebut terdapat di waktu durasi saat makan .Untuk level kedua ini kita dapat mengkonsumsi makanan apapun selama durasi 6 jam, setelah waktu tersebut berakhir kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi apapun kecuali air putih dan jenis minuman tanpa kalori lainnya.

Pada level ini kita berpuasa selama 18 jam ,misalnya saja saat kita memulai diet OCD pada jam 10 maka waktu kita bebas memakan yaitu dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore, apabila kita memulai diet OCD pada jam 1 siang maka waktu makan dimulai dari jam 11 siang sampai jam 6 sore dan seterusnya . Pada level ini dilakukan jika kita sudah terbiasa dan mampu melakukan di level pertama. Jadi untuk pemula diet OCD tidak dianjurkan langsung melakukan pada level ini . (Baca juga : Persepsi Yang Salah Tentang Diet  )

3. Waktu Bebas Makan 4 jam Dengan Puasa 20 jam (Level 3)

Level selanjutnya yaitu level 3 dengan makan bebas 4 jam dan puasa selam 20 jam. Cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dari level 1 dan level 2, perbedaannya hanya pada waktu kapan kita boleh mengkonsumsi makanan dan kapan kita tidak boleh mengkonsumsi makanan.

Pada level ke 3 ini masa jendela untuk makan yaitu 4 jam , misalnya saja kita memulai diet pada saat jam 1 maka kita diperbolehkan mengkonsumsi makanan mulai dari jam 1 siang sampai jam 5 sore, setelah melewati jam tersebut kita tidak boleh mengkonsumsi apapun selain air mineral dan minuman tanpa kalori lainnya. Jika masih terasa berat saat melakukan diet OCD pada level ini maka kita dapat mengkombinasinya dengan diet OCD peda level 1 dan level 2. (Baca juga: Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet )


4. Puasa Selama 24 jam (Level 4)

Pada level ini terdengar sangat berat untuk dilakukan , karena kita tidak punya masa jendela bebas makan . Akan tetapi bukan berarti pada level ini kita tidak mengkonsumsi makanan sama sekali .Melainkan kita makan hanya sau kali sehari tanpa masa bebas makan . Misalnya kita memulai diet OCD pada level ini pada jam 2 maka kita hanya makan saat jam 2 siang setelah itu kita tidak boleh mengkonsumsi makanan kecuali mengkonsumsi air mineral dan akan kembali mengkonsumsi makanan untuk besoknya pada jam yang sama yaitu jam 2 siang . Pada level ini dianjurkan hanya untuk mengkombinasi atau sebagai selingan pada level 1,2 atau 3 saja . Jadi bisa dilakukan selam 2 kali atau 3 kali dalam seminggu. (Baca juga : Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet )

Setelah kita mengetahui bagaimana cara melakukan diet OCD dianjurkan tetap melakukan olahraga ringan secara teratur agar diet yang dijalankan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu jangan lupa untuk mengkonsumsi asupan nutrisi yang cukup ,berikut makanan yang baik dikonsumsi saat melakukan diet OCD.

Baca juga :

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Melakukan Diet OCD

Saat melakukan diet OCD kita dituntut untuk melakukan puasa yang telah ditentukan , meskipun kita diperbolehkan mengkonsumsi makanan apapun akan tetapi harus dalam batas yang sewajarnya. Saat melakukan diet ini kita tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. (Baca juga : Manfaat Jahe Merah Dan Madu Untuk Diet )

1. Karbohidrat

Saat melakukan diet mengkonsumsi karbohidrat sangatlah penting , karena dipakai sebagai sumber energi selain itu sebagai pelaku utama pada proses metabolisme tubuh. Saat melakukan diet OCD ini dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat antara 50% sampai 60% dari kebutuhan kalori di dalam tubuh. Jenis karbohidrat yang dianjurkan yang dianjurkan yaitu roti gandum ,kacang-kacangan ,polong-polongn dan wholegrain .Meskipun demikian bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi nasi putih ,boleh memakannya asalkan pada porsi yang seimbang dan secukupnya. (Baca juga :  Kesalahan Dalam Diet )

2. Protein

Selanjutnya nutrisi yang dibutuhkan saat melakukan diet OCD ini adalah protein . Protein yang digunakan yaitu protein dengan rendah lemak jahat dan kolesterol. Protein ini bisa kita dapatkan dari dada ayam tanpa kulit ,telur rebus ,ikan ,tahu , tempe dan lain sebagainnya.Usahakan lauk dari protein ini diolah tanpa digoreng. Karena pengolahan dengan digoreng memiliki kandungan lemak jahat yang banyak sehingga mengakibatkan kadar kolesterol tinggi ,penumpukan lemak di dalam tubuh ,obesitas dan penyakit jantung koroner. Maka harus tepat saat mengolah makanan untuk diet OCD agar tidak menimbulkan masalah-masalah kesehatan lainnya. (Baca juga : Cara Diet Saat Bulan Puasa )

3. Lemak Baik

Kata lemak identik dengan hal yang negatif , akan tetapi tidak semua jenis lemak tidak baik . Terdapat jenis lemak tertentu yang baik digunakan untuk kesehatan tubuh.Contohnya kandungan lemak baik sangat dibutuhkan oleh tubuh  karena digunakan untuk menurunkan kada kolesterol didalam tubuh , selain itu digunakan untuk kesehatan kulit dan rambut kita .Makanan yang mengandung lemak baik antara lain telur , ikan ,kacang-kacangan (kacang tanah , kacang almond , kacang polong), wijen dan biji bunga matahari.Makanan-makanan tersebut sangat dianjurkan untuk ditambahkan di menu makan saat melakukan diet OCD. (Baca juga :  Cara Diet bagi Orang Malas)

4. Vitamin

Vitamin sangat membantu meningkatkan proses metabolisme didalam tubuh , selain itu vitamin juga dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar . Vitamin juga baik untuk kesehatan kulit , rambut ,mata , tulang dan masih banyak lagi. Vitamin bisa kita dapatkan di dilam buah-buahan segar (apel,anggur, mangga, pir , pepaya ) , selain pada buah-buahan kita juga dapat menemukan kandungan vitamin di sayuran hijau seperti bayam,kangkung , wortel , selada dan lain sebagainya. (Baca juga : Khasiat Lada Hitam untuk Diet )

5. Air dan mineral

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh , dan menjaga keseimbangan berat badan . Air yang baik dikonsumsi yaitu dari air putih . Selain komponen air , mineral juga dibutuhkan oleh tubuh . Yang termasuk dalam mineral yaitu fosfor,magnesium , zinc , zat besi dan lain sebagainya.

Baca juga :

Manfaat Diet OCD

Jika kita memenuhi kebutuhan nutrisi diatas maka, diet OCD yang kita lakukan akan lebih menyehatkan tubuh. Diet OCD juga memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita. (Baca juga : Cara Diet Gula )

1.Mampu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat pertama yang diperoleh dari diet OCD ini yaitu mampu menurunkan berat badan . Dimana berat badan yang ideal akan terhindar dari penyakit jantung ,diabetes dan obesitas. Maka dianjurkan untuk tetap menjaga berat badan yang ideal agar tetap sehat. (Baca juga : Diet Paleo )

2. Terhindar dari Diabetes

Salah satu pemicu penyakit diabetes yaitu karena berat badan yang berlebih . Diabets melitus terjadi karena kandungan gula di dalam darah mengalami kenaikan yang sangat signifikan akibat penumpukan kandunggan glikogen maupun glukosa di dalam tubuh. Maka untuk mengurang ataupun mencegah diabetes ini kita dapat melakukan diet OCD ini agar berat badan kita menjadi ideal. (Baca juga : Manfaat Air Putih Hangat untuk Diet )

3. Terhindar dari penyakit jantung

Dikatakan diet OCD mampu mencegah terkena penyakit jantung , karena penyakit ini disebabkan salah satunya oleh berat badan yang berlebih . Dan akan mengalami penumpukan kolesterol sehingga terdapat penyumbatan kolesterol di dalam pembuluh darah yang akan menyebabkan munculnya penyakit jantung. Sehingga untuk menanggulanginya kitab dapat melakukan diet OCD dengan diimbangi dengan  olahraga yang teratur.

Baca juga :

Diet OCD sangat mudah dan simple untuk dilakukan , selain itu diet OCD mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Penjelasan tersebut diharapkan dapat membantu bagi yang akan melakukan program diet.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan